Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Mau Wisata Kuliner di Manado Harga Murah? Ini Rekomendasinya

by Vera Khairifah on 18 Oktober, 2019

Jalan-jalan keliling Indonesia memiliki beragam keseruan. Selain bisa berkunjung ke tempat wisata dengan perkampungan indah, wisata kuliner juga tak boleh ketinggalan untuk dilakukan.

Apalagi jika kamu pergi ke kota Manado di Sulawesi Utara yang dikenal memiliki keindahan pantai dan bawah laut, serta surga makanan enak. Enggak usah takut bikin kantong jebol, sebab ada rekomendasi wisata kuliner di Manado berharga murah yang bisa kamu kunjungi.

Mengenal Wisata Kuliner Manado

Manado adalah ibu kota dari Provinsi Sulawesi Utara. Letaknya berada di ujung Utara Pulau Sulawesi yang dikelilingi oleh pegunungan dan pantai indah. Kota ini cukup padat, hingga dijuluki sebagai kota terbesar kedua di Sulawesi setelah Makassar.

Soal wisata kuliner di Manado, sesuai dengan letak geografisnya yang memiliki area pegunungan sekaligus laut yang luas, ragam kuliner Manado didominasi dengan makanan laut (sea food) dan beberapa makanan yang berbahan baku tanaman hasil perkebunan.

Selain itu, masakan Manado atau yang juga dikenal sebagai masakan suku Minahasa juga divariasikan dengan berbagai jenis sambal, dan makanan penutup berupa kue-kue yang terpengaruh oleh budaya Eropa. Hal ini dikarenakan daratan Sulawesi pernah disinggahi oleh penjajah dari Eropa di masa lalu.

Tempat Wisata Kuliner di Manado Harga Murah

Kuliner Manado yang didominasi oleh hidangan laut segar dan lauk pelengkap lainnya memang identik dengan harga mahal. Padahal, jika kamu pandai memilih, masih ada tempat wisata kuliner di Manado yang harganya terjangkau namun rasanya sangat enak.

Sebagian besar lokasinya berada di pusat kota Manado, yakni sekitar 15 kilometer dari Bandara Sam Ratulangi, Sulawesi Utara. Berikut rekomendasinya untuk kamu!

1. Dego-Dego

Sampai di kota Manado tak lengkap rasanya kalau tak mengunjungi pusat kuliner di Jalan Wakeke ini. Di sini, kamu akan dimanjakan oleh banyaknya tempat makan yang bisa dipilih.

Semuanya menyajikan makanan-makanan otentik Manado, termasuk Bubur Manado atau dikenal juga dengan nama Tinutuan.

(Baca juga: Mengenal Objek Wisata dan Kuliner Khas Penajam Paser dan Kutai Kertanegara)

Bubur Manado adalah bubur nasi yang dicampur dengan ubi jalar kuning yang dihaluskan dan potongan jagung manis. Bahan-bahan itu dicampur menjadi bubur halus dan ditambah dengan sayuran kangkung atau bayam, dan bumbu jahe, serai dan kemangi. Bubur Manado bisa dinikmati sebagai menu sarapan atau kapan saja.

Di pusat wisata kuliner jalan Wakeke ini, Bubur Manado yang paling direkomendasikan ada di tempat makan dengan nama Dego-Dego yang berlokasi di Jl. Wakeke 3 No. 11, Wenang Utara, Wenang, Kota Manado. Selain enak, harganya pun murah yakni hanya Rp 14 ribu-an per porsi.

2. Rumah Makan Nasi Kuning Saroja

Ingin menjajal olahan nasi khas Manado? Coba lah nasi kuning dengan resep khusus di Rumah Makan Nasi Kuning Seroja. Tempat wisata kuliner di Manado harga murah bisa ditemui di Jalan Diponegoro, Lawangirung, Kec. Wenang, Kota Manado.

Setiap orang yang berkunjung ke Manado rasanya akan selalu mendapat rekomendasi tempat makan yang buka di jam 6 pagi hingga 10 malam ini.

Hal yang membuat spesial dari tempat makan ini adalah, nasi kuning dimasak dengan sangat tanak dan enak, serta topping lauk yang beragam, bisa kamu pilih sesuai selera. Seperti daging, suiran ikan cakalang, telur rebus, ikan teri, dan lain-lain.

Meskipun bentuk dari tempat wisata kuliner di Manado harga murah ini hanya lah rumah kecil, namun ramai dikunjungi pembeli. Apalagi jika di jam makan siang. Rumah Makan Nasi Kuning Seroja begitu melegenda di Manado, dengan harga satu porsi nasi kuning lengkap dengan lauk pauk Rp 20 ribu saja.

3. Rumah Makan Dabu Dabu Lemong

Makan seafood kurang sedap rasanya jika tidak memakannya langsung di daerah pinggir pantai. Jika kamu ingin merasakan pengalaman ini sambil memakan makanan lauk yang segar dan nikmat, langsung saja datang ke Rumah Makan Dabu Dabu Lemong. Letaknya di Jalan Boulevard II, Bitung Karangria, Kecamatan Tuminting, Kota Manado.

Di sini, ada berbagai menu olahan sea food, mulai dari ikan yang bervariasi jenis dan cara pengolahannya, cumi, udang, dan masih banyak lagi. Tempat wisata kuliner di Manado ini bisa dibilang memiliki harga murah untuk ukuran sajian sea food segar.

(Baca juga: Daftar Tempat Ngabuburit dan Kulineran Asyik di Jabodetabek, Yuk Cek!)

Selain itu, semuanya halal karena tidak ada sajian yang mengandung bahan haram seperti babi. Dengan tampilan rumah makan sederhana namun ramai pengunjung, Rumah Makan Dabu Dabu Lemong buka dari jam 11 siang hingga 11 malam. Namun disarankan, tempat ini lebih cocok dikunjungi sore dan malam hari karena suasana yang lebih ramai dan seru.

4. Soto Rusuk Ba Ko Petrus

Mirip dengan Rumah Makan Dabu Dabu Lemong, lokasi Soto Rusuk Ba Ko Petrus berada di pinggir pantai. Yakni di Jalan Laksda John Lie, Kawasan Cafe Pantai Mega Mas, Kota Manado. Perlu diketahui, sajian soto ini tidak halal karena merupakan soto tulang babi.

Selain soto, ada pula menu olahan daging babi lainnya yang dikenal enak dengan harga mulai dari Rp 20 ribu per porsi. Jika kamu berkunjung di sore hari, pemandangan matahari tenggelam bisa kamu nikmati sambil melahap habis sajian soto.

5. Green Garden Restaurant

Di dekat Hotel Minahasa yang cukup terkenal di Manado, ada restoran yang banyak direkomendasikan warga lokal bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Manado.

Namanya Green Garden Restaurant yang berlokasi di Jalan Sam Ratulangi No. 170, Manado.

Restoran ini menyajikan menu seafood dan daging babi, sehingga buat kamu yang muslim harus memilih menu halal ya.

Pelayanan yang dikenal sangat baik dan makanan yang enak membuat para konsumen selalu setia kembali makan di sini. Menu makanan dari salah satu tempat wisata kuliner di Manado harga murah yang satu ini dijual mulai dari harga Rp 28 ribu untuk porsi yang cukup banyak.

6. Christine Klappertaart

Selain makanan berat, kamu juga harus mencoba makanan penutup ikonik kota Manado, sekaligus produk makanan yang dijadikan oleh-oleh. Ya, apalagi kalau bukan Klappertaart. Ini adalah kue warisan Belanda yang berbahan dasar kelapa, tepung, susu, telur dan mentega.

Ada banyak toko yang menjualnya, namun toko yag dikenal memiliki kualitas rasa Klappertaart super enak adalah toko Chistine Klappertaart. Letaknya di Jl. AA Maramis No. 16, Kompleks Perumahan Pemda, Kairagi Weru, Paal Dua, Kota Manado.

Banyak wisatawan memburu Klappertaart ini, bahkan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla sangat menyukainya. Klappertaart dengan banyak varian rasa dijual mulai dari harga Rp 15 ribu hingga Rp 200 ribu, tergantung ukurannya. Tempat wisata kuliner di Manado harga murah ini buka mulai jam 8 pagi hingga 8 malam.

Gimana? Tertarik untuk segera meluncur ke Manado buat menyantap berbagai masakan khas daerah tersebut? Jangan lupa lindungi diri dengan asuransi perjalanan yang bikin liburan kamu makin nyaman ya. Pilih dan ajukan langsung lewat CekAja.com tentunya.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast