Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

May Day? Lakukan Hal Asyik Ini Yuk!

by Teti Purwanti on 30 April, 2019

Sejak tahun 1880-an, tanggal 1 Mei merupakan hari bersejarah bagi dunia pekerja. Hari yang diperingati sebagai hari buruh internasional atau yang lebih dikenal dengan istilah May Day itu digunakan para buruh untuk menyuarakan harapan dan keinginannya kepada para pemangku kepentingan.

Tidak berbeda dengan Indonesia, setiap tanggal 1 Mei, puluhan ribu buruh se-tanah air bakal turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah. Ditetapkannya hari buruh sebagai hari libur nasional sebenarnya bukanlah hal sudah dari dulu ada, kebijakan itu muncul saat era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Tepatnya pada tahun 2013, kebijakan itu mulai diumumkan dan  diberlakukan pada tahun 2014. Menyambut hari buruh di Indonesia, setidaknya sekitar 14 serikat buruh telah mengirim surat pemberitahuan ke polisi terkait aksi May Day.

Demi menjamin lancarnya aksi tersebut, ribuan personel gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, dan aparat dari Pemprov DKI Jakarta telah bersiap untuk mengamankan hari bersejarah bagi kamu buruh tersebut.

Sejatinya, ikut meramaikan atau tidak berpatisipasi dalam May Day merupakan hak kamu sebagai pekerja. Tetapi yang jelas, pemerintah telah memberikan waktu dan penghargaan kepada kamu para pekerja untuk dapat menyuarakan harapanmu kepada pemerintah selama 1 hari penuh.

Nah berikut merupakan aktivitas lain yang bisa kamu lakukan selain ikut menyuarakan hak kamu di jalan. Simak yuk!

(Baca juga: Dari Parfum Hingga Tiket Bioskop, Ini Beberapa Tuntutan di Hari Buruh 2018

1. Hibernasi di Rumah

Beberapa negara maju sudah lebih dahulu menerapkan hari kerja empat hari. Konon hari kerja yang lebih sedikit membuat pekerja lebih produktif.

Oleh karena itu, mungkin kamu juga bisa menjadi produktif setelah memanfaatkan waktu libur di tengah pekan. Meski kamu akan menghabiskan banyak waktu dengan tidur, pastikan kamu makan dan mendapatkan asupan yang cukup.

Jangan sampai karena kebanyakan tidur kamu melupakan makan dan sakit.

2. Menikmati Waktu Berkualitas dengan yang Tersayang

Kalau akhir pekan kamu diisi dengan kondangan atau undangan lainnya, libur nasional kali ini bisa jadi pilihan terbaik kamu untuk menikmati waktu berkualitas bersama keluarga. Kamu bisa memulai dari joging bersama, sarapan, dan santai-santai saja di rumah.

Jangan lupa untuk saling bertukar cerita dan membicarakan apa saja yang terjadi selama beberapa waktu ke belakang Ingatlah kalau keluarga akan selalu di urutan pertama dalam hal apapun.

3. Me Time

Me time merupakan waktu tentang diri kamu sendiri dan kegiatan yang kamu suka tanpa harus berkompromi dengan siapapun. Apalagi kalau kamu sudah berkeluarga, rasanya waktu untuk diri sendiri itu sangat sulit untuk didapatkan.

Oleh sebab itu, gunakanlah 1 Mei ini untuk dirimu sendiri. Kalau kamu sudah lama tidak menonton bioskop sendiri, kamu bisa banget ke bioskop dan menonton film yang sudah lama kamu nantikan.

Kamu juga bisa menghabiskan momen libur ini dengan pergi ke kafe favorit kamu, menyeruput secangkir kopi, dan membaca buku yang sudah lama belum juga kamu selesaikan.

Selain kesehatan fisik yang penting, kesehatan jiwa kamu juga penting loh. Menyisihkan waktu sedikit untuk diri sendiri tidak dosa kok.

(Baca juga: 6 Solusi Melawan Rasa Jenuh Pekerjaan di Kantor
4. Bermain Games

Bermain games dengan gawai acap kali menjadi masalah, entah karena kamu dianggap terlalu banyak bermain dengan gadget kamu atau bahkan diboikot karena games yang kamu mainkan dianggap banyak mudaratnya.

Nyatanya bermain games adalah salah satu hal mewah apalagi kalau tanpa gangguan kegiatan lain. Karena libur nasional, kamu bisa mengambil jeda dari berbagai kegiatan dan memilih bermain games kesukaan kamu.

Baik itu games yang melatih konsentrasi dan juga kreativitas, ataupun permainan strategi dan perang-perangan.

5. Bertemu Teman Lama

Apakah kamu termasuk orang yang menghabiskan akhir pekan dengan kondangan atau acara keluarga namun tidak pernah menikmatinya?

Sebuah ulasan dari tahun 2014 mengungkapkan bahwa kesepian bisa berpengaruh pada kesehatan mental, tidur, dan kesehatan secara umum yang dapat meningkatkan risiko sakit, hingga kematian.

Sementara itu penelitian lainnya menunjukkan bahwa luasnya pergaulan memengaruhi kesehatan, bahkan sama pentingnya dengan olah raga.

Jadi, jangan gunakan waktu senggang yang sedikit ini untuk melamun. Gunakanlah waktu di hari libur itu untuk bertemu teman-teman lama sehingga tidak ada lagi rasa sepi di dalam hati.

Bertemu teman akan menghindarkan kamu dari rasa kesepian dan tentu saja membuat kamu lebih berbahagia.

(Baca juga: Kiat Bagi Karyawan Baru Dapatkan Pinjaman KTA)
6. Membuat Rencana Keuangan

Karena ini adalah tanggal 1 Mei alias sangat awal bulan, menjadi waktu yang tepat untuk kamu membuat rencana keuangan sebulan ke depan. Apalagi pada Mei ini memasuki Bulan Ramadan, yang biasanya justru membutuhkan banyak pengeluaran.

Kamu bisa membuat perencanaan keuangan, soal berapa banyak buka bersama yang bisa kami sambangi, hingga THR untuk ponakan dan sepupu.

Dengan perencanaan yang matang, kamu mungkin tidak perlu merasakan kocar-kacir kehabisan uang pada akhir bulan dan bahkan harus berutang.

7. Melakukan Kegiatan Sosial

Kalau jiwa sosial kamu sudah lama tidak melakukan berbagai kegiatan, mungkin Hari Buruh jadi waktu yang tepat untuk kamu melakukan kegiatan sosial.

Kamu sangat bisa pergi ke sekolah anak jalanan atau ke panti asuhan. Bukan hanya untuk mengajarkan mereka beberapa hal, melakukan kegiatan sosial akan membuat jiwa kamu lebih sehat dan hatimu hangat.

Sebagai pekerja di kota besar kamu tentu sudah lama sekali tidak melakukan kegiatan di tengah pekan bukan?

8. Berburu Promo Menarik

Bukan hanya saat pemilu yang menjadi hari penuh promo, ternyata saat May Day juga loh. Kalau kamu adalah pemburu diskon, jangan lewatkan kesempatan berburu promo kali ini.

Promo May Day kali ini juga sangat beragam, dari makanan dan minuman, hingga pakaian serta elektronik. Banyak juga promo yang melibatkan kartu kredit. 

Kamu belum memiliki kartu kredit? Jangan takut, akses CekAja.com kemudian cari dan bandingkan kartu kredit mana yang kamu inginkan. Prosesnya mudah dan tanpa antri, kamu hanya perlu gerakkan jemarimu di ponsel pintar. Menarik bukan?

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.