Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Meditasi Yuk, Ini Manfaatnya Buat Pikiran dan Tubuh

by Miftahul Khoer on 22 November, 2019

Orang-orang yang tinggal di kota besar, konon sangat rentan terhadap stres. Tidak heran, mereka melakukan berbagai cara untuk mengurangi stres tersebut, salah satunya dengan bermeditasi.

Meditasi sendiri memiliki beragam manfaat, termasuk juga mengurangi seseorang melakukan kesalahan dalam pekerjaan dan juga mengurangi sifat pelupa. Mau tahu manfaat meditasi lainnya, baik bagi fisik maupun mental? Ini daftarnya!

1. Lebih Fokus

Lebih fokus - Meditasi Yuk Ini Manfaatnya Buat Pikiran dan Tubuh

Beberapa bentuk meditasi bisa membantu seseorang menjadi lebih fokus terhadap sesuatu. Hal itu bisa dilakukan dengan membiasakan diri untuk duduk bermeditasi setidaknya 30 menit setiap harinya.

2. Menghilangkan Stres

Menghilangkan stress - Meditasi Yuk Ini Manfaatnya Buat Pikiran dan Tubuh

Bukan hanya mengilangkan stress, meditasi bisa melakukan lebih dari itu. Coba deh meditasi satu jam setiap hari. Para peneliti dari University of California masih belum bisa menjelaskan alasan mengapa meditasi memiliki efek tersebut.

Akan tetapi, dari penelitian sebelumnya terungkap jika meditasi dapat menimbulkan perubahan di otak yang membantu seseorang menjaga kemampuan mentalnya.

Para peneliti menemukan bahwa praktik meditasi lanjutan memengaruhi perbaikan dalam aspek perhatian, penghambatan respon, dan penekanan tindakan yang tidak pantas. Peserta penelitian tidak menunjukkan pola khas penurunan kondisi yang seharusnya terjadi akibat usia.

3. Mengendalikan Kecemasan

Mengendalikan kecemasan - Meditasi Yuk Ini Manfaatnya Buat Pikiran dan Tubuh

Rasa cemas masyarakat kota saat ini juga kerap kali dikaitkan dengan beragam mental illnes yang tengah menjamur. Cobalah dengan melakukan meditasi, yang bisa juga membantu untuk mengurangi kecemasan secara berlebihan.

(Baca juga: Mencegah Serangan Stroke di Usia Muda? Pakai Cara Ini!)

Berdiam diri dengan meditasi dan fokus pada satu hal tertentu cukup membantu mengurangi kecemasan. Bahkan selain bisa mengendalikan kecemasan, kamu bisa mencegahnya datang sama sekali.

4. Memperbaiki Kualitas Tidur

Memperbaiki kualitas tidur - Meditasi Yuk Ini Manfaatnya Buat Pikiran dan Tubuh

Stres, depresi, dan rasa cemas sangat berpengaruh kepada kualitas tidur seseorang. Padahal, tidur sangat penting bagi orang dengan kesehatan mental yang kurang baik.

Tidak heran, meditasi juga dianggap bisa membantu memperbaiki kualitas tidur seseorang. Sebuah studi membandingkan dua kelompok peserta, yang mengikuti program meditasi dan yang tidak. Peserta yang mengikuti meditasi, bisa tidur lebih cepat dan lebih nyenyak dibanding dengan orang yang tidak mengikuti meditasi.

Periset berpendapat bahwa meditasi dapat menenangkan pikiran seseorang, membantu tubuh melepaskan ketegangan, dan jadi lebih rileks sehingga dapat tidur lebih baik.

5. Mempertahankan Daya Ingat

Mempertahankan daya ingat - Meditasi Yuk Ini Manfaatnya Buat Pikiran dan Tubuh

Sebanyak 12 penelitian menunjukkan bahwa meditasi bisa meningkatkan perhatian, daya ingat, dan konsentrasi para lansia. Namun, untuk bisa merasakan manfaatnya tidak bisa secara instan.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

 

Saat pancaroba, atau kerjaan menumpuk membuat daya tahan tubuh menurun, sehingga sangat mudah flu, batuk, dan tidak jarang demam berkepanjangan. Bermeditasi, olah raga, dan mengonsumsi makanan sehat akan sangat membantu seseorang menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

7. Turunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi bisa membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah. Akibatnya, fungsi jantung semakin buruk dan risiko terkena penyakit jantung seperti aterosklerosis (penyempitan arteri jantung), serangan jantung, dan stroke jadi lebih besar.

Meditasi dapat mengurangi ketegangan pada jantung sehingga tekanan darah akan menurun. Saat tubuh melepaskan ketegangan, sinyal saraf yang mengoordinasikan fungsi jantung dan ketegangan pada pembuluh darah jadi lebih terkontrol.

(Baca juga: Cara Berhenti Merokok dan Meningkatkan Stamina yang Benar untuk Perokok Aktif)

Kemungkinan manfaat meditasi juga membantu mengendalikan stres, mengurangi rasa kesepian, dan meningkatkan fungsi otak bagi lansia dengan penyakit demensia. Apalagi, bertambahnya usia juga membuat fungsi otak seseorang menurun.

Meditasi selama 30 hingga 60 menit setiap hari dianggap sangat bermanfaat secara jangka panjang hingga hari tua.

8. Melawan Kecanduan

Melawan kecanduan - Meditasi Yuk Ini Manfaatnya Buat Pikiran dan Tubuh

Meditasi juga bisa membantu orang yang memiliki kecanduan terhadap sesuatu. Bukan hanya kecanduan alkohol atau narkoba, bahkan juga makanan manis yang kerap tidak disadari.

Meditasi dengan disiplin yang diterapkan akan mengendalikan keinginan terhadap sesuatu yang buruk. Seorang pecandu akan menjadi lebih paham cara yang paling tepat untuk mengendalikan rasa candunya yang berlebihan tersebut.

Coba yuk meditasi, kamu bisa meluangkan waktu di malam hari sebelum tidur, atau di pagi hari sebelum beraktivitas. Minimal 20 menit per hari kamu akan bisa mendapatkan manfaat jangka panjangnya.

Dapatkan berbagai tips gaya hidup sehat lainnya di CekAja.com yang juga akan membantu kamu menemukan produk finansial yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu.

 

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.