Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Medsos Down? Lakukan 5 Hal Bermanfaat Ini!

by Miftahul Khoer on 15 Maret, 2019

Baru-baru ini pengguna media sosial Facebook, Instagram, dan aplikasi layanan pesan WhatsApp sempat mengeluhkan adanya gangguan. Ketiga layanan tersebut diketahui sulit diakses. Namun, sebagian pengguna masih tetap bisa mengaksesnya.

Peristiwa ini tentu menyita perhatian khalayak di seluruh dunia. Maklum, jejaring sosial Facebook dan Instagram termasuk platform terbanyak penggunanya di dunia. Termasuk layanan aplikasi pesan WhatsApp yang sudah digunakan lebih dari 1,5 miliar di dunia.

Adanya gangguan pada ketiga platform tersebut tentu sedikit-banyak mengganggu aktivitas orang. Karena banyak orang yang menggantungkan ketiga platform tersebut sebagai sumber penghasilan hingga untuk hiburan. Gangguan tersebut pun sempat menjadi trending topic di Twitter mulai dari tanggapan santai, bercanda, keluhan hingga marah-marah.

Nah, kalau kamu apakah termasuk salah satu yang ngeluh dan marah juga? Hmm… dari pada ngeluh gak karuan ketika ada gangguan layanan media sosial seperti di atas, mending kamu lakuin deh lima hal bermanfaat seperti berikut ini.

Membaca

Bagi sebagian orang mungkin akan merasa ketika hidup tanpa media sosial itu seperti makan sayur tanpa garam. Hambar. Padahal jauh sebelum adanya media sosial juga hidup baik-baik saja kan? Nah, sebetulnya kita bisa hidup tanpa media sosial untuk beberapa saat dengan meluangkan waktu dengan membaca.

Kalau biasanya kamu julid membaca postingan orang di Facebook atau Instagram, nah kamu bisa membaca apapun mulai dari buku, majalah, koran, berita atau artikel-artikel bermanfaat di internet. Ya, salah satunya kamu bisa baca-baca artikel CekAja yang tentu bermanfaat meningkatkan literasi keuangan kamu ya kan? Selain itu, CekAja juga memberikan informasi berbagai produk finansial yang kamu butuhkan seperti kartu kredit.  

Intinya, hidup tanpa media sosial untuk beberapa saat seperti yang terjadi pada  Kamis, 14 Maret 2019 bisa dimanfaatkan untuk hal-hal bermanfaat. Dan membaca adalah salah satu pilihan yang tepat.

Nonton atau berselancar di internet

Sejak adanya Facebook atau Instagram, mungkin kamu sering menghabiskan waktu memantau lini masa aktivitas teman-teman kamu. Kadang kepoin video-video yang diunggah gebetan atau mantan sekalipun sebagai hiburan. Namun ketika media sosial ada gangguan, aktivitas itu semua gak bisa kamu lakukan.

Tenang, jangan putus asa, masih banyak kegiatan hiburan yang bisa kamu lakukan. Nonton film adalah pilihan terbaik. Kamu bisa nonton film secara streaming, di televisi kabel atau nonton film yang ditayangkan di channel-channel YouTube tertentu.

Kalau pengen lebih berfaedah lagi, kamu bisa nonton berbagai tutorial memasak, main gitar, hingga cara mendapatkan uang di internet. Gak ada yang gak mungkin ketika kamu memanfaatkan internet dengan bijak. Karena di internet, terutama di YouTube kamu bisa banyak belajar apapun.

(Baca juga: 5 Media Sosial dan Aplikasi Chatting yang Kini Tinggal Nama)
Refreshing

Bosan dengan kegiatan yang melulu berkaitan dengan internet? Sudah saatnya kamu refreshing atau jalan-jalan. Kamu bisa pergi ke mal, taman atau nongkrong bersama teman yang senasib gak bisa mengakses media sosial. Carilah kegiatan yang lebih bermanfaat ketimbang menunduk terus menghadap layar gadget.

Dengan refreshing, mungkin pikiran kamu akan lebih terbuka dan mendapatkan ide-ide baru tentang apa yang akan dilakukan. Kalau kamu seorang seniman, kamu tentu bisa mencari inspirasi apa yang akan kamu buat untuk karya-karya kamu.

Bersih-bersih rumah

Kegiatan ini berlaku untuk siapa saja yang bete karena media sosial sedang mengalami gangguan. Mulailah rapikan tempat tidur, ruang tamu, halaman hingga dapur yang selama ini gak pernah tersentuh akibat kamu terlalu fokus bermain media sosial.

Bersih-bersih rumah merupakan cara jitu yang juga bermanfaat bagi para pecandu media sosial yang seharinya bisa menghabiskan waktu berjam-jam. Karena ketika rumah rapih, mood kamu yang mulanya bete akan kembali ceria dan bisa melakukan aktivitas lain.

(Baca juga: Ragam Ide Cemerlang Facebook di Umurnya yang Menginjak 15 Tahun)
Bersosial

Namanya media sosial ya tentu kamu berjejaring dengan orang-orang di dunia maya. Kadang aktivitas ini berdampak buruk yang bisa membuat seseorang antisosial. Nah, hikmah adanya gangguan ketiga platform di atas bisa bermanfaat untuk dijadikan ajang bersosial di dunia nyata.

Jika selama ini kamu hanya berkomunikasi dengan teman kamu di media sosial, gak ada salahnya kamu mengajak teman-teman kamu baik yang sudah kenal atau hanya kenal di media sosial untuk bertatap muka. Ajak mereka bertemu dengan tujuan positif. Siapa tahu dengan bertemu secara bertatap muka di dunia nyata, kamu bisa mendapatkan hal positif yang bermanfaat buat kehidupan kamu.

Gak ada yang gak mungkin, ketika kamu bertemu dengan teman kamu di media sosial, ternyata kamu diajak untuk berbisnis oleh mereka, kamu diajak untuk bekerja sama dalam mengerjakan proyek-proyek tertentu. Ya, itulah manfaatnya bersosial secara nyata. So, sebetulnya dengan atau tanpa media sosial, kamu bisa hidup seperti biasa dan apa adanya.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami