Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Melancong ke Brunei Darussalam, Negeri di Utara Kalimantan

by Miftahul Khoer on 20 Desember, 2019

Brunei Darussalam adalah negara dengan luas wilayah hanya 5.765 km2 dan penduduk tidak sampai 500 ribu jiwa yang berada satu pulau dengan Malaysia dan Indonesia di Pulau Kalimantan.

KPR Syariah

Negara yang dipimpin oleh Sultan Hassanal Bolkiah tersebut beribukotakan Bandar Seri Begawan dan diketahui memiliki destinasi wisata yang tidak kalah cantik dengan negara-negara di sekitarnya.

Masyarakat Indonesia bisa menjadikan negara ini salah satu tujuan wisata karena memiliki bahasa dan budaya yang tidak terlalu berbeda. Serta tidak perlu khawatir terkait kehalalan makanan yang dijajakan di sana, karena negara ini menganut sistem pemerintahan Kesatuan Islam Monarki Absolut.

Berikut ini beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Brunei Darussalam:

Wisata Rohani

Negara ini memiliki banyak masjid indah yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Masjid pertama yang bisa dikunjungi adalah Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien.

Masjid ini merupakan landmark dari Brunei Darussalam. Dibangun tahun 1958 dan memiliki panorama senja dan malam yang menarik dengan pancaran lampu dan kubah emas dari bangunan bersejarah tersebut yang terpantul di atas permukaan sungai Brunei.

Masjid ini terletak tidak jauh dari kompleks Istana Nurul Iman yang berada di bukit di tepian sungai Brunei. Istana Nurul Iman berarti Cahaya Iman yang menjadi tempat tinggal resmi Sultan Hassanal Bolkiah.

(Baca juga: Perayaan Tahun Baru Islam di Negara-negara Asia)

Istana ini dibangun pada 1984 dan memiliki kubah emas serta merupakan salah satu kompleks istana terluas dan termegah di dunia.

Gerbang istana ini akan dibuka selama tiga hari di setiap perayaan Idul Fitri sehingga pengunjung dan masyarakat umum bisa melihat langsung kemegahan istana ini.

  • Masjid Hassanal Bolkiah

Selain itu, wisata religi lainnya yang bisa dilakukan di Brunei adalah dengan mengunjungi masjid Hassanal Bolkiah yang memiliki arsitektur mewah. Masjid ini diberi nama sesuai dengan nama Sultan Brunei Darussalam ke-29 yang saat ini memimpin negeri tersebut.

Masjid ini merupakan wakaf dari Sultan Hassanal Bolkiah yang mulai dibangun tahun 1988 di atas lahan seluas 20 hektare yang berlokasi di Kiarong. Masjid ini diresmikan pada 14 Juli 1994 oleh Sultan yang juga melakukan salat maghrib dan isya di masjid ini sekaligus menandai 48 tahun kepemimpinannya.

Kemewahan masjid ini terlihat dari adanya 29 kubah emas dan empat menara setinggi 58 meter.

Wisata Alam
  • Taman Nasional Ulu Temburong

Brunei juga memiliki tempat wisata alam, salah satunya Taman Nasional Ulu Temburong yang merupakan taman nasional pertama di negara tersebut yang dibuka sejak tahun 1991 dan terletak di distrik Temburong, Brunei bagian Timur.

Spot wisata ini merupakan salah satu yang wajib dikunjungi oleh wisatawan bila datang ke Brunei karena tempat ini memiliki daya tarik utama berupa Canopy Walkway yang memungkinkan wisatawan menikmati keasrian dari hutan tropis di ketinggian 60 meter di atas gunung.

Taman nasional ini masih menjadi satu kawasan dengan hutan Kalimantan yang begitu luas dan meliputi tiga negara, termasuk Indonesia dan Malaysia.

Taman ini sering dianggap sebagai hutan hujan tropis terbaik yang dikembangkan dan dilestarikan di pulau Kalimantan. Untuk bisa sampai ke sana bisa menggunakan speedboat menyusuri sungai selama 45 menit yang dilanjutkan dengan naik bus selama 30 menit dan dilanjutkan dengan naik perahu tradisional.

  • Kampong Ayer

Selain taman nasional ini, di Brunei juga ada destinasi wisata terkenal yakni Kampong Ayer yang bisa memberikan pengalaman berbeda bagi siapapun yang datang berkunjung.

Kampong Ayer adalah warisan budaya dan sejarah di daratan Brunei dan terkenal sebagai desa air terbesar di dunia sehingga sering dijuluki Venesia dari Timur.

(Baca juga: Dijamin Sejahtera Kalau Kamu Kerja di 5 Negara Termakmur di Dunia Ini)

Destinasi ini merupakan desa prasejarah yang dihuni sekitar 40 ribu warga dan memiliki fasilitas lengkap seperti sekolah, layanan kesehatan, hingga akses wifi sehingga tampak seperti kota modern yang dibangun di atas permukaan air.

Tentunya Brunei tidak hanya memiliki destinasi wisata di atas saja. Masih ada banyak keindahan termasuk juga wisata belanja menarik yang bisa kamu telusuri selama berwisata di negara kaya raya yang jarang terekspos dunia tersebut.

Mau lebih hemat plesiran ke Brunei? Manfaatin aja kartu kredit dari Bank Rakyat Indonesia atau BRI. Ada banyak promo dan diskon menarik kategori travel and leisure bagi pemegang kartu kredit BRI, yang bisa kamu dapatkan di berbagai platform pemesanan tiket pesawat dan hotel.

Pilih dan ajukan kartu kredit BRI sesuai kebutuhan kamu sekarang juga hanya lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.