Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Memahami Investasi Kredit Emas Online

by lhmdi on 20 Maret, 2016

gadai emas-CekAja.com

Pembelian sebuah kebutuhan kini memang sudah tidak terbatas lagi hanya menggunakan barang-barang tertentu. Salah satunya adalah membeli kredit emas online yang kini juga sudah bisa dilakukan oleh banyak masyarakat.

Jika biasanya pembelian kredit secara online lebih di dominasi melalui perangkat gawai atau perlengkapan kebutuhan rumah tangga lainnya, kali ini emas pun bisa dimiliki secara online. Tentu saja, masyarakat membeli emas dengan beragam tujuan, namun rata-rata, masyarakat memilih karena bisa digunakan sebagai investasi di masa yang akan datang.

Dengan adanya layanan kredit secara online untuk pembelian emas, masyarakat pun kini membeli tidak hanya melalui Antam, sebuah perusahaan yang memang menjual emas sebagai salah satu layanannya.

Lalu kenapa masyarakat mulai membeli emas secara kredit dan sistem online? Tentu saja pilihannya adalah agar lebih fleksibel dan mudah menentukan pilihan serta jenis emas yang diinginkan tanpa membuang waktu terlalu banyak untuk datang langsung ke tempat penjualan emas.

Beberapa bank di Indonesia pun membuka kesempatan kepada masyarakat atau calon nasabah untuk membeli kredit emas melalui layanan mereka. Beberapa bank seperti BCA, BNI hingga bank Syariah dari Mandiri yang mengklaim menggunakan layanan jual beli emas online halal adalah beberapa diantaranya. Apa saja keuntungan membeli emas secara kredit dan layanan online?

  1. Membeli emas kini bisa dimiliki walaupun dana tidak mencukupi menjadi pertimbangan masyarakat. Dengan layanan kredit, masyarakat bisa mencicil untuk memiliki emas, dan tidak lagi harus membayarnya dengan tunai. Hal ini tentunya menjadi pertimbangan dasar mengingat harga emas yang sangat mahal dan bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah.
  1. Emas pun dapat dijadikan sebagai jaminan kembali setelah dimiliki. Nilainya yang cukup stabil dan terkadang cenderung meningkat menjadi beberapa alasannya. Misalnya, ketika kamu membutuhkan dana dalam keadaan yang mendesak, maka emas pun bisa dijadikan jaminan dengan cara menggadaikan di Pegadaian. Nilai gadainya pun terbilang cukup tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan yang kamu perlukan.
  1. Menyimpan atau “menitipkan” emas pada pihak kreditur atau pemberi pinjaman bisa terbilang salah satu keunggulan dalam investasi emas. Nilainya tetap terjaga dan yang paling penting adalah keamanan, ketimbang menyimpannya di rumah. Jika membeli emas secara kredit online maka pihak bank akan memastikan emas tersebut di tempat yang aman dan bahkan bisa meningkatkan nilainya.

Selain memiliki keunggulan tersendiri kredit emas online memiliki beberapa kekurangan yang patut dipahami. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Setiap masyarakat atau calon nasabah yang akan membeli emas secara online dan menggunakan layanan kredit dipastikan harus membayar uang muka. Nilai uang muka ini bervariasi dan tergantung pada nilai emas yang akan dibeli.
  1. Biaya tambahan yang terbilang cukup besar saat membeli emas secara kredit juga penting kamu pahami. Selain proses jual beli emas yang menggunakan angsuran, biaya tambahan pembelian emas ini dihitung dari bunga dan biaya administrasi.
  1. Memahami risiko fluktuasi juga sangat penting untuk dikenali. Apalagi seperti yang sudah kami ungkapkan nilai emas bisa mengalami pergeseran, seperti naik turun, dan hal tersebut tergantung pada beberapa faktor.

Sebagai ilustrasi seseorang akan mengalami kerugian yang cukup banyak ketika membeli emas secara kredit dengan harga tinggi, namun harganya justru turun ketika proses cicilan akan dibayarkan secara lunas. Dimana bisa kredit emas? Jawabannya banyak. Misalnya, kredit emas online. Tapi apakah kredit emas perhiasan juga ada. Intinya, kredit emas perhiasan online.

Jadi, sebelum kamu mencari layanan jual beli emas online terpercaya dan menggunakan layanan kredit seperti Pegadaian atau Bank lainnya di Indonesia, pastikan untuk memahami terlebih dahulu seperti apa untung ruginya berinvestasi emas secara kredit.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami