Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

3 menit waktu bacaan

Memahami Keuntungan Menggunakan Pegadaian Sebagai Tempat Peminjaman Uang

by Satrya Agung on 30 May, 2016

dana darurat_investasi - CekAja.com

Setiap orang pasti pernah mengalami kebingungan mencari tempat peminjaman uang yang tepat ketika sedang berada pada situasi keuangan yang sulit.

Beberapa orang memilih melakukan pinjaman ke bank namun ada juga yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan dana tersebut dari bank. Masyarakat perlu mengetahui bahwa ada pilihan lain selain bank untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pegadaian dipercaya sebagai salah satu tempat yang dapat memudahkan masalah peminjaman uang.

Pegadaian merupakan salah satu lembaga resmi pemerintah yang dibentuk khusus untuk masyarakat yang ingin menggadaikan barang berharga dan lainnya dalam jangka waktu tertentu untuk memperoleh sejumlah uang. Dana yang diterima dari pegadaian itu sendiri bervariasi, tergantung dari kualitas dan kondisi barang yang digadaikan. Tidak hanya melayani pegadaian barang, namun juga kebutuhan kredit dana dan investasi seperti emas batangan.

Di antara banyaknya bank yang menawarkan berbagai pilihan untuk meminjam uang, pegadaian hadir dengan membawa berbagai keuntungan yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Berikut beberapa hal yang menjadi keuntungan menggunakan pegadaian sebagai tempat peminjaman uang.

Proses cepat

Butuh dana cepat tanpa proses yang berlebihan ? Pegadaian adalah jawabannya. Meskipun dana yang diperoleh mungkin tidak terlalu besar, namun proses yang cepat dan rumit ini adalah salah satu keuntungan menggunakan pegadaian. Cukup membawa identitas dan barang yang akan digadaikan, maka kamu akan memperoleh dana dalam waktu yang singkat. Besar dana yang akan kamu terima tentu bergantung dari barang yang kamu gadaikan.

Tidak perlu membuka rekening atau dipungut biaya administrasi

Dengan melakukan pinjaman ke pegadaian, tidak perlu membuat rekening dan dibebankan biaya administrasi seperti yang dilakukan oleh bank. Datang ke pegadaian justru langsung pulang membawa uang pinjaman instan yang dibutuhkan. Penerimaan uang telah disepakati oleh kedua belah pihak dengan persyaratan yang telah dipahami.

Jumlah angsuran yang ringan, disesuaikan dengan kemampuan

Keuntungan menggunakan pegadaian adalah angsuran yang ringan dan tidak memberatkan. Hal ini dikarenakan angsuran tersebut diberikan sesuai dengan kemampuan dari penggadai, sehingga tidak memberatkan proses pengembalian dana. 

Penetapan sistem bunga menurun

Di pegadaian diberlakukan sistem bunga menurun, artinya perhitungan bunga disesuaikan dengan sisa pinjaman. Jika pinjaman yang masih tersisa kecil, maka bunganya pun akan ikut mengecil. Berbda dari bank atau lembaga lainnya yang secara umum memberlakukan suku bunga tetap setiap tahunnya.

Dapat melakukan perpanjangan jatuh tempo pengembalian

Saat mengalami keterlambatan dalam pembayaran angsuran maupun membayar pelunasan pinjaman, pihak pegadaian menawarkan solusi untuk masa angsuran menjadi mundur atau bertambah panjang. Meskipun untuk keterlambatan atau pengunduran masa pengembalian akan dibebankan bunga keterlambatan namun solusi tersebut sangat bermanfaat bagi peminjam untuk kembali melanjutkan angsuran yang terlambat.

Keanekaragaman barang yang dapat dijadikan sebagai jaminan

Melalui pegadaian, barang apa saja dapat dijadikan sebagai jaminan mulai dari motor bekas hingga perhiasan. Tidak peduli bentuk, jenis, maupun nilai dari barang tersebut. Dengan kemudahan seperti itu diharapkan dapat membantu mendapatkan dana segar yang dibutuhkan.

Kesulitan ekonomi tentu dapat dialami oleh siapapun dan kebutuhan uang yang mendadak pun membutuhkan solusi yang cepat serta dapat diandalkan oleh semua orang. Dengan adanya pegadaian, diharapkan dapat menjadi pilihan tepat untuk memilih tempat peminjaman uang yang ringkas dan mudah dilakukan. Melalui pemahaman mengenai keuntungan menggunakan pegadaian, semoga dapat menjadi jalan keluar yang dapat diambil oleh semua orang.

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami