Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

3 menit waktu bacaan

Memahami Pengertian Puasa untuk Aktivitas Sehari-hari

by lhmdi on 4 April, 2016

kpr syariah_kredit rumah kpr - CekAja.com
Pengertian puasa biasa dimaknai beragam oleh masyarakat. Tentunya, puasa tidak hanya dilakukan umat muslim pada bulan Ramadan.

Puasa pun juga berlaku bagi pemeluk agama Kristen, Katolik hingga Hindu. Secara bahasa, puasa merupakan sikap menahan diri dari segala sesuatu. Bagi umat muslim khususnya menjelang bulan Ramadan, puasa sering dijadikan sebagai sebuah sikap untuk menahan diri dari kegiatan seperti makan, minum, menahan nafsu dan syahwat.

Memahami pengertian puasa bukan hanya tentang mengartikannya saja. Namun, juga memahami dan merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan tentunya tidak jarang di saat bulan puasa peningkatan kualitas hidup pun semakin terasa lebih baik.

Bahkan puasa erat dengan keahlian mengontrol hawa nafsu termasuk mengelola keuangan. Selama amal dan kehidupan di akhirat kelak yang lebih baik, sebenarnya ada beberapa hal tentang pemahaman puasa yang perlu juga untuk selalu diingat.

Pemahaman puasa ini bahkan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup kita sebagai manusia. Apa saja pemahaman puasa yang bermanfaat?

  1. Penuh dengan keberkahan

Saat bulan puasa kita sering mendengar ceramah para Ustadz atau iklan di televisi yang mengungkapkan bahwa dengan berpuasa di bulan Ramadhan akan memberikan keberkahan bagi kita semua.

Dalam konteks agama, sebuah hadis mengungkapkan bahwa Tuhan akan membuka pintu kebaikan dan menutup pintu untuk melakukan hal-hal yang tidak terpuji. Begitu pula dalam kehidupan sehari-hari, karena bulan puasa akan memberikan keberkahan bagi siapa saja!

Sebagai contoh, seorang muslim yang berpuasa akan lebih mendapatkan keseimbangan dirinya dalam menjalani hidup. Keuntungannya mereka bisa melakukan aktifitas sehari-hari dengan lancar dan baik. Bahkan bagi masyarakat non-muslim bulan puasa juga memberikan keberkahan tersendiri.

Tidak jarang tentunya berbagai tempat makan atau pengusaha yang berjualan menghidangkan menu untuk berbuka puasa selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat muslim untuk memulai kegiatan sahur atau saat berbuka puasa.

  1. Memberikan ketenangan

Secara langsung puasa mengajak tubuh untuk selalu berpikir dengan tenang dan meningkatkan kualitas hidup lebih baik. Setidaknya dalam sehari-hari setiap aktifitas kamu bisa dilakukan dengan lancar dan tenang.

Sebagai contoh, ketika kamu merasa khawatir tidak sanggup membayar cicilan dari pinjaman yang kamu lakukan, maka puasa dapat melatih kamu untuk berpikir tenang dan mencari jalan keluar bagaimana caranya untuk melunasi cicilan .

Dengan berpuasa kamu dianjurkan untuk menahan hawa dan nafsu, dan cara ini dapat membantu memberikan ketenangan serta melibatkan energi positif yang ada di dalam pikiran.

  1. Meningkatkan ketakwaan

Saat berpuasa, menahan rasa lapar dan haus merupakan salah satu jalan untuk meningkat ketaqwaan. Setidaknya dalam perspektif, agama, cara ini membantu kamu mendekatkan diri kepada Tuhan, sehingga kualitas hidup menjadi lebih baik.

Namun, di satu sisi, meningkatkan ketakwaan juga bisa dilakukan sembari meningkatkan kualitas hidup sendiri. Disini kamu bisa menahan diri sendiri untuk tidak terlalu boros, menyiapkan tabungan yang cukup untuk kepentingan lain dan berbagai hal tentang kehidupan diri sendiri.

  1. Mencegah stres

Dalam kehidupan sehari-hari stres tentunya tidak dapat dihindari. Oleh karena itu bertepatan dengan bulan puasa, maka ini bisa dijadikan sebagai salah satu catatan untuk melepaskan stres. Sebagai contoh, kamu bisa melepaskan stres dari berbagai aktivitas sehari-hari, beban utang, atau rencana-rencana yang belum terwujud.

  1. Menghindari konsumsi yang berlebihan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pengertian puasa adalah menahan diri dari  rasa haus dan lapar. Nah! Begitu juga dalam aktivitas sehari-hari, selain memang pada waktunya menahan rasa haus dan lapar, kamu juga bisa menghindari konsumsi yang berlebihan setelah berbuka puasa atau saat sahur.

Selain bisa berhemat, melakukan pola konsumsi yang tepat selama bulan puasa akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami