Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Membuat Resolusi 2020 : Tips dan Kesalahan yang Sering Dilakukan

by Nadhillah Kusindriani on 31 Desember, 2019

Tidak terasa bulan Desember 2019 sudah berada di penghujung tahun, yang artinya tinggal hitungan jam kita akan menyambut tahun 2020. Tentu saja, biasanya orang-orang akan membuat resolusi 2020 yang dipenuhi dengan berbagai keinginan dan harapan baru.

Keinginan dan harapan baru tersebut biasanya berisi target-target yang harus dicapai di tahun 2020 nanti. Namun, jika resolusimu di tahun sebelumnya belum tercapai, kamu tidak perlu khawatir. Karena kamu bisa membuat resolusi baru untuk tahun 2020, yang akan membantu hidupmu lebih terarah dan semakin termotivasi.

Banyak sekali hal yang bisa dijadikan resolusi, namun hanya beberapa hal yang biasanya dijadikan target oleh kebanyakan orang. Beberapa hal tersebut diantaranya yaitu jodoh, karir, kesehatan, penampilan hingga berbagai destinasi wisata yang harus dikunjungi.

Namun, apakah kamu tahu bagaimana cara membuat resolusi 2020 yang baik agar semua target dan harapanmu tercapai? Di bawah ini beberapa tips yang berhasil CekAja.com rangkum untuk kamu.

Tips Membuat Resolusi 2020

Seperti yang sudah diketahui, menjelang pergantian tahun, banyak sekali keinginan dan harapan baru yang ingin diwujudkan di tahun 2020. Agar semua harapan dan keinginanmu terwujud, di bawah ini beberapa tips yang perlu kamu perhatikan, diantaranya sebagai berikut.

1. Spesifik

Hal pertama yang harus kamu perhatikan ketika akan membuat resolusi 2020 adalah spesifik. Dimana poin ini sangat penting, karena sesuatu yang spesifik akan lebih efektif dan mudah untuk diwujudkan.

Seperti misalnya di tahun 2020 kamu ingin diet, karena merasa berat badanmu sudah sangat jauh dari ideal. Kamu bisa memulainya dengan menentukan berapa total bobot yang ingin kamu kurangi, olahraga apa yang akan kamu lakukan hingga berapa kali dalam seminggu kamu melakukan olahraga dan sebagainya.

Dengan membuat resolusi yang spesifik seperti itu, akan membuatmu semakin mudah dalam mencapai target satu persatu. Sehingga tidak ada lagi penyesalan di tahun depan karena resolusi tahun ini tidak tercapai.

2. Bisa Diukur

Poin selanjutnya dalam membuat resolusi 2020 adalah target yang kamu inginkan bisa diukur. Hal tersebut penting untuk kamu perhatikan karena hal tersebut akan membuatmu lebih mudah mewujudkannya.

Caranya, kamu bisa menuliskan apa saja perubahan yang sudah kamu lakukan setiap harinya. Kemudian, kamu bisa melakukan evaluasi dan mengukur pencapaian yang sudah kamu lakukan setiap minggu atau setiap bulan sesuai dengan resolusi yang sudah kamu buat.

3. Bisa Dijangkau

Poin ini merupakan salah satu poin penting yang perlu kamu perhatikan. Karena, setinggi apapun resolusimu jika tidak bisa dijangkau maka tidak akan pernah terwujud. Maka dari itu, cobalah membuat resolusi serealistis mungkin.

Jika kamu memiliki target atau rencana yang besar, kamu bisa membuat rencana tersebut menjadi langkah sederhana yang bisa kamu jangkau sedikit demi sedikit. Karena, target atau rencana besar tersebut biasanya akan membuatmu stres memikirkan bagaimana cara mewujudkannya.

Hal yang perlu kamu lakukan yaitu membuat target atau rencana besar tersebut menjadi langkah yang lebih sederhana. Kemudian kamu bisa memulainya dengan langkah kecil yang kamu lakukan secara rutin hingga target atau rencana besarmu terwujud.

4. Relevan

Kamu perlu memastikan terlebih dahulu, bahwa resolusi yang kamu buat sesuai dengan kebutuhan, dan memiliki tujuan yang baik untuk dirimu sendiri. Karena, jika kamu membuat resolusi 2020 yang tidak memberikan manfaat dan melampaui batas kemampuanmu, itu akan menyulitkan dirimu sendiri.

Ada baiknya jika kamu memikirkan terlebih dahulu, resolusi baik apa yang akan kamu capai di tahun 2020. Setelah itu kamu bisa mulai menyusunnya, lalu libatkan orang terdekatmu untuk mendukungmu. Hal tersebut akan memudahkanmu mewujudkan resolusi, dan berubah menjadi lebih baik.

5. Memiliki Batas Waktu

Batas waktu disini memiliki kaitan dengan poin dapat dijangkau. Karena, target atau rencana besarmu akan lebih mudah dicapai setelah dibuat menjadi langkah-langkah yang lebih sederhana. Kemudian, kamu juga harus memikirkan berapa lama jangka waktu yang dibutuhkan untuk mewujudkan semua resolusimu.

Maka dari itu, yang perlu kamu pikirkan adalah periode waktu untuk setiap perubahan yang akan kamu lakukan untuk mewujudukan semua resolusimu. Sehingga, semua tahapan dari perubahannya akan membuat kemajuan yang signifikan dan berarti untuk resolusimu.

(Baca Juga: 5 Serial Netflix Terbaik Untuk Nemenin Liburan Tahun Barumu)
6. Refleksi Diri

Langkah terakhir yang perlu kamu perhatikan ketika membuat resolusi 2020 adalah refleksi diri. Dimana, kamu perlu meluangkan waktu untuk melakukan refleksi atas hal-hal yang telah kamu lakukan selama tahun 2019.

Cukup dengan mensyukuri hal apapun yang sudah terjadi dan menjadikannya sebagai motivasi, untuk menjadi pribadi yang lebih baik di tahun 2020. Namun, jika ada sesuatu yang kurang baik terjadi di tahun 2019, kamu bisa menjadikannya sebagai pelajaran hidup.

Kesalahan Dalam Membuat Resolusi

Sebelumnya kamu sudah mengetahui tips apa saja yang perlu kamu lakukan ketika membuat resolusi 2020. Karena pada dasarnya, menyusun langkah yang tepat dapat meminimalisir kegagalan tercapainya sebuah resolusi.

Ketika resolusi yang kamu buat sudah tersusun rapi, tidak menutup kemungkinan jika beberapa kesalahan dapat terjadi. Di bawah ini CekAja.com akan memaparkan bentuk-bentuk kesalahan yang tanpa sadar sering dilakukan oleh banyak orang dan menjadi faktor penyebab gagalnya sebuah resolusi.

  • Hanya Fokus Pada Hal-hal Besar

Faktor pertama yang akan membuat resolusi 2020 kamu mungkin akan gagal, yaitu ketika kamu hanya terfokus pada hal-hal yang besar saja. Dimana, resolusi yang kamu inginkan tidak spesifik dan terlalu umum.

Hal tersebut terlalu ambigu, sehingga kemungkinan resolusi kamu akan terwujud sedikit. Sebaiknya kamu perkecil lingkup targetmu, misalnya seperti “di tahun 2020, saya ingin memiliki pekerjaan dengan gaji sekian”. Dengan demikian kemungkinan resolusimu terwujud lebih besar.

  • Update Perkembangan

Ketika kamu dalam proses mewujudkan resolusi yang telah kamu buat sebelumnya, pastikan kalau kamu selalu memantau perkembangan yang sudah kamu lakukan.

Hal tersebut penting dilakukan agar kamu tetap melakukannya hingga selesai dan mengetahui sudah sejauh mana kamu berhasil mewujudkan resolusi tersebut.

  • Gampang Menyerah

Gampang menyerah merupakan suatu kondisi dimana kamu merasa gagal dalam beberapa percobaan ketika akan mewujudkan resolusimu, lalu kehilangan semangat, sehingga kamu merasa sudah tidak mampu untuk mewujudkannya dan memilih untuk menyerah.

Seharusnya kamu sudah bisa memprediksikan, kapan sekiranya masa jenuh, gagal dan malas datang. Sehingga kamu sudah bisa mempersiapkan diri dan tidak membuatmu mudah menyerah.

  • Tidak Percaya Diri

Kesalahan yang sering kali menjadi penghambat dalam mewujudkan resolusi adalah rasa tidak percaya diri pada diri sendiri. Dimana, kamu merasa tidak yakin dan mampu mewujudkannya.

Rasa tidak percaya diri sering dijumpai pada orang-orang yang mempunyai resolusi terlalu besar. Maka dari itu, sebaiknya buatlah resolusi yang sekiranya kamu yakin dapat mewujudkannya. Hal tersebut dapat berupa resolusi-resolusi kecil yang nantinya akan membawamu ke tujuan dan harapan besarmu.

(Baca Juga: Datengin yuk, 5 Tempat Asyik Untuk Menikmati Tahun Baru di Indonesia!)
  • Terlalu Lama Menunda

Kesalahan terakhir namun secara tidak sadar sering dilakukan oleh banyak orang adalah kebiasaan menunda terlalu lama.

Pada dasarnya, jika kamu memiliki target dan keinginan, kamu tidak harus menunggu tahun baru untuk mewujudkannya. Karena, kamu bisa memulainya dari sekarang dan menjadikannya sebagai resolusi.

Apabila kamu memiliki sebuah target, lalu kamu menundanya sampai tahun baru, hal tersebut hanya akan membuatmu kehilangan semangat. Sehingga peluang untuk gagalnya resolusimu terwujud semakin besar.

Maka dari itu, jika kamu memiliki target dan harapan yang masuk ke dalam resolusimu, sebaiknya dilakukan lebih cepat, apabila waktu dan kesempatannya memungkinkan.

Seperti misalnya kamu memiliki target untuk menurunkan berat badan sebanyak 10 kg di tahun 2020, maka kamu tidak perlu menunggu datangnya tahun 2020 untuk mewujudkannya. Jika waktu dan kesempatannya memungkinkan, kamu bisa melakukannya lebih cepat.

Namun, kamu juga perlu memperhatikan pentingnya kesehatanmu ya. Ada baiknya jika kamu melindungi diri dengan asuransi kesehatan, agar di tahun 2020 nanti kesehatan kamu semakin terjamin.

Kamu juga tak perlu bingung memilih perusahaan asuransi kesehatan mana yang akan kamu gunakan, karena kamu bisa langsung membandingkan serta mengajukannya dengan mudah dan cepat di CekAja.com, perusahaan financial technology terpercaya yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Yuk ajukan sekarang!

Tentang Penulis