Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

4 Keuntungan Membuat Website Gratis Bagi Pebisnis

by lhmdi on 4 Desember, 2017

Dengan perkembangan internet, kini semua bisnis beralih ke toko online. Bahkan tawaran buat website gratis banyak tersedia untuk pebisnis pemula.

Dua puluh tahun lalu, membuka toko berbentuk fisik jadi satu-satunya pilihan untuk berdagang dan menjual barang. Kini dunia internet memang merubah segala cara dan praktik bisnis konvensional. Mulai dari cara belanja online, cara membandingkan barang, cara mencari informasi produk, cara membayar, dan cara-cara lainnya.

Pada akhirnya jika ingin sebuah bisnis berkembang, maka memiliki situs web menjadi keharusan yang tidak bisa ditawar. Sayangnya tidak semua pelaku memiliki kebutuhan modal kerja yang cukup, atau setidaknya pengetahuan tentang cara membuat website sendiri.

Sebenarnya bagi pebisnis yang ingin memasarkan usahanya secara online dengan modal yang tidak terlalu besar bisa memilih membuat situs online gratis yang disediakan oleh beberapa layanan. Sebut saja seperti WordPress, Drupal, Joomla, hingga Shopify. Berbagai layanan tersebut juga bisa membantu kita membuat toko online.

Beberapa layanan tersebut memang disediakan dalam dua versi, baik yang gratis dan juga berbayar. Seperti WordPress misalnya. Layanan yang cukup populer digunakan ini merupakan aplikasi open source yang bisa digunakan di server atau hosting untuk membuat sebuah situs web.

Pada awal dikenalkan tahun 2007 yang lalu,  WordPress sangat dikenal bagi masyarakat yang akan membuat sebuah blog. Namun seiring perkembangan waktu, banyak pengguna yang menggunakan layanan ini untuk dijadikan sebuah toko online dimana pebisnis bisa menawarkan produknya lewat internet.

Nah, bagi pebisnis yang masih belum pernah menggunakan beberapa layanan yang disebutkan di atas, berikut adalah keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan:

1. Bisa manfaatkan fitur yang berguna buat pemasaran produk

Layanan dari masing-masing aplikasi open source ini tentunya sudah bisa kita nikmati secara gratis atau tanpa berbayar. Namun, di dalamnya terdapat beberapa fitur-fitur lain yang bisa dimaksimalkan.

Beberapa diantaranya adalah fitur kapasitas penyimpanan gambar, pengendali kata kunci (keyword) agar mudah dibaca oleh mesin pencari hingga tema atau tampilan website yang sudah direncanakan.

WordPress misalnya. Menyediakan layanan All-In-One SEO Pack pada layanan gratis yang akan dipilih oleh masyarakat yang ingin membuat website gratis untuk bisnis mereka.

Tujuan dari kehadiran All-In-One SEO Pack ini bertujuan agar orang lain atau konsumen lebih mudah untuk menemukan bisnis yang kita publikasikan di website melalui mesin pencari seperti Google.

Bahkan, bagi kita yang menawarkan produk yang terhubung dengna laynaan afiliasi dari layanan Amazon, WordPress menyediakan plugin gratis yang diberi nama Amazon Reloaded.

Bagi yang mengembangkan bisnisnya melalui layanan afiliasi ini tentunya akan membantu konsumen untuk menemukan barang-barang yang mereka inginkan dengan melihat referensi dari website yang kita siapkan.

Jika sudah puas dengan semua fitur gratis dari layanan yang dipilih, dan mendapatkan hasil yang memuaskan, tentunya tidak salah mencoba layanan premium atau berbayar agar bisnis yang kita lakukan akan semakin sukses.

2. Keamanan website tetap terjamin

Beberapa toko online yang menggunakan hosting gratis seperti WordPress biasanya sangat aman dan jarang mengalami serangan atau diganggu oleh para hacker atau peretas dunia maya.

Layanan website hosting gratis WordPress menghadirkan Wordfence yaitu plugin yang memberikan keamanan seperti pemeriksaan berkala terhadap sebuah website yang diduga diserang virus. Wordfence yang berbentuk Plugin mampu melakukan pemeriksaan terhadap source code sebuah website secara mendalam dan detil.

Bahkan, dengan kehadiran plugin buatan WordPress ini,  performa website pun bisa mampu bekerja lebih 50 kali lebih cepat dibandingkan tanpa menggunakan plugin. Nah, dengan kehadiran layanan keamanan yang gratis ini tentunya tepat bagi kita yang ingin mengelola bisnis dengan menggunakan website.

3. Mencoba layanan hosting apakah stabil atau tidak

Salah satu hal penting saat mengelola sebuah website adalah, apakah layanan hosting tersebut memiliki performa yang stabil. Nah, disni para pebisnis bisa mencoba terlebih dahulu layanan gratis sebelum melanjutkannya dengan menggunakan layanan premium.

Jika sebuah website dengan hosting gratis memiliki performa yang sudah stabil, maka bisa dipastikan penyedia jasanya memiliki kapasitas layanan premium yang juga bagus.

Misalnya, jika kita pertama kali mencoba layanan gratis, pastikan apakah beban server tidak bermasalah ketika website dikunjungi oleh banyak pengguna.

Nah, jika sudah puas dengan layanan website dan hosting gratis kita bisa melanjutkannya dengan mengajukan pembuatan website yang menggunakan hosting berbayar.

4. Gratis biaya perawatan

Berencana membuat dan memilih website gratis berarti seorang pebisnis nantinya tidak akan dibebankan biaya perawatan. Biaya perawatan ini sendiri biasanya akan terkait dengan hal-hal seperti server sedang bermasalah atau saat mengelola bandwith.

Namun, ada konsekuensinya jika menggunakan website gratis. Salah satunya adalah jika servr sedang mengalami penurunan kinerja dan berimbas pada semua layanan, maka website gratis yang dipilih akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk tampil dalam performa seperti semula.

Biasanya layanan website gratis akan lebih memprioritaskan pelanggan yang menggunakan website berbayar terlebih dahulu.

Keuntungan Memiliki Website Sendiri Bagi Pebisnis

Kehadiran teknologi internet yang tumbuh begitu cepat mempermudah setiap kegiatan yang dilakukan, termasuk bagi pebisnis dalam mengembangkan usahanya.

Salah satu media yang mendukung perkembangan usaha adalah melalui website, yang merupakan tempat untuk bertukar informasi kepada konsumen.  Selain untuk bertukar informasi kepada konsumen, website sendiri memiliki keuntungan lainnya bagi pebisnis. Apa saja ya?

1. Jauh lebih hemat daripada membuka toko fisik

Pemilik sebuah usaha atau bisnis mungkin masih berpikir bahwa mngelola sebuah website membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bahkan, beberapa pemilik usaha masih berencana mmbuka toko fisik dimana biaya untuk membuatnya juga tidak kalah besar.

Namun, dengan kehadiran website gratis, semuanya bisa diatasi. Beberapa layanan website gratis seperti WordPress atau Shopify bisa dimodifikasi lebih cantik dan dinamis, sehingga pemilik usaha bisa mencobanya terlebih dahulu.

Jika puas dan konsumen semakain ramai berkunjung ke website yang dikelola, maka seorang pengusaha bisa beralih ke website premium atau berbayar untuk meningkatkan kredibilitas usaha yang dijalankan.

Tidak hanya itu, membuat dan menyiapkan toko fisik terkadang membutuhkan promosi yang besar pula. Namun, melalui sebuah website, biaya promosi bisa lebih ringan, salah satunya adalah dengan menggunakan media sosial.

2. Memudahkan pelanggan mendapatkan informasi terbaru

Jika seorang pemilik usaha atau bisnis berencana untuk menyiapkan toko, mereka pasti membutuhkan media seperti brosur atau katalog bisnis untuk menarik minat beli konsumen.

Sementara itu jika menggunakan website, maka penggunaan brosur atua katalog sudah tidak diperlukan lagi. Di dalam sebuah website pebisnis sudah bisa menyiapkan katalog produk mereka sendiri.

Melalui website, setiap konsumen atau calon konsumen akan lebih mudah mendapatkan informasi terbaru tentang produk yang ditawarkan. Tentunya lebih hemat dan murah ktimbang menyiapkan brosur atau katalog sendiri setiap produk baru akan dijual melalui sebuah toko.

3. Website lebih mudah dalam mendapatkan konsumen baru

Jika ingin memiliki toko fisik, kemungkinan untuk mendapatkan konsumen baru akan membutuhkan proses dan waktu yang cukup lamat.

Seorang pebisnis pastinya membutuhkan media lain atau setidaknya berpromosi untuk mendapatkan konsumen baru.

Sementara itu, melalui sebuah website, kemungkinan untuk mendapatkan konsumen baru tidak terlalu membutuhkan waktu dan proses yang lama.

Berkat internet dan penggunaan beberapa kata kunci yang tetap tentang produk yang akan ditawarkan akan membuka peluang untuk mendapatkan konsumen baru.

4. Tautan ulasan dan media sosial adalah promosi yang efektif

Hampir di saat akan membuat website, disediakan fitur ulasan atau dalam website gratis dikenal dengan nama comment.

Selain itu, saat membuat website gratis atau berbayar, beberapa layanan sudah menyiapkan fitur bernama plug-in media sosial, sehingga bisa menghubungkan siapa saja bahkan pelanggan baru untuk mengetahui dan berbagi tentang produk yang ditawarkan.

Menggunakan website setidaknya akan membantu promosi produk jadi lebih efektif daripada harus mengumpulkan konsumen baru dengan cara yang membutuhkan waktu dan energi lebih.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.