Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Memilih Asuransi Properti untuk Rumah Anda

by JTO on 2 September, 2014

Asuransi properti masih belum terlalu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Padahal properti seperti rumah atau gudang merupakan aset penting yang harus Anda lindungi.

Kebanyakan, alasan seseorang terhadap asuransi properti adalah karena menyangsikan keuntungan yang nantinya diperoleh. Padahal, rumah adalah tempat tinggal yang tentu saja membutuhkan perlindungan risiko apabila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti banjir atau kebakaran. Apalagi Anda tinggal di daerah yang rawan banjir atau daerah yang cukup padat penduduk maka perlindungan asuransi properti akan menanggung sebagian risiko sesuai dengan nilai pertanggungan yang telah disepakati. Asuransi akan mengganti rugi kerugian yang diderita sesuai dengan polis yang telah disepakati. Apabila Anda tertarik dengan asuransi properti, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam memilih asuransi properti:

  1. Lihat Reputasi

Reputasi perusahaan adalah bagian penting dari produk asuransi. Jangan sampai Anda memilih produk asuransi dari perusahaan yang ilegal dan mempunyai reputasi buruk dalam klaim. Pilihlah perusahaan yang terdaftar di AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia) dan Bapepam-LK (Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan). Anda juga bisa meminta rekomendasi dari keluarga atau teman – teman yang mempunyai asuransi properti perusahaan yang reputasinya baik. (Baca juga: 10 Cara yang Bisa Bikin Kamu Untung Besar Ketika Bisnis Sewa Properti)

  1. Sesuaikan Kebutuhan

Anda perlu menyesuaikan kebutuhan Anda dengan polis yang Anda ambil. Anda bisa saja mengambil polis asuransi yang paling komprehensif dengan polis yang mahal tetapi sebaiknya Anda perlu menyesuaikan kebutuhan dengan polis Anda untuk menghemat biaya tahunan yang dibayarkan. Contohnya, Anda tidak perlu memilih perlindungan banjir apabila rumah berada di dataran tinggi, atau Anda tidak perlu memilih perlindungan tanah longsor apabila Anda berada di dataran rendah. Penyesuaian kebutuhan Anda dengan produk asuransi yang diambil akan menghemat biaya polis Anda. (Baca juga: 6 Cara Punya Properti Tanpa Modal)

  1. Bandingkan Produk

Perusahaan Asuransi mengeluarkan berbagai macam produk asuransi dengan berbagai fitur dan keuntungan. Anda perlu membandingkan seluruh produk dari berbagai perusahaan untuk mendapatkan asuransi yang paling cocok dengan kebutuhan dengan biaya polis yang rendah. Anda bisa membandingkan produk asuransi secara cepat dengan klik disini.

  1. Pelajari Polis

Polis merupakan perjanjian antara Anda dan perusahaan asuransi. Anda wajib untuk memahami setiap poin dari polis yang tertulis dalam polis tersebut. Apabila masih ada poin dalam polis yang tidak dimengerti, Anda perlu menanyakan hingga jelas agar tidak terjadi kesalahpahaman di masa yang akan datang. (Baca juga: Strategi Miliki Properti Rp2 miliar Sebelum Usia 30 Tahun)

  1. Tanyakan Prosedur

Hal yang selalu penting dalam asuransi adalah, Anda perlu memahami prosedur klaim apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Mintalah agen Anda untuk menjelaskan prosedur klaim agar Anda bisa segera melakukan klaim apabila terjadi hal yang tidak diinginkan sesuai dengan polis yang telah disepakati.

Dengan berbagai manfaat dan keuntungan yang ditawarkan dari asuransi properti. Anda perlu mempertimbangkan produk asuransi properti untuk melindungi aset properti berharga seperti rumah atau gudang dari berbagai risiko yang bisa terjadi kapan saja.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami