Memilih Asuransi Terbaik Untuk Mobil Usia Tua Kamu

7 min. membaca Oleh Maria Nofianti on

Melihat tayangan melalui televisi atau pun menyaksikan langsung berita beberapa hari terakhir ini sepertinya membuat kita menganga.

Bencana banjir menjadi headline di mana-mana, dan yang membuat kita menganga adalah banyaknya mobil yang terseret banjir, tak hanya mobil murah, mobil mahal sekalipun ikut hanyut terseret air.

Asuransi Untuk Mobil Usia Tua

Namun ada juga yang viral, mengenai mobil angkot tua yang berhasil menerobos banjir dengan gagahnya.

Hal semacam ini mungkin efek dari banjir, dimana mobil-mobil yang terkena banjir, pastilah kondisinya tak sebaik sebelumnya, dan pasti ada saja bagian yang rusak dan kinerjanya menurun, atau bahkan ada yang rusak berat dan penyok sana-sini. Inilah kenapa, setiap mobil sebaiknya memiliki asuransi terbaik.

Dan tak hanya mobil baru saja yang diasuransikan, mobil tua pun perlu diasuransikan. Jadi tak hanya rumah, jiwa, pendidikan, dan ponsel saja yang diasuransikan, kendaraan juga wajib memiliki asuransi yang akan membuatnya berada dalam keadaan baik kembali setelah diterjang banjir.

Nah, bagi kamu yang memiliki mobil dengan usia tua pasti ada rasa was-was jika tidak diasuransikan, terlebih suku cadangnya yang semakin hari semakin mahal untuk mobil tua dan langka.

Biasanya orang yang memiliki mobil tua adalah orang-orang yang suka akan hal-hal vintage atau kamu adalah orang yang sangat menyayangi apa yang sudah kamu punya.

Jika kamu adalah seorang kolektor mobil tua sudah pasti kamu akan berpikir untuk membeli asuransi bagi mobil tua kamu, agar jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kamu bisa lebih aman.

Namun asuransi mobil tua juga bukan hanya untuk para kolektor mobil tua nan antik saja.

Misalkan kamu juga mempunyai mobil yang cukup tua dari keluargamu maka tidak ada salahnya juga membeli asuransi untuk mobil itu.

Siapapun kamu, dalam membeli asuransi terbaik untuk mobil usia tua maka kamu harus memahami beberapa hal dibawah ini dulu yaitu :

  • Memahami Perlindungan dari Comprehensive Insurance/All Risk

Saat mengambil asuransi untuk mobil tua, cobalah pahami mengenai perlindungan Comprehensive Insurance. Ini penting karena sebagian besar konsumen lebih menyukai untuk memilih asuransi jenis ini.

Meskipun pada asuransi jenis ini biaya preminya lumayan tinggi, kamu akan mendapatkan jaminan atau ganti rugi sebagian atau seluruhnya jika terjadi kerusakan. Ini jelas sesuatu hal yang setimpal.

Misalnya jenis kerusakan yang akan diganti secara keseluruhan adalah kecelakaan di jalan raya, pencurian, terkena musibah kebakaran atau hal-hal lain yang bisa menyebabkan mobil tua kamu rusak tanpa sengaja.

Perlindungan ini sangat penting, apalagi jika mobil tua kamu memiliki banyak kenangan, tentu saja akan sangat disayangkan jika terjadi kerusakan namun kamu tak memiliki asuransi, dan pembiayaan yang harus dikeluarkan banyak.

Karena boleh dibilang perbaikan untuk mobil tua biasanya lebih banyak.

  • Memahami Perlindungan Asuransi Total Loss Only (TLO)

Asuransi Total Loss Only

Ini adalah jenis asuransi yang melakukan pembayaran klaim atas kerusakan mobil tua kamu, jika kerusakan yang dialami lebih dari 75%, entah itu dari bencana alam atau hal lainnya.

Ini penting, terlebih untuk kamu yang tinggal di daerah yang rawan bencana seperti longsor dan banjir, tentu saja asuransi sangat dibutuhkan.

Jika mobil tua kamu mendapatkan kerusakan dibawah 75% maka perusahaan asuransi tidak akan membayar kerugian yang kamu hadapi.

Ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapat dengan asuransi jenis TLO ini.

Jika kamu mengalami kecelakaan dan mobil kamu rusak di atas 75% maka asuransi akan melakukan penggantian secara penuh, kamu juga membayar premi yang lebih murah dan jika terjadi kehilangan maka asuransi nakan memberikan penggantian dan biasanya ini lebih rendah 10% dari harga aslinya.

  • Membandingkan Beberapa Asuransi dari Perusahaan yang Berbeda

Untuk mendapatkan asuransi terbaik untuk mobil usia tua kamu, sebaiknya kamu tak ragu untuk membandingkan beberapa produk asuransi dari perusahaan yang berbeda-beda.

Hal yang harus kamu pertimbangkan antara lain nilai premi yang harus kamu bayar apakah sesuai dengan proteksi yang akan kamu terima, bagaimana keuntungan dan kerugian jenis asuransi bila dibandingkan dengan fitur dan proses mengklaimnya, apakah perusahaan asuransi itu memiliki banyak konsumen serta adakah cabang dari perusahaan itu.

Ini menunjukkan jika konsumen banyak maka otomatis perusahaan asuransi itu memiliki cabang di tempat lain dan menandakan manajemennya juga baik.

(Baca Juga: Harga Emas Antam Kembali Naik, Meski Cuma Seceng)

Biasanya asuransi mobil tua memang harus membayar premi yang cukup tinggi.

Karena memang perbaikannya yang boleh dibilang lebih susah, dan suku cadangnya seringkali lebih mahal.

Jadi ini juga berlaku dalam menentukan berapa premi yang harus dibayarkan ternayat tergantung dari beberapa hal di bawah ini :

  • Tahun mobil. Tahun produksi mobil berbanding lurus dengan premi. Sehingga semakin tua usia mobil maka harga premi yang harus kamu bayarkan juga akan makin tinggi. Seperti halnya harga mobil yang semakin antik akan semakin mahal.
  • Harga mobil. Seperti yang sudah disinggung di atas, harga mobil ternyata juga mengikuti nilai preminya. Jika mobil kamu mempunyai nilai tinggi maka premi yang kamu bayar juga tinggi. Apalagi jika kasusnya adalah mobil antik, maka ini akan semakin tinggi karena disamping harga mobilnya juga ternyata harga suku cadang mobil antik mahal dan juga langka. Ini tentu saja sangat berpengaruh pada premi.
  • Jenis pelat nomor. Jika pelat nomor mobil kamu sesuai dengan wilayah ternyata juga memiliki pengaruh terhadap berapa premi yang harus dibayar. Hal ini terkait dengan semua bengkel yang ada di kota asal pelat nomor mobil itu.

Setelah kamu memahami hal-hal diatas maka selanjutnya kamu harus pertimbangkan faktor-faktor ini saat memilih asuransi terbaik untuk mobil tua kamu :

  • Ingat Tujuan Kamu Mempunyai Mobil Tua

Mobil Tua

Ingatlah, apa tujuannya mempunyai mobil tua. Apakah untuk menyimpan dan menjaga kenangan, atau kamu seorang kolektor atau hanya orang yang menyukai mobil tua untuk berkendaran sebagai moda transportasi utama.

Maka ini akan sangat berpengaruh untuk menentukan asuransi jenis apa yang terbaik. Seperti yang sudah diketahui bahwa asuransi mobil ada dua jenis yaitu TLO dan All Risk.

Secara umum mobil tua hanya memiliki satu jenis asuransi saja yaitu TLO. Mobil dengan usia yang tua tidak banyak yang memberikan asuransi All risk karena ketersediaan onderdilnya yang semakin tua akan semakinlangka dan mahal.

Jika menggunakan TLO ini akan lebih mudah bagi perusahaan asuransi untuk menanggungnya.

Jika kamu hanya sebagai kolektor mobil tua dan antic maka kamu sebaiknya memilih asuransi TLO.

Sedangkan kamu yang sering menggunakan mobil tua kamu sebagai tarnsportasi bisa memilih all risk asalkan usia mobil kamu masih di bawah 10 tahun.

  • Besaran Premi yang Harus Dibayar

Besaran premi yang harus dibayar untuk mobil bekas biasanya akan lebih mahal bila dibandingkan mobil baru.

Ini adalah hal yang wajar karena makin tua mobil maka akan makin rentan untuk rusak.

Secara umum mobil yang usianya di atas 5 tahun akan dikenai biaya tambahan 5%. Namun jika usia mobil kamu sudah lebih dari 10 tahun maka biaya tambahannya bisa mencapai 10%.

Hal lain yang mempengaruhi premi asuransi mobil tua makin tinggi adalah riwayat mengemudi serta lokasi kamu.

Jika mobil kamu tidak dilengkapi dengan fitur keamanan yang bagus maka makin tinggi premi yang dibayar. Begitu juga dengan lokasi

Lokasi dengan tingkat pencurian tinggi maka kamu juga akan beresiko tinggi kehilangan mobil tua kamu.

  • Kondisi Mobil

Kondisi Mobil

Beberapa perusahaan asuransi akan lebih dulu melakukan semacam survey untuk mobil tua kamu, karena ini akan menjadi satu pertimbangan apakah bisa memenuhi syarat untuk memberikan perlindungan.

Perusahaan akan memberikan proteksi terhadap mobil tua kamu setelah pengecekan secara keseluruhan. Kamu juga harus melengkapi surat resmi kepemilikan mobil tersebut.

Ada juga beberapa perusahaan asuransi yang memberi syarat  bahwa mobil yang bisa ditanggung maksimal adalah berusia 20 tahun.

Ini juga disurvei dulu lewat beberapa komunitas dan bengkel tentang seberapa banyak mobil tua kamu beredar.

  • Biaya Pengadaan Onderdil

Semakin tua mobil kamu maka tingkat resiko kerusakan juga semakin tinggi. Apalagi untuk mobil lawas ini sudah pasti akan susah untuk memperbaikinya.

Beberapa suku cadang akan sulit untuk menemukannya saat akan memperbaiki mobil tua kamu.

Hal inilah yang membuat beberapa perusahaan asuransi akan menolak memberikan proteksi kepada mobil tua kamu.

Ketersediaan suku cadang yang langka dan mahal mungkin akan tidak sebanding dengan premi yang ditawarkan perusahaan asuransi.

Memiliki mobil tua adalah hal yang beresiko. Kamu akan membayar lebih banyak bila mobil itu mengalami kerusakan.

Bahkan mungkin kamu akan membayar uang dengan jumlah yang lebih banyak bila dibandingkan kamu membeli asuransi.

  • Latih Kemampuan Menyetir

Latih Kemampuan Menyetir

Mengendarai mobil tua mungkin akan sedikit repot bila dibanding mobil baru dengan fitur yang lebih praktis dan berteknologi tinggi.

Mungkin kamu akan mendapatkan perusahaan asuransi yang menyanggupi untuk memproteksi mobil tua kamu.

Namun kamu juga harus berhati-hati dalam mengendarainya. Perusahaan asuransi akan melakukan pengecekan secara menyeluruh jika kamu mengajukan klaim bahkan jika itu hanya gara-gara cara menyetirmu yang buruk.

Itu tidak akan menjadi hal yang bisa kamu klaim nantinya. Karena jelas perusahaan asuransi pun tidak mau dirugikan.

Memiliki mobil tua memang memerlukan kemampuan khusus dan memiliki kemauan untuk selalu menjaga mobil agar tetap dalam kondisi baik, karena ada kalanya mempunyai mobil tua itu sebuah kebanggaan bagi kamu.

Namun di sisi lain kamu perlu ingat bahwa mobil tua kamu memerlukan perawatan dan juga biaya perbaikan yang cukup besar nantinya.

Maka dari itu membeli asuransi terbaik untuk mobil usia tua adalah hal yang tepat.

Terlebih jika kamu memilih memiliki mobil tua itu karena warisan atau kenangan yang ada dalam mobil itu, tentu saja akan sangat berguna jika memiliki asuransi yang akan menjamin keadaan mobilmu dalam keadaan baik.

Semoga semua informasi yang diberikan kali ini bisa membantu kamu dalam memilih asuransi yang tepat ya. Jika bingung, segera bandingkan dan ajukan sesuai kebutuhan kamu di CekAja.com

Tentang kami

Maria Nofianti

Maria Nofianti