Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mempersiapkan Persyaratan Pinjaman Ke Bank

by lhmdi on 29 Desember, 2016

pinjaman bank - CekAja.com

Meskipun terasa berat, namun tidak jarang pula masyarakat tetap memenuhi persyaratan pinjaman ke bank. Mulai dari pinjaman dengan agunan atau pinjaman tanpa agunan.

Selain itu tujuan pinjaman pun bervariasi, mulai dari untuk mengembangkan usaha yang termasuk dalam kategori kredit produktif atau kredit konsumtif yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Syarat melakukan pinjaman uang atau mengajukan kredit di bank sebetulnya sangat mudah dilakukan. Meskipun kebijakan antar bank dengan yang lainnya berbeda-beda. Agar dapat disetujui dan dilakukan dengan mudah, ketahui syarat-syarat yang perlu dipersiapkan menjelang mengajukan pinjaman ke bank:

  1. Pertama siapkan kartu tanda penduduk atau KTP asli beserta salinannya berupa fotokopi. Jika sudah menikah, maka kamu diwajibkan juga untuk membawa KTP suami atau Istri. Tujuannya adalah agar pinjaman tersebut diketahui oleh kedua pihak.
  1. Bagi kamu yang sudah menikah, Akta NIkah pun harus dipersiapkan sebagai salah syarat untuk mengajukan pinjaman. Tujuannya adalah agar bank dapat mengetahui apakah terdapat barang atau harta yang digunakan sebagai jaminan.
  1. Siapkan dokumen berupa kartu keluarga atau KK beserta salinannya yang sudah difotokopi.
  1. Siapkan pula buku tabungan sebagai bukti yang wajib diajukan ke pihak bank. Cara ini agar pihak bank bisa memonitor berapa besar kesiapan kemampuan finansial seorang calon nasabah dalam membayar cicilan jika pinjaman disetujui.
  1. Bagi kamu yang berstatus sebagai karyawan dan berniat melakukan pinjaman melalui bank, maka persyaratan berikutnya adalah fotokopi slip gaji.
  2. Persyaratan pinjaman ke bank berikutnya adalah menyiapkan jaminan, jika kamu memilih layanan kredit dengan agunan atau melakukan pinjaman di lembaga keuangan seperti Pegadaian yang rata-rata melampirkan jaminan sebagai persyaratannya.

Jaminannya pun bervariasi, mulai dari sertifikat tanah, apartemen, rumah, hingga surat BPKB. Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen aslinya beserta salinan berupa fotokopi jika kamu ingin mengajukannya pinjaman ya!

Langkah-langkah Setelah Menyiapkan Persyaratan Pinjaman Ke Bank

Sekarang saatnya bersiap ke bank untuk mengajukan pinjaman. Namun sekali lagi, jangan lupa untuk memeriksa kembali dokumen-dokumen yang dipersiapkan. Hal penting yang harus kamu lakukan ketika sudah tiba di bank adalah bertanya kepada petugas keamanan untuk mengambil antrian yang khusus untuk melayani pengajuan pinjaman.

Selanjutnya utarakan keinginan kamu untuk mengajukan pinjaman, dan kemudian petugas bank akan memeriksa persyaratan yang sudah ditentukan. Setelah itu akan disampaikan juga beberapa pengarahan atau syarat ketentuan, dan setelah memahami serta mengerti, maka kamu akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan pinjaman.

Keputusan apakah pinjaman yang kamu ajukan disetujui atau tidak bergantung pada pihak bank dan persyaratan yang sudah dilengkapi. Oleh karena itu, tunggulah dalam jeda waktu satu hingga lima hari untuk mendapat kepastian apakah pinjaman yang diajukan disetujui oleh pihak bank.

Biasanya pihak bank akan menghubungi nomor telepon atua ponsel yang tertera di dalam formulir pengajuan. Oleh karena itu aktifkan selalu ponsel kamu agar pihak bank mudah menghubungi. Mudahkan, melakukan pinjaman ke bank?

Maksimalkan pinjaman

Jika kamu sudah mendapatkan pernyataan resmi dari pihak bank bahwa pinjaman disetujui, jangan lupa untuk memaksimalkan pinjaman yang didapatkan. Jika mencari pinjaman untuk kebutuhan modal usaha, segera lakukan pemenuhan untuk kebutuhan usaha. Mulai dari mempersiapkan hal-hal yang kecil hingga hal-hal besar dan memaksimalkannya dengan bijak.

Jika kredit yang diajukan bertujuan untuk konsumtif maka sebaiknya langsung fokuskan untuk memenuhi kebutuhan yang kamu inginkan. Misalnya digunakan untuk kredit mobil atau kendaraan bermotor. Jika masih tersisa, meskipun sedikit segera ditabung dan disishkan sebagai cara untuk melunasi tagihan cicilan yang dibebankan saat melakukan pinjaman.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.