Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Mau Memulai Bisnis Pulsa? Pakai 5 Tip Sukses Ini

by Surtan Siahaan on 14 Desember, 2017

memulai bisnis - CekAja.com

Bagi yang ingin mulai berwirausaha namun modalnya terbatas, tidak ada salahnya menjajal bisnis pulsa. Jika digarap serius bukan mustahil bisa sukses.

Alasannya, pulsa merupakan barang dagangan yang tidak pernah sepi peminat. Semua orang yang menggunakan handphone pasti membutuhkan pulsa. Padahal, sekarang ini hampir semua orang menggunakan handphone.

Sama seperti bisnis pada umumnya, berjualan pulsa tentu membutuhkan strategi agar bisa sukses. Karena tanpa strategi yang jelas, kita tidak akan punya kelebihan dibandingkan ratusan bahkan ribuan pengusaha jual-beli pulsa yang lain.

Agar usaha pulsa yang rekan CekAja jalankan bisa sukses, sebaiknya lakukan sejumlah tip berikut ini.

1. Pilih server terbaik

Server yang kita gunakan turut berpengaruh pada bisnis pulsa. Oleh karenannya, agar bisnis untung dan memuaskan pelanggan, cobalah untuk menggunakan jasa server terbaik.

Buat rekan CekAja yang masih bingung, sekadar informasi saja, penyedia server pulsa merupakan perangkat komputer yang telah dipasangi software pulsa yang terhubung dengan sejumlah modem berisi stok pulsa chip seperti MKIOS, MTRONIK, DOMPUL, VTRI dan lain sebagainya.

Cara kerja server pulsa sendiri sangat sederhana. Misalnya, penjual pulsa melakukan perintah pengisian pulsa sejumlah Rp 10 ribu kepada Telkomsel.

Perintah tersebut ditujukan pada sms center server pulsa yang nantinya akan memberi perintah lanjutan pada MKIOS untuk mengirimkan pulsa sejumlah Rp 10 ribu pada nomor tertentu.

Secara sederhana, penyedia server pulsa adalah penyedia sistem yang menjadi perantara antara penjual dengan provider baik Telkomsel, Indosat, Three, XL dan lain sebagainya.

Contoh penyedia server pulsa yang bisa ditemukan di dunia maya di antaranya:

1. ABAtronik (Solo)

2. PORTAL PULSA (Sragen)

3. INDOFLASH (Semarang)

4. Venus Reload ( Tangerang)

5. TIM Reload (Jakarta)

Setelah mengetahui nama-nama penyedia server pulsa, berikut ini tips yang harus diperhatikan saat memilih server pulsa:

Berapa harga dasar pulsa yang diberikan

Keuntungan yang diperoleh penjual pulsa berasal dari selisih yang diperoleh dari harga dasar dan harga jual. Semakin rendah harga dasar, tentu semakin besar keuntungan kita sebagai penjual. Untuk itu, cobalah memilih server yang memberikan harga dasar paling menarik.

(Baca juga: Trik Memilih Internet Rumah)

Perhatikan kualitas pelayanan

Selain memperhatikan harga dasar, perhatikan juga pelayanan yang bisa diberikan. Untuk itu, selidiki latar belakang dan pengalaman penyedia server. Jangan hanya terlena dengan harga murah yang diberikan.

Pelayanan dan support wajib 24 jam

Tanyakan juga apakah layanan dan support bisa dilakukan 24 jam? Hal ini penting karena pembelian pulsa bisa saja terjadi pada malam bahkan dini hari.

Gratis biaya pendaftaran atau tidak?

Sebagian penyedia server pulsa mematok biaya pendaftaran bagi penjual pulsa yang ingin menggunakan jasanya.

Namun, tidak sedikit juga yang membebaskan biaya. Untuk menghemat modal, pilih server yang tidak memungut biaya pendaftaran. Namun, pastikan juga kualitas dan track record-nya baik.

Transaksinya mudah

Cari penyedia server pulsa yang memberikan kemudahan transaksi. Misalnya, distributor yang menyediakan alterbatif pengisian pulsa tidak hanya melalui SMS melainkan aplikasi pesan instan lain. Jadi, kita tak perlua mengeluarkan uang lagi untuk melakukan transaksi.

Jika penyedia server mengharuskan kita untuk menyetor dana sebagai deposit, pastikan rekening bank yang digunakan sama dengan rekening yang kita punya untuk menghemat biaya transfer.

Pastikan bisa berjualan seluruh operator

Saat memilih penyedia, pastikan menggunakan chip all-operator yang bisa digunakan untuk menjual pulsa seluruh operator GSM. Dengan cara ini kita tak perlu memiliki banyak handphone atau pernagkat untuk melakukan transfer pulsa pada pembeli.

2. Jangan hanya punya satu server

Untuk menghindari masalah yang datangnya dari penyedia server, sebaiknya gunakan lebih dari satu server. Sehingga, ketika terjadi gangguan kita maish bisa tetap berjualan seperti biasanya.

Berikan layanan terbaik

Saat ini, persaingan antara sesama penjual pulsa lebih condong pada perang harga. Padahal, ada cara lain yang bisa dilakukan agar bisa bersaing yakni memberi pelayanan yang maksimal. Meski lebih mahal, pelanggan biasanya akan tetap datang ke tempat yang memberikan pelayanan memuaskan.

(Baca juga: 7 Tips Menjual Rumah di Era Internet)

3. Jangan pasang harga terlalu tinggi

Meski pelayanan itu utama, jangan abaikan juga masalah harga. Sebaiknya, jangan mengambil untung terlalu banyak. Ambillah untung sedikit agar usaha bisa berjalan dalam jangka waktu yang lama. Salah satu cara untuk memberikan pelayanan maksimal adalah bersifat ramah.

Jangan marah jika mendapatkan protes atau teguran dari pelanggan. Namun, bersikaplah bijak dengan menerima segala kritik yang diberikan pembeli.

Promosi secara online

Agar layanan pulsa semakin dikenal luas, promosikan bisnis tersebut melalui sosial media. Tawarkan promo menarik agar semakin banyak orang yang melirik akun sosial media tersebut.

Contohnya undian berhadiah bagi para pembeli pulsa dengan hadiah menarik seperti voucher ratusan ribu atau gratis paket internet beberapa giga. Namun, kombinasikan juga dengan promosi konvensional utamanya penjualan dari mulut ke mulut.

4. Ketika modal bertambah, buka gerai pulsa di banyak tempat

Ketika bisnis sudah semakin sukses, lakukan ekspansi dengan membuka gerai di banyak tempat. Pastikan sasar daerah yang belum terjangkau ATM dan minimarket. Tempat seperti ini akan cenderung punya banyak pelanggan karena keterbatasan akses tersebut.

5. Fungsikan manajemen keuangan

Salah satu kendala yang menyukitkan bisnis skala kecil untuk berkembang adalah minimnya pengetahuan mengenai manajemen keuangan dan pembukuan. Untuk itu, pelajarilah keuangan dan pembukuan sebelum memulai usaha.

Pelajari hal-hal yang paling dasar saja lebih dahulu. Jika bisnis sudah semakin besar, kita bisa merekrut orang yang lebih profesional untuk mengerjakan soal pembukuan dan keuangan.

Kendala bisnis pulsa

Setelah mempelajari tip sukses berjualan pulsa, saatnya mengetahui kendala-kedala yang menjadi tantangan pengusaha pulsa belakangan ini. Masalah yang umum dihadapi di antaranya:

  1. Semakin banyaknya gerai pulsa yang meningkatkan persaingan usaha.
  2. Selain gerai pulsa, kini mini market kini berjualan pulsa sehingga menambah competitor.
  3. Membeli pulsa semakin mudah karena layanan m-banking dan internet banking.
  4. Pulsa juga bisa dibeli dengan mudah melalui ATM.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis