Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Memulai Bisnis Tanpa Modal, Bagaimana Caranya?

by Ariesta on 30 April, 2016

Kekurangan modal usaha merupakan alasan yang paling membuat seseorang enggan berbisnis. Kamu boleh kekurangan modal, tapi jangan kekurangan tekad. Pada kenyataannya sangat mungkin kok memulai bisnis dengan modal minimal, apalagi jika kamu dibekali skill dan memiliki kemampuan marketing.

Menurut Chris Guillebeau penulis buku The $100 Startup, “Kalau kamu benar-benar ingin sukses di dunia bisnis, kamu akan memikirkan skill apa yang dibutuhkan dalam bisnis.” Pentunjuk di bawah ini bisa kamu pelajari jika ingin memulai bisnis dengan modal usaha yang kecil.

Membuat sesuatu

Ya, membuat sesuatu tidak harus dengan modal besar asal punya keterampilan. Selain itu hasilnya bisa dijual berkali-kali lipat. Yang jelas, sekarang menjual apapun lebih mudah dengan adanya beberapa situs online yang dapat membantu kamu berjualan. Sebut saja seperti Kaskus, BukaLapak, Tokopedia, Olx, dan masih banyak lagi. Banyak pemilik bisnis menjual produknya di berbagai platform sehingga kemungkinan pembeli mencari produk mereka juga lebih besar.

(Baca juga: Mengintip 4 Peluang Usaha Terbaru Beromzet Ratusan Juta Rupiah)

Lalu apa yang harus dibuat? Kue bikinan sendiri, kemeja disain sendiri, atau apapun itu yang penting punya nilai jual. Tidak berarti kamu harus menangani semuanya sendiri lho. Misalnya kamu tidak bisa menjahit namun ingin punya usaha clothing, kamu yang mengurus bahan dan disain selanjutnya menyerahkan ke tukang jahit. ATKEY adalah salah satu merk clothing lokal yang sukses. Produk-produk clothing  yang didominasi kemeja ini simpel, lucu, dan ramah di kantong.

Menjual barang yang sudah ada

Kalau kamu merasa tidak mampu membuat sesuatu, tidak kreatif, dan tidak cukup terampil, jangan patah semangat dulu, jual saja barang yang sudah ada. Kamu juga bisa menjadi mitra bagi bisnis lain dengan cara drop shipping.

(Baca juga: Tips Bisnis Online Jersey Bola Ori untuk Pemula)

Kamu juga bisa membeli barang-barang di garage sale, toko antik, bahkan pasar loak untuk kemudian dipajang di toko online milikmu sendiri. Salah satu contoh yangpaling sukses menjalankan cara ini adalah Sophia Amoruso, pendiri Nasty Gal. Amoruso memulainya dengan membeli barang-barang vintage lalu menjualnya kembali di eBay.

Sekarang perusahaan yang didirikannya memiliki pendapatan US$24 juta (Rp317 miliar) dengan lebih dari 200 karyawan. Amurusoi menuangkan pengalamannya dalam buku #GIRLBOSS sekaligus menginspirasi gadis lain untuk sukses seperti dirinya.

Menjual jasa

Cara lain untuk memulai bisnis dengan modal sedikit adalah dengan menjual jasa daripada produk fisik. Ada banyan varian jasa yang bisa kamu tawarkan tergantung latar belakang dan keahlianmu.

Misalnya kalau kamu jago gambar, kamu bisa menjadi freelance ilustrator. Apalagi saat ini banyak ilustator muda di Indonesia yang menampilkan karya mereka di Instagram seperti Maghfirare (Adelia Maghfira), tahilalats (Nurfadli Mursyid), dan Banggaber (Bang Gaber). Jika followermu sudah banyak, kamu bisa menyediakan jasa promosi iklan berbentuk komik.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami