Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Menagih Utang Saat Kamu Lagi Butuh Banget? Simak Panduannya!

by Miftahul Khoer on 19 Juni, 2019

Bicara soal utang, kamu pasti setuju bahwa bagian yang tersulit adalah menagih pada orang lain. Nah, buat para penggemar serial Game of Thrones, mungkin sebagian besar dari kamu pasti merasa benci terhadap klan Lannister yang dikenal licik. Namun, kamu mungkin akan setuju bahwa Lannister adalah klan yang sangat bertanggung jawab terhadap utang. Seberapapun utangnya pasti akan mereka bayar.

menagih utang

Kita pasti sepakat bahwa utang memang problem kita sehari-hari. Ada istilah yang beredar di masyarakat Sunda, lagu nginjem gampang, lagu mayar hese (saat pinjem mudah, saat bayar susah). Dan sepertinya istilah ini berlaku di mana pun, bagi siapa pun. Ujung-ujungnya jika orang yang ngutang susah bayar, kamu jadi segan untuk menagihnya.

Namun, tenang saja, berikut ini kami akan kasih beberapa panduan cara menagih utang yang cukup ampuh membuat si pengutang merasa tertohok dan segera sadar untuk membayar utangnya. Yuk simak!

Coba tagih secara halus

Urusan utang, mungkin ada beberapa tipe orang di dunia ini. Salah satunya adalah orang yang segan dan gak berani menagih utang ke orang lain. Ya, problem ini mungkin akan menimpa siapa saja. Gak jarang orang yang dipinjemin duit lebih galak dari yang minjemin. Akibatnya, si pemberi utang malah nyerah duluan. Kamu nyerah? Jangan deh!

Nah, sudah saatnya kamu memberanikan diri untuk memiliki hakmu kembali. Tagih uangmu dengan cara halus tanpa harus membuat saudara, teman atau kerabatmu murka saat ditagih. Kamu bisa bikin beberapa alasan kenapa kamu butuh banget duit yang kamu pinjamkan.

Misalnya begini: Bro/sis, maaf nih. Saya lagi butuh uang banget. Bisa gak dalam waktu dekat uang yang saya pinjemin ke kamu dibalikin. Soalnya buat saya gunakan untuk bayar ABCDE… dan sebagainya.

Dengan cara menagih halus di seperti di atas, orang yang ngutang mungkin akan merasakan bahwa kamu benar-benar membutuhkan uangnya. Dengan begitu, si pengutang akan mengusahakan untuk membayar utangmu.

(Baca juga: Berhutang Tapi Hasilkan Uang? Begini Caranya)
Keluarkan jurus sindiran maut

Urusan utang memang benar-benar sensitif. Kalau di antara dua pihak yakni si pengutang atau si pemberi utang gak sabar atau gak bisa menahan emosi, maka mungkin ‘perang dunia ketiga’ akan terjadi.

Jika menagih secara halus kamu masih sulit untuk melakukannya, maka kamu bisa keluarkan jurus sindiran maut agar si pengutang merasa tertagih dan sadar akan kewajibannya untuk membayar utangmu.

Kamu misalnya bisa bikin status di media sosialmu yang bisa diakses oleh orang yang kamu beri pinjaman. Beberapa status yang bisa kamu bikin misalnya: Aduh pengen beli henpon baru nih, soalnya henpon lama sudah rusak. Semoga aja ada yang segera bayar utang buat beli euy.

Atau semacam ini: Hey buat kamu yang rajin posting makan makanan enak di kafe dan restoran di Instastory, tolong segera bayar utang kamu dong. Mosok makan enak mampu tapi bayar utang nggak. Hehehe.

Selain bikin sindiran di media sosial seperti di atas, kamu juga bisa bilang langsung ke si pengutang baik secara lisan maupun melalui chat pesan. Misalnya: Bro/sis, aku boleh pinjem duit gak? Lagi butuh nih. Gak gede-gede amat sih, sebesar uang yang kamu pinjem deh.

Nah, beberapa contoh di atas mungkin bisa kamu praktikan di ‘lapangan’ saat kamu tagih utangmu. Namun, kamu bisa mengembangkan cara menagih dengan jurus sindiran lain tentunya yang benar-benar bisa bikin si pengutang ‘menyerah’ dan segera membayar utangmu.

(Baca juga: Haram Gunakan Pinjaman Online untuk Hal Ini Kalau Tak Mau Terjerat Utang)
Bersikap tegas tapi jangan sampai ngegas

Satu cara menagih utang yang paling heroik adalah secara terang-terangan kamu bilang ke si pengutang untuk segera membayarkan utangnya sesuai janjinya. Kamu bisa bilang langsung ke si pengutang: Bro/sis kapan nih mau bayar utang. Saya lagi butuh banget nih. Mohon dibayar segera ya.

Contoh menagih di atas adalah to the point tanpa tedeng aling-aling. Saat kamu menagih utang secara langsung seperti ini, mungkin si pengutang akan ‘kocar-kacir’ dan segera membayar utangmu. Intinya sih, semakin kamu rajin menagih utang ke orang yang kamu pinjemin, maka akan semakin dia merasa bertanggung jawab dan membayarkan utangnya.

Sebaliknya, semakin kamu malas menagih utang atau hak kamu, maka si pengutang akan semakin malas dan lupa membayar kewajibannya. So, beranikan dirimu untuk menagih utang bagaimana pun caranya. Dan buat para pengutang, sepertinya kamu harus nonton serial Game of Thrones dan belajar dari klan Lannister yang terkenal dengan slogan: A Lannister Always Pay His Debts.

Atau, kamu justru sedang butuh aliran dana untuk berbagai keperluan? Cek di CekAja.com untuk mengakses berbagai produk finansial!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami