Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mencari Celah Peluang Bisnis Baru

by lhmdi on 8 Desember, 2016

tips bisnis - CekAja.com

Sering perkembangan zaman, peluang bisnis baru akan selalu terbuka dengan lebar. Sebagai contoh, sepuluh tahun yang lalu sebuah peluang bisnis memerlukan proses yang lama karena harus melakukan survey dan melihat kondisi sebuah pasar atau kebutuhan masyarakat.

Namun sekarang dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, seseorang tidak butuh waktu yang terlalu menciptakan pasarnya sendiri dan memulai bisnis baru. Bermodalkan layanan media sosial seperti Facebook atau Instagram, seseorang atua sekelompok orang sudah bisa berjualan, apakah itu barang atau jasa.

Seseorang yang memiliki semangat dan selalu ingin mencoba hal baru dalam kehidupannya akan memiliki peluang untuk membuat bisnis yang baru. Apalagi jika dilengkapi dengan tim yang kuat dalam menjalankan inovasi-inovasi tertentu dalam mengembangkan bisnisnya.

cekaja-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Bagi kamu yang sedang mencari peluang bisnis baru, namun tidak tahu harus memulai dari mana, langkah sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan mengamati kondisi masyarakat sekitar. Nah! Agar tidak ragu-ragu dalam melihat peluang bisnis baru, kali ini kami akan berbagi tips sederhananya:

1. Memperluas pengetahuan serta wawasan

Memiliki keterampilan saja tidak cukup untuk menjalankan sebuah bisnis baru. Hal ini harus dilengkapi dengan pengetahuan serta wawasan yang luas. Salah satu kuncinya adalah banyak membaca.

Sebagai contoh, kamu memiliki keterampilan menulis. Selama ini keterampilan tersebut hanya berada dalam satu lingkungan yang itu-itu saja. Namun, karena kamu banyak membaca, maka wawasan  pun bisa bertambah.

Dengan kata lain kamu bisa mengombinasikan antara kemampuan menulis yang sudah ada saat ini dengan keterampilan menulis dalam tema yang berbeda. Jika kamu terbiasa menulis untuk satu tulisan khusus tentang gaya hidup, maka kamu bisa mengembangkan tulisan tersebut menjadi sebuah novel dan buku.

Agar peluang usaha ini terus berkembang kamu bisa memanfaatkan internet untuk mengembangkannya. Tidak hanya melalui sebuah buku digital, namun menuliskan setiap cerita kamu sendiri melalui media sosial yang karakternya terbatas juga bisa menjadi kunci. Tidak jarang dalam beberapa tahun terakhir hanya dengan menulis di media sosial seperti Twitter, maka kumpulan cuitan tersebut pun dijadikan sebuah buku. Kamu mencari peluang usaha baru? Ini ide yang tepat.

2. Kenali target konsumen

Mengenali target dari konsumen yang akan kamu bidik sebagai sasaran penjualan pun sangat penting. Tentunya tidak salah melakukan sebuah survei kecil-kecilan agar kamu mengenali pasar. Misalnya kamu memiliki hobi olahraga, maka kamu bisa membuat survei kecil-kecilan tentang olahraga apa yang menjadi pilihan masyarakat dan sesuai dengan gaya hidup mereka.

Jika masyarakat memilih olahraga di gym maka kamu bisa mulai menyusun skala usaha yang akan dibuat. Jika ingin menjual produk berupa barang tentukan pula apakah segmen masyarakat yang akan dipilih sebagai target pasar adalah pria atau wanita. mencari peluang usaha baru, peluang bisnis baru, peluang usaha baru modal kecil, peluang usaha baru yang menjanjikan, peluang usaha terbaru dan terlaris

Cara ini bisa menjadi pertimbangkan sebelum menjalankan bisnis baru. Selain itu hal ini juga dapat membuat kamu mencari peluang bisnis baru yang lebih menguntungkan dibandingkan dengan bisnis lain yang sudah ada sebelumnya. Bicara tentang peluang bisnis baru dan peluang usaha baru modal kecil, target konsumen harus diteliti lebih dulu.

3. Mempertimbangkan untuk membangun Komunitas

Peluang bisnis baru punya cara tersendiri untuk menghasilkan keuntungan. Salah satunya adalah terlibat dalam sebuah komunitas atau membangun komunitas khusus. Apalagi jika komunitas tersebut memiliki hobi yang sama, maka proses untuk menjual pun menjadi lebih mudah.

Karenanya, sangat penting untuk memulai membangun sebuah komunitas yang dapat digunakan untuk menjaring calon konsumen. Selain itu jika layanan kamu memuaskan konsumen bukan, tidak mungkin dapat memperlebar jaringan usaha yang sedang dibangun saat ini. Ada kalanya peluang usaha baru yang menjanjikan belum tentu menjadi peluang usaha terbaru dan terlaris.

Selain itu komunitas juga cukup efektif dalam kegiatan promosi dan mengembangkan jenis usaha yang akan dijalani. Jika sukses, bukan tidak mungkin kamu bisa membangun brand yang lebih besar lagi saat menjalankan bisnis yang sedang dijalankan.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.