Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mencari Rumah? Simak Ciri-Ciri Pengembang Perumahan Tepercaya!

by Teti Purwanti on 15 Juli, 2019

Semakin mudahnya mencari rumah, bukan berarti kamu terbebas dari berbagai penipuan kejahatan di sektor properti. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyatakan kasus properti masih cukup dominan menjadi aduan masyarakat. Dalam 3 tahun terakhir, pengaduan terkait dengan perumahan vertikal atau rumah susun paling banyak.

mencari rumah

Selain soal pembangunan, masalah lain yang menjadi keluhan konsumen adalah mengenai transaksi. Konsumen menyerahkan uang kepada pihak lain di luar pengembang dalam pembelian propertI karena tergiur diskon atau hal lainnya, padahal hal tersebut berujung pada penipuan.

Agar kamu tidak kena tipu oleh pengembang, ada baiknya kamu memilih pengembang dengan kredibilitas yang baik. Mau tahu apa saja kriteria pengembang tersebut? Berikut daftarnya!

Rekam jejak baik

Rekam jejak pengembang sangat penting untuk kamu ketahui. Misalnya, apakah properti yang dikembangkan benar-benar selesai atau tidak. Terlebih lagi, saat ini banyak pengembang kecil yang juga mengembangkan cluster properti yang harus kamu waspadai.

Apalagi saat ini sangat mudah untuk mencari rekam jejak pengembang di internet. Misalnya, kamu bisa mencari informasi melalui media massa atau juga keterbukaan informasi kalau pengembang yang kamu pilih merupakan perusahaan terbuka yang sudah terdaftar di bursa efek.

Perusahaan di bursa efek biasanya lebih aman, pasalnya perusahaan ini memiliki pendanaan yang lebih baik dibandingkan pengembang kecil atau pengembang baru yang tengah bermunculan. Atau kamu bisa juga memilih pengembang yang merupakan anak usaha Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mulai berbisnis properti. Pengembang BUMN biasanya memiliki banyak kemudahan dari pemerintah, sehingga proyek yang mereka bangun biasanya sudah aman dalam segala aspek.

Kamu juga bisa mencari tahu perbankan mana saja yang bekerja sama dengan pengembang tersebut. Pengembang yang sudah bekerja sama dengan perbankan pasti memiliki rekam jejak yang baik, karena itulah pengembang mau terus bekerja sama untuk membiayai proyek yang tengah mereka bangun.

Bahkan kalau rumah yang kamu cari adalah rumah subsidi, kamu bisa mencari di website milik kementerian untuk memastikan pengembang tersebut benar dan sudah terdaftar dengan pemerintah. Pastikan pula harga yang kamu bayarkan sesuai dan bunga yang diberikan adalah bunga subsidi.

(Baca juga: Tiga Tipe Rumah Modern yang Cocok Buat Milenial)

Aspek legalitas lengkap

Pastikan kamu tahu bahwa semua aspek legalitas dari rumah yang kamu incar telah aman dan selesai semua. Beberapa pengembang kerap kali menutupi hal-hal seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang belum selesai.

IMB untuk pembangunan sebuah properti sangat penting. Pasalnya, hal itu terkait dengan perizinan dan peruntukan suatu properti. Kamu tentu tidak ingin tinggal di rumah yang lahannya untuk perkebunan dan malah dijadikan pemukiman, sehingga jadi masalah di kemudian hari.

Aspek legal yang juga sudah selesai semua akan lebih memudahkan kamu dalam melakukan transaksi yang biasanya cenderung ribet dan butuh waktu yang panjang.  Bank tidak akan mau membiayai proyek perumahan yang memiliki masalah dalam perizinan. Aspek legal juga akan memudahkan sertifikat kamu cepat keluar sebagai bukti bahwa kamu pemilik rumah tersebut.

(Baca juga: Mau Beli Rumah Lebih Murah dari Harga Pasaran? Simak Kiatnya!)

Komitmen pengembang jelas

Pengembang yang berkomitmen biasanya memiliki jadwal yang jelas dalam pembangunan proyek propertinya. Biasanya, baik rumah tapak maupun rumah vertikal alias apartemen butuh waktu hingga dua tahun dari mulai pembangunan hingga serah terima kunci.

Kalaupun ada keterlambatan, pengembang akan memberitakan kenapa terjadi keterlambatan sehingga kepercayaan antara dua pihak tetap terjaga. Selain itu, pengembang yang baik dan berkomitmen bukan hanya membangun hunian yang kamu pesan, tapi juga membangun infrastruktur yang dijanjikan. Misalnya, jalan, club house, dan juga fasilitas umum lainnya yang dibutuhkan.

Tidak lupa, pengembang juga memastikan perkara surat-menyurat usai serah terima kunci. Tidak lupa hal penting lainnya, pengembang yang baik juga akan memudahkan kamu untuk mendapatkan pembiayaan terbaik dari perbankan terpercaya.

Jadi rumah yang kamu incar sudah dijamin aman? Kalau belum cobalah cek dan ricek lagi berkali-kali sebelum membayarkan apapun. Kalau pun harus bayar booking fee, mintalah kepastian kalau booking fee kamu bisa kembali, kalau kamu tidak jadi membeli rumah tersebut! Selamat mencari rumah!

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.