Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mendadak Harus Beli Kado untuk Orang Spesial? Agar Tidak Boros Ikuti Tips Ini

by Rafly Aditia on 16 Februari, 2016

Bungkus Kemas Kado Natal - CekAja

Punya sifat pelupa memang merepotkan. Apalagi sampai lupa pada hari ulang tahun orang yang spesial. Padahal, sudah jauh hari kamu sudah berjanji mau membelikan kado. Sepertinya, kejadian ini kerap dialami para pekerja di kota-kota besar yang punya kesibukan luar biasa.

Memang sebaiknya ketika ingin membeli sesuatu, apalagi untuk mereka yang spesial, seharusnya sudah dipersiapkan sejak jauh hari agar dapat memberikan yang terbaik dari sehi barang maupun harganya.

Karena, tidak bisa dipungkiri membeli kado mendadak dapat membuat pilihan terbatas baik dari segi harga maupun kualitas. Well, jika kamu orang yang sedang mengalami pusingnya mencari kado di saat last minute ada beberapa tips yang bisa membantumu. Apa saja yang bisa kamu lakukan? Berikut 4 tipsnya:

Uang di dompet pas-pasan? Gunakan kartu kredit

Namanya mendadak, seringkali hal-hal terjadi di luar perkiraan. Misalnya saja kamu lupa mengambil uang di ATM atau gaji bulanan terlambat masuk rekening, padahal kamu benar-benar membutuhkan uang tersebut untuk pembelian kado.

Well, sekarang ini alternatif transaksi bukan cuma tunai. Tidak perlu cash, kamu bisa beli keperluan tersebut dengan kartu kredit. Selain barang kamu peroleh, sisa uang di dalam dompet yang sudah tipis juga masih berada di tangan. Win win solution bukan?.

(Baca juga: Tips Memiliki Dana Darurat untuk Si Gila Belanja)

Biar lebih murah, COD-an aja

Ketika membeli barang secara online, biasanya barang tersebut akan datang 2-3 hari setelah pemesanan. Waktu tersebut sebenarnya sangat normal, tetapi kalau memang butuh cepat, misalnya teman berulang tahun esok hari, mau tidak mau barang harus sampai kurang dari 24 jam..

Untuk mengatasi kondisi seperti ini, kamu bisa menggunakan fasilitas kiriman kilat. Tapi, kalau mau yang lebih efektif kamu bisa melakukan transaksi secara langsung atau cash on delivery.

Kamu bisa menyusun janji dengan penjual untuk bertemu di tempat yang dekat dengan lokasimu. Hal ini akan membuat kamu irit ongkos pengiriman dan pastinya membuat barang lebih cepat sampai di tangan.

Gunakan kupon mobile

Saat ini banyak sekali promo yang dilancarkan lewat mobile apps. Maka dari itu, manfaatkanlah promo tersebut saat ingin membeli barang dengan cepat. Kamu masih bisa menekan biaya pengeluaran dengan cara menggunakan kupon promo yang ada di smart phone kamu.

bermacam-macam bentuk kupon biasanya ditawarkan setiap minggunya dari berbagai macam store. Mulai dari promo buy 1 get 1, buy 1 get 2, diskon 50 persen hingga diskon hingga 90%.

(Baca juga: Tiga Tips Agar Tidak Terjebak Gimmick Diskon Saat Belanja Online)

Cek harga dulu biar gak kena tipu

Apabila tergesa-gesa melakukan sesuatu maka hasilnya cenderung tidak sesuai dengan harapan. Dalam kasus ingin membeli keperluan mendadak, tidak jarang kamu dihadapkan dengan harga barang yang lebih mahal dibandingkan harga seharusnya.

Agar kantong tidak jebol, yang harus dilakukan adalah melakukan perbandingan harga ke sejumlah tempat lain. Kalau membeli barang secara online, maka cobalah cari tahu info mengenai harga barang tersebut dan berapa harga tertinggi dan harga terendahnya.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami