Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Menelisik Sejarah Motor RX King, Juaranya Motor Lelaki

by Kyla Damasha on 23 March, 2020

Jika kamu merupakan salah satu yang sangat gemar dengan berbagai jenis motor, mencari tahu mengenai sejarah terciptanya sebuah motor terkadang memang kerap dilakukan, seperti menelisik sejarah Motor RX King.

sejarah motor rx king

Motor yang sempat populer pada era 90-an ini memang dikenal memiliki kecepatan luar biasa, sehingga pada zaman dahulu kala, jenis motor satu ini sering kali digunakan oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan, seperti pencopetan dan begal.

Bahkan karena memang identik digunakan oleh para penjahat, motor ini beserta anggota keluarganya sempat dipanggil dengan julukan ‘si jambret’. Wah, jadi penasaran ya gimana sejarahnya. Yuk kita simak saja sejarah motor RX King secara singkat berikut ini.

Sejarah Generasi Motor RX King
1. Yamaha RX King Cobra (1983 – 1991)

Yamaha RX King Cobra 1983 - 1991 - Menelisik Sejarah Motor RX King Juaranya Motor Lelaki

Sejarah motor RX King bermula dari kemunculan produk pertamanya yang diberi nama RX King Cobra. Jenis motor satu ini menyapa masyarakat Indonesia pada tahun 1983 silam dan merupakan generasi pertama dari varian RX-K yang cukup sukses di pasaran dalam negeri pada saat itu.

Jenis motor Yamaha RX King ini sudah tergolong cukup canggih karena didukung oleh YEIS (Yamaha Energy Induction System) yang diklaim mampu membuat motor menjadi lebih irit dalam hal penggunaannya. Lalu, mengapa motor ini dinamakan RX King Cobra?

(Baca Juga: 9 Rekomendasi Helm Termurah dengan Kualitas Baik)

Nah, alasan adalah karena stang motor memiliki desain yang serupa dengan leher ular kobra. Unik banget kan? Motor Yamaha RX King Cobra dirilis sampai tahun 1991 yang mana mesinnya itu sendiri didatangkan langsung dari Jepang sementara kerangka motor dan lain-lainnya diproduksi di Indonesia.

2. Yamaha RX King Master (1992 – 2000)

Yamaha RX King Master 1992 - 2000 - Menelisik Sejarah Motor RX King Juaranya Motor Lelaki

Kemudian sejarah motor RX King dilanjutkan dengan kemunculan dari generasi kedua motor jambret ini yang mulai diluncurkan di Indonesia pada tahun 1992. Menggunakan kode blok Y1-74, mesin jenis motor satu ini dirancang langsung oleh Yamaha Pulogadung Jakarta lho.

Berselang waktu 5 tahun, facelift ringan pun dilakukan oleh Yamaha. Pada tahun 1997 motor Yamaha RX King Master diproduksi dengan mengusung footstep belakang yang tidak lagi menempel pada swing arm.

Sementara itu, dapur pacu masih membawa spek yang sama dan didukung oleh mesin dua tak, kapasitas 135cc, air-cooled, dan diklaim mampu meletupkan power maksimal 18,5 ps pada putaran 9.000 rpm.

3. Yamaha New RX King (2002 – 2009)

Yamaha New RX King 2002 - 2009 - Menelisik Sejarah Motor RX King Juaranya Motor Lelaki

Mulai masuk ke era tahun 2000 an, sejarah motor RX King pun masih berlanjut. Kali ini Yamaha mengeluarkan generasi ketiga mereka yang diberi nama Yamaha New RX King. Jenis motor satu ini disinyalir mampu menghasilkan asap seperti model sebelumnya karena kehadiran dari catalic converter di bagian knalpot.

Namun, sangat disayangkan bahwa dikarenakan hal itulah banyak yang menilai bahwa motor generasi satu ini merupakan RX King dengan empat tak. Belum lagi karena perubahan desain lampu depan yang pada awalnya berbentuk kotak tetapi diubah menjadi berbentuk bulat.

Walaupun sudah mengusung gaya ramah lingkungan, sayangnya motor New RX King ini terpaksa harus ditarik dari pasaran karena minat konsumen pada saat itu terlihat mulai lebih condong kepada skuter matik yang jauh lebih praktis.

Mengapa Disebut Motor ‘Jambret’?

Seperti yang sudah sempat beberapa kali disebutkan sebelumnya, sejarah motor RX King memang kerap disebut sebagai motor ‘jambret’. Nah, dilansir dari GridOto.com, sebenarnya nama ‘motor jambret’ itu sendiri tidak muncul secara tiba-tiba lho.

Konon katanya, pada tahun 90-an, banyak sekali kasus-kasus kejahatan seperti pencopetan, perampokan, hingga begal yang para pelakunya menggunakan jenis motor satu ini. Mengapa? Karena pada saat itu motor RX King disinyalir memiliki kecepatan di atas rata-rata pada masanya.

(Baca Juga: Intip Segudang Koleksi Asuransi untuk Motor Klasik)

Dikarenakan hal itulah, banyak penjahat menggunakan motor RX King agar mempermudah mereka ketika kabur setelah menyelesaikan aksinya. Selain itu, banyak sekali pemilik motor yang mencopot sejumlah bagian agar motor bisa terlihat lebih garang dan menyeramkan.

Kamu termasuk salah satu penggemar motor sport? Perlu diketahui bahwa saat ini masih banyak lho motor RX King bekas yang bisa kamu dapatkan. Jika kamu ingin segera memilikinya, jangan sungkan untuk segera ajukan pinjaman online mu di CekAja.com.

Tidak hanya motor RX King, kamu bahkan juga bisa mendapatkan berbagai jenis motor sport dengan mudahnya oleh pinjaman online CekAja lho. Yuk segera ajukan!

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda