Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Menerapkan Jiwa Pramuka dalam Meniti Karier dan Bisnis

by Miftahul Khoer on 14 Agustus, 2019

Hari Pramuka setiap tahunnya jatuh pada tanggal 14 Agustus. Hari ini tepat menjadi Hari Pramuka yang ke-58 sejak pada 1961 Presiden Soekarno membentuk Praja Muda Karana tersebut.

Hari Pramuka - karier dan bisnis
Ada banyak pelajaran yang bisa didapat dari jiwa Pramuka yang berguna bagi kehidupan sosial, politik, dan ekonomi. Dalam Dasadarma Pramuka misalnya, terdapat 10 poin sikap yang patut dimiliki oleh seorang Pramuka. Nah, berikut telah kami rangkum pelajaran dari Pramuka yang bisa diterapkan dalam meniti karier maupun dalam merintis usaha. Mumpung lagi Hari Pramuka, kuy cek!

Bertanggung jawab dan dapat dipercaya

Bagi siapa saja yang sedang meniti karier maupun sedang berbisnis, prinsip dari Pramuka ini juga wajib diteladani. Karier dan bisnis sangat berkaitan erat dengan sikap tanggung jawab dan amanah alias dapat dipercaya.

Seorang atasan di sebuah perusahaan harus memiliki tanggung jawab dan kepercayaan yang besar agar bisa diikuti oleh bawahan, dan juga pemilik perusahaan serta tentunya para klien. Jika telah memiliki kedua sikap ini, maka jiwa Pramuka yang diterapkan dalam meniti karier dan bisnis bisa bikin seseorang sukses.

(Baca juga: Intip Karier Para Politikus Muda yang Mengikuti Jejak Ortu, Yuk!)
Disiplin, berani, dan setia

Jangan pernah bermimpi menjadi seorang bos di perusahaan atau pemilik bisnis jika kamu nggak pernah punya sikap disiplin, berani, dan setia. Ketiga sikap ini wajib dimiliki bagi siapapun yang ingin sukses dalam meniti karier dan bisnis.

Tak ada orang sukses yang tidak disiplin. Kedisiplinan akan mengajarkan banyak hal mulai dari disiplin waktu, tenaga hingga materi. Keberanian juga wajib dimiliki setiap orang yang ingin punya jabatan tinggi di perusahaan dan pemegang kendali dalam bisnis. Paling tidak, kamu harus berani menentukan sikap dalam memutuskan sebuah keputusan yang berdampak terhadap karier dan usahamu. Dan yang paling penting, kamu dituntut untuk setia pada pekerjaan atau bisnis yang sedang kamu jalani.

Hemat, cermat, dan bersahaja

Prinsip hemat wajib dimiliki oleh siapapun yang sedang berkarier dan menjalankan bisnis. Hemat memiliki makna positif yang bisa dilakukan oleh siapapun. Saat meniti karier dari bawah, kamu diharuskan untuk tidak hidup boros. Begitu juga ketika kamu sedang menjalankan bisnis. Diusahakan sebisa mungkin untuk berhemat terutama dalam mengelola pengeluaran usaha.

Kamu juga dituntut untuk cermat dalam menghadapi berbagai situasi baik di tempat kamu bekerja maupun di tempat kamu merintis usaha. Dan sikap Pramuka lain yang harus diterapkan dalam berkarier dan bisnis adalah bersahaja kepada siapapun.

Rajin, terampil, dan gembira

Kunci sukses seseorang dalam meniti karier dan menjalankan bisnis adalah rajin. Tak ada pengusaha manapun yang sukses menjalankan bisnisnya dengan sikap malas-malasan. Rajin dalam hal ini bisa diaplikasikan ke berbagai cara mulai dari rajin mengikuti rapat penting, rajin mengontrol kerja bawahan, hingga rajin dalam mengecek kondisi keuangan.

Selain itu, sikap terampil yang ada dalam jiwa Pramuka bisa diaplikasikan dalam dunia usaha dan juga karier seseorang. Seseorang yang sukses dalam berkarier dan bisnis sudah pasti merupakan seorang yang terampil atau cekatan dalam menyelesaikan tugas. Sementara itu, kamu juga dituntut untuk terus senang dan bergembira dalam keadaan apapun saat meniti karier dan bisnis. Paling tidak kamu bisa terus menebar senyum dalam keadaan apapun saat berada di tengah-tengah orang yang ada di lingkungan karier dan bisnis yang kamu jalani.

(Baca juga: Delapan Orang Menawan yang Merintis Karier Sebagai Wartawan)
Patuh dan suka bermusyawarah

Jika kamu seorang bawahan, maka patuhlah kepada atasan di tempat kamu bekerja. Mematuhi atasan dan juga aturan perusahaan merupakan sikap yang baik untuk menjadi seseorang yang meniti karier. Sederhananya, jika kamu ingin dihargai dan dipatuhi orang lain, maka kamu sendiri wajib mematuhi orang lain. Banyak seseorang yang bekerja sebagai staf di perusahaan berkarier baik karena kepatuhannya. 

Sementara itu, kamu juga dituntut untuk menjadi seseorang yang tidak mudah memutuskan keputusan sendiri. Untuk menjadi seorang leader atau pemilik bisnis, kamu harus pandai bermusyawarah dengan banyak orang termasuk atasan atau bawahan sekalipun. Ide-ide dari orang lain bisa menjadi pertimbangan bagus untuk kelangsungan karier dan bisnis kamu ke depan.

Nah, itulah beberapa sikap yang diajarkan dalam Dasa Darma Pramuka yang bisa menjadi teladan dan juga diaplikasikan dalam meniti karier dan menjalani bisnis. Tanpa terasa bahkan banyak orang yang sukses dalam berkarier dan membangun bisnis secara tidak langsung telah menerapkan ajaran dalam jiwa Pramuka di atas.

So, buat kamu yang sedang meniti karier dan mengembangkan bisnis, tak ada salahnya untuk menerapkan jiwa Pramuka di atas. Dan jika kamu sedang membutuhkan dana untuk modal usaha, kamu bisa akses CekAja.com untuk mendapatkan panduan finansial terpercaya. Kuy

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami