Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mengapa Bisnis Kamu Sulit Mendapatkan Modal?

by Tisyrin N. T on 6 September, 2016

 bisnis gagal - CekAja.com

Modal adalah syarat penting untuk membesarkan sebuah bisnis. Kamu yang pernah merintis usaha pasti mengalami masa-masa kekurangan modal. Saat masa itu tiba, kamu berharap punya malaikat penolong yang akan memberi suntikan dana.

Bila kamu mengalami hal ini, kamu tidak sendirian kok. Sebab, banyak sekali pebisnis yang bernasib sama sepertimu. Namun, apa sebenarnya alasan pebisnis sulit mendapatkan modal usaha?

Tidak punya pembukuan

Cobalah buat pembukuan dari bisnismu jika ingin mendapatkan modal usaha. Bagaimana pihak pemberi modal akan percaya jika kamu tak tahu berapa rata-rata keuntungan yang kamu hasilkan setiap bulannya?

Pembukuan akan memperlihatkan dengan jelas berapa pemasukan dan pengeluaran dalam bisnismu. Dengan begitu, kamu pun akan tahu berapa sebenarnya keuntungan dan prospek bisnismu.

Jika pembukuan sudah benar, pemberi modal akan mendapatkan gambaran mengenai kemampuan finansialmu. Mereka pun tidak akan ragu memberimu pinjaman karena kamu telah membuktikan mampu secara finansial untuk mengembalikan modal yang mereka berikan.

(Baca juga: Cara Membuat Blog Bisa Jadi Penghasilan Tambahan)

Malu datang ke bank

Banyak pebisnis hanya mengandalkan modal dari kantong sendiri. Alhasil, bisnisnya pun sulit berkembang. Untuk mengajukan pinjaman ke bank, mereka pun merasa malu dan kurang percaya diri.

Tak usah minder jika harus berhadapan dengan petugas bank yang necis. Cobalah kumpulkan rasa percaya dirimu. Para petugas bank sudah terlatih untuk sabar menghadapi nasabah, jadi jangan malu untuk bertanya pada mereka. Demi bisnismu, cobalah datang ke bank. Sampai kapan kamu membiarkan bisnismu tak berkembang?

Malas ribet

Kamu sudah mendatangi bank, tetapi, ketika tahu persyaratannya kamu merasa malas untuk mengurusnya. Banyak orang lain yang sama sepertimu, malas mengurus berbagai dokumen untuk mengajukan pinjaman ke bank.

Hasilnya, sampai kapanpun modal usaha yang kamu inginkan tidak akan datang. Bisnismu akan berjalan dengan modal apa adanya. Jika sudah begitu, kamu hanya bisa gigit jari saat melihat bisnis kompetitor sudah tumbuh lebih besar.

Sebaiknya sediakan waktu untuk mengurus semua yang diperlukan demi mendapatkan modal usaha. Kamu sendiri yang akan menikmati hasilnya saat usahamu tumbuh lebih besar. Jika ingin mendapatkan pinjaman lebih mudah, ajukan secara online di CekAja!

Tidak mau cari tahu soal fasilitas pinjaman

Bank punya banyak jenis pinjaman. Jika kamu malas cari tahu, kamu pun kehilangan kesempatan untuk memperoleh modal usaha. Cobalah untuk cari tahu pinjaman apa saja yang diberikan oleh bank di portal perbandingan produk finansial seperti CekAja.com.

Semakin banyak informasi yang kamu peroleh, semakin kamu tahu jenis pinjaman yang paling sesuai untukmu. Jangan ragu ya untuk mengajukan pinjaman ke bank.

Lebih percaya rentenir

Tak sedikit pebisnis khususnya yang berada di daerah lebih suka meminjam uang ke rentenir daripada bank. Alasannya, meminjam uang ke rentenir tak serumit ketika mengajukan pinjaman ke bank. Padahal rentenir akan membebankan bunga sangat tinggi bahkan melebihi bank. Nah, lebih baik kamu sedikit repot mengurus pinjaman ke bank daripada harus tercekik bunga rentenir.

Tidak punya rekening bank

Banyak pengusaha yang tak memiliki akses ke lembaga keuangan termasuk bank. Jangankan mengajukan pinjaman ke bank, rekening bank saja tidak punya. Padahal, bank pasti meminta salinan buku tabungan saat kamu akan mengajukan pinjaman.

(Baca juga: Cara Membangun Bisnis Rumah Kos Lebih Menguntungkan)

Sulit mengakses kantor lembaga keuangan

Ada banyak alasan seorang pengusaha sulit mengakses kantor lembaga keuangan, salah satunya adalah jarak rumah tinggal yang jauh dari bank. Mereka yang tinggal di pelosok kerap mengalami hal ini.

Karena alasan itulah, mereka juga enggan berurusan dengan bank termasuk dalam hal meminjam dana untuk modal usaha. Dampaknya, mereka kerap mengalami kesulitan untuk mendapatkan modal usaha.

Tidak punya agunan atau jaminan

Karena merasa tidak punya agunan atau jaminan, kamu ragu untuk mengajukan pinjaman ke bank. Akhirnya, kamu pun kesulitan untuk menambah modal bagi bisnismu. Padahal banyak sekali bank yang memberikan fasilitas pinjaman tanpa agunan.

Butuh pinjaman dana cepat untuk menambah modal usaha? Coba ajukan di CekAja!

 

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami