Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mengembangkan Usaha Kecil Menengah dengan Fitur Baru BBM

by lhmdi on 22 Mei, 2016

sewa tempat usaha murah_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Pemerintah semakin gencar menghidupkan usaha kecil menengah atau yang biasa disingkat UKM.

UKM menjadi perhatian pemerintah karena pertumbuhan industri UKM masih berada di angka satu persen dari jenis usaha yang ada di Indonesia. Padahal, pada sebuah negara maju, pertumbuhan ideal sebuah usaha  yang berada pada skala kecil menengah adalah berada di angka lima persen.

Salah satu ciri khas yang melekat dari UKM adalah mengacu pada kekayaan bersih yang berada di angkat Rp 200.000.000. Artinya model usaha seperti ini ini bisa dijalankan oleh berbagai macam lapisan masyarakat. Bahkan bisa dimulai dari membangun usaha kecil yang menjanjikan di desa-desa.

Untuk modal awal pun semakin mudah dipilih oleh masyarakat karena beberapa bank pemerintah dan juga swasta menawarkan berbagai macam jenis melalui layanan pinjaman dengan agunan atau modal yang berdasar dari Bank Perkreditan Rakyat atau dikenal dengan BPR.

Agar semakin mendorong bisnis UKM semakin menguntungkan dan dilirik oleh banyak masyarakat, pemerintah bahkan memberikan berbagai macam fasilitas kemudahan pinjaman atau kredit. Bahkan, disediakan pula tempat-tempat khusus untuk memamerkan hasil karya dari UKM yang digeluti masyarakat.

Beberapa jenis usaha kecil menengah yang cukup sukses sendiri sudah hadir di Indonesia. Misalnya pengrajin furniture atau pembuatan pakaian seperti batik yang bahkan sudah diekspor ke luar negri.

Mengembangkan UKM dengan teknologi

Ketika teknologi sudah semakin berkembang, industri UKM pun juga akan terkena imbasnya. Beberapa tahun yang lalu, Google bahkan pernah bekerjasama dengan salah satu penyedia layanan jasa telekomunikasi Indonesia untuk memberikan kesempatan bagi UKM memasarkan hasil usahanya dengan cepat.

Tujuannya adalah agar para pengusaha kecil ini mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang mereka kerjakan hanya bermodalkan teknologi seperti internet. Tak terhitung pula, beberapa perusahaan teknologi seperti Microsoft dan Facebook juga pernah membantu mengembangkan layanan teknologinya untuk mengembangkan industri UKM di Indonesia.

Bahkan, beberapa waktu yang lalu Pemerintah DKI Jakarta menyediakan sebuah tempat yang diberi nama Creative Hub yang nantinya akan menghubungkan ide-ide dan saling menciptakan keuntungan baru bagi para pengusaha kecil menengah yang ada di Jakarta.

Fitur BBM bagi pelaku UKM

Salah satu faktor kehadiran teknologi bagi industri UKM adalah kemampuan mengenalkan dan memasarkan produk mereka lebih cepat. Selain itu, dengan teknologi, siapa pun penduduk di dunia yang terhubung dengan internet dapat melihat langsung hasil atau karya dari UKM tersebut.

Nama-nama media sosial seperti Facebook atau Instagram telah banyak kita temukan memberikan keuntungan khusus pada pengusaha kecil menengah dalam mengenalkan karya-karya mereka. Bahkan aplikasi mengirimkan pesan dari Jepang, LINE sudah punya satu fitur khusus yang dapat dimaksimalkan oleh pengusaha kecil dan menengah untuk meningkatkan penjualan produk mereka.

Nah! Beberapa waktu yang lalu, layanan pesan BlackBerry Messenger pun punya fitur baru yang dapat memanjakan para pelaku UKM untuk mengembangkan bisnisnya. Hasil ini dipilih untuk menindak lanjuti layanan BBM Shopping yang diluncurkan pada awal December 2016 lalu.

Melalui layanan ini BBM memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk mendapatkan jutaan produk, hingga penawaran spesial melalui layanan belanja online atau daring. Bahkan, untuk hal ini, BBM menggandeng Bukalapak, yang juga ikut mendorong UKM mengembangkan usaha mereka menggunakan layanan online.

Dengan tampilan yang lebih ringkas serta lebih rapi, para pengguna kini dapat berkomunikasi lebih cepat dan mudah. Hal ini tentunya berlaku pula bagi para pelaku UKM yang tengah berkomunikasi dengan pelangganya.

Namun, yang paling besar adalah pihak BlackBerry Messenger menambahkan beberapa fitur unggulan yang akan semakin memudahkan para pelaku usaha kecil menengah dalam mengukur seberapa efektif penjualan yang dilakukan berdasarkan penggunaan teknologi.

Fitur utama ini adalah integrasi metrik yang ditingkatkan dengan menggunakan layanan Google Analytics. Para pengguna dan juga mitra usaha UKM yang menggunakan BlackBerry Messenger ini dapat melacak seberapa besar enggagment dengan pelanggan, jumlah pengguna yang unik hingga mengukur seberapa besar pelanggan kembali ke layanan mereka dan tertarik untuk membeli kembali hasil usaha yang sedang dijalankan.

 

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami