Mengenal Aplikasi Clubhouse yang Sedang Populer dan Eksklusif di Dunia

Yuk mengenal aplikasi Clubhouse yang saat ini sedang populer dan menjadi trending di dunia. Akhir-akhir ini muncul media sosial baru yang mengguncang dunia, salah satunya adalah Clubhouse.

Aplikasi berbasis audio chat ini mulai dilirik banyak pengguna nih. Apalagi sejak Elon Musk CEO Tesla memakainya dan mengunggahnya di channel Youtube miliknya.

Disini pengguna bisa mendengarkan percakapan, wawancara, dan diskusi antara orang-orang yang menarik tentang berbagai topik.

Ini seperti mendengarkan podcast, tetapi langsung dan hanya orang-orang yang diundang yang bisa bergabung dan jadi terasa lebih eksklusif.

Saat kita bergabung, kita bisa memilih topik yang menarik, seperti teknologi, buku, bisnis, atau kesehatan.

Semakin banyak informasi yang kita berikan kepada aplikasi tentang minat kita, semakin banyak ruang percakapan dan individu yang direkomendasikan aplikasi untuk kita ikuti.

Nah, buat kamu yang ingin selalu update tentang media sosial, tak ada salahnya mengenal aplikasi Clubhouse dulu sebelum mendownloadnya ya!

(Baca Juga: Kebijakan Baru Whatsapp Membuat Pengguna Berpindah Ke Signal)

Mengenal Aplikasi Clubhouse

Sebagai milenial yang harus tahu tentang update media sosial terkini, tak ada salahnya kita mengenal aplikasi Clubhouse ini.

Didirikan pada tahun 2020, Clubhouse dengan cepat membangun reputasi sebagai tempat hebat berikutnya bagi orang-orang untuk bertemu, berbicara, dan berbagi ide.

Secara singkat, dengan Clubhouse kita bisa membuat dan bergabung dengan “ruang”, tempat kita untuk bisa mengobrol dengan orang lain dalam sebuah  panggilan konferensi yang besar. Hanya ada audio saja dan tidak ada gambar, teks bahkan video.

Kita bisa bergabung dan keluar dari ruang obrolan kapan saja, tidak tergantung bahwa acara itu harus selesai dulu.

Karena sekarang banyak orang yang mengenal aplikasi Clubhouse, maka aplikasi ini dengan cepat mengambil alih dalam lingkaran media sosial.

Bagaimana Cara Gabungnya?

Salah satu poin ketika kita baru saja mengenal aplikasi Clubhouse adalah bagaimana cara kita bergabung di dalamnya. Dan sayangnya, jawaban untuk pertanyaan itu adalah “Anda mungkin tidak bisa.”

Clubhouse bersifat khusus undangan, artinya siapa pun yang ingin bergabung harus dibawa oleh seseorang yang sudah memiliki akun.

Artinya, kita harus menunggu dulu undangan dari orang yang sudah mengenal aplikasi Clubhouse dan memakainya lebih dulu.

Nah, cek deh kita-kira kamu ada jaringan orang kelas atas yang mungkin sudah bergabung di Clubhouse dan bisa atau memungkinkan membagi undangan padamu atau tidak nih?

Jika tak ada, jangan sedih dulu, karena kita masih bisa kok mendownload aplikasi dan memasukkan nama kita dalam daftar tunggu, meskipun tidak ada jaminan bahwa kita akan mendapatkan akun dengan cara itu. Tapi namanya usaha ya, siapa tahu ada undangan nyasar kan.

Hanya Untuk Pengguna iPhone

Selain itu, sayangnya Clubhouse saat ini hanya disediakan untuk para pengguna iPhone. CEO Clubhouse Paul Davidson mengatakan bahwa nantinya semua orang yang mengenal aplikasi Clubhouse bisa menikmati layanan termasuk pengguna Android.

Dengan mengenal aplikasi Clubhouse lebih dulu maka nantinya kita tidak akan kaget karena siapa pun yang berhasil menerima undangan hanya diberi dua undangan sendiri, yang kemudian bisa mereka berikan kepada orang lain.

Aplikasi yang benar benar dirancang secara eksklusif dan menarik ini memang tak main-main.

Clubhouse menciptakan tempat di mana banyak orang bisa bertemu untuk menjadi host, mendengarkan, dan dalam beberapa kasus, bergabung dengan percakapan dalam komunitas aplikasi.

Saat kita membuka aplikasi, kita akan disajikan dengan daftar ruangan, serta daftar yang menunjukkan siapa yang ada di setiap ruangan.

Kita bisa bergabung ke ruang dengan mengetuknya, atau membuat ruang kita sendiri.

Sejauh ini, sebagian besar ruang Clubhouse memiliki suasana podcast, dengan satu tamu berbicara dan semua orang mendengarkan.

Pengguna lain juga bisa ikut dalam percakapan asalkan atas seizin moderator moderator, tetapi tergantung pada obrolan, dan hal ini jarang terjadi.

Di aplikasi ini selalu ada banyak obrolan yang terjadi di waktu yang sama, jadi pengguna bisa memilih host dan subjek yang mereka minati.

Misalkan kamu sedang bergabung dengan tema kesehatan tapi ingin beralih ke obrolan tentang musik maka kamu bisa keluar obrolan kapan saja.

Socmed Orang Kelas Atas kah?

Ruang Clubhouse dipandu oleh para ahli, selebriti, tokoh terkenal, pemilik modal, pengusaha sukses, jurnalis, dan lainnya.

Pada akhir minggu lalu, Clubhouse menjadi berita utama, ketika Elon Musk menyelenggarakan obrolan audio di Clubhouse dengan CEO Robinhood Vlad Tenev.

Acara tersebut memaksimalkan batas ruang percakapan aplikasi, dan disiarkan secara langsung ke YouTube.

Ini membantu mendorong Clubhouse ke puncak tangga startup, dan membuat orang yang mengenal aplikasi Clubhouse berebut undangan.

Per 1 Februari 2021, makin banyak yang mengenal aplikasi Clubhouse sehingga Clubhouse sudah memiliki 2 juta pengguna. 

Tak Bertahan Lama di China

Bagi orang-orang yang mengenal aplikasi Clubhouse, ini bisa dijadikan upaya untuk membicarakan hal-hal yang sifatnya rahasia.

Contohnya di China, aplikasi Clubhouse bisa bertahan beberapa bulan disana tidak seperti media sosial lainnya seperti Facebook atau Instagram yang tidak bisa diakses sama sekali.

Banyak orang di China membuat ruang obrolan untuk membicarakan topik yang dilarang di China seperti tentang Hong Kong, Taiwan dan politik China daratan.

Situs e-commerce di China bahkan menawarkan kesempatan, kepada pengguna Clubhouse yang berharap untuk membeli undangan.

Di platform seperti Xianyu dan Taobao, kode undangan dijual dengan harga antara 150 – 400 yuan ($ 23 – $ 61). Namun pada akhirnya pada Senin 8 Februari 2021, Clubhouse telah diblokir di China.

Dengan mengenal aplikasi Clubhouse tentu nantinya akan ada banyak obrolan-obrolan yang bermanfaat bagi pengembangan kualitas diri kita. Maka dari itu gunakan media sosial dengan bijak ya.

Dan yang terpenting, tetap jaga kesehatan, pastikan bahwa selain dunia maya, ada dunia nyata yang menunggu sapaanmu.

Jadi, menjaga kesehatan sangatlah penting, terlebih jika kita terlalu lama memegang gadget, paparan radiasi akan sangat berpengaruh buruk bagi tubuh.

(Baca Juga: Deretan Aplikasi Ini Dihapus Google)

Perbanyak asupan makanan sehat dan olahraga, istirahatkan mata dengan baik agar kinerjanya tak menurun. Dan pastikan untuk melengkapi diri dengan asuransi kesehatan terbaik.

Karena faktanya, kesehatan yang buruk akan membuatmu sulit bersosialisasi, baik itu di dunia nyata, maupun di dunia maya.

Berbeda jika kamu memiliki tubuh yang sehat dan juga asuransi kesehatan yang terbaik, kamu bisa memeriksakan kesehatan secara rutin dan ini akan memberikan jaminan bahwa kondisi kesehatanmu tak akan membawa masalah bagi kondisi keluarga dan keuanganmu.

Yuk, tunggu apalagi, pilih asuransi kesehatan terbaik secara online di CekAja.com. Pengajuannya mudah, terpercaya, dan prosesnya juga cepat, karena bisa dilakukan secara online.