Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mengenal Budidaya Ternak Ikan Lele Biofolk yang Bebas Bau Amis

by Vera Khairifah on 7 November, 2019

Budidaya ternak ikan lele dengan teknik biofolk kini semakin dikenal. Beberapa peternak menerapkan teknik ini untuk mendapatkan hasil budidaya ikan lele secara maksimal dan bebas bau amis.

Mengenal Budidaya Ternak Ikan Lele Biofolk, Menguntungkan dan Bebas Bau Amis

Rupanya, biofolk pada budidaya ternak ikan lele sudah dikenalkan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan RI sejak tahun 2017 lalu. Di bawah instruksi Menteri Susi Pudjiastuti, kampanye ini disosialisasikan ke masyarakat luas.

Kelebihan Kolam Biofolk

Yang dimaksud dengan biofolk adalah kolam budidaya ternak ikan lele buatan yang dibentuk bulat menggunakan kawat besi, lalu menggunakan terpal sebagai wadah penampung air.

Teknik ini juga memperkenalkan cara menjaga kualitas air kolam dengan sistem keluar-masuk air yang baik. Diameter kolam ini sekitar 3 meter dengan tinggi antara1 sampai 1,5 meter dengan modal sekitar Rp 3 juta per kolam.

Budidaya lele biofolk memiliki banyak kelebihan, di antaranya sebagai berikut:

  1. Kolam Lebih Bersih

Sistem biofolk menerapkan pengaliran air yang baik. Sebelum lele diberikan pakan, air kolam dikeluarkan melalui pipa yang terhubung di bagian bawah kolam.

Ini memungkinkan untuk air keluar bersama dengan kotoran ikan lele. Sehingga kotoran pun terbawa, sementara itu di waktu yang bersamaan, air bersih mengalir dari pipa di bagian atas kolam.

Seolah-olah, air kolam terkuras dan menjadi lebih bersih. Air buangan bersama kotoran itu bisa dijadikan pupuk organik.

  1. Bebas Bau Amis

Dengan pengaliran air yang baik dna lebih bersih, maka budidaya ternak ikan lele pun terbebas dari bau amis. Hal ini akan menaikkan nilai jual lele dan memudahkan peternak agar tak perlu berkali-kali mencuci ikan saat masa panen tiba.

  1. Irit Lahan

Dengan kolam terpal buatan, luas lahan yang diperlukan tidak perlu terlalu banyak. Satu kolam biofolk bisa menampung antara 3 ribu sampai 5 ribu ekor ikan lele.

Di atas kolam juga kamu bisa menggunakannya untuk menanam berbagai sayur dengan teknik hidroponik.

  1. Mudah Dibuat

Kolam biofolk juga mudah dibuat. Jika dengan kolam tanah kamu harus menggali dulu, maka dengan kolam terpal biofolk ini cukup membentuk kerangka kolam dengan kawat besi.

Dan saat kamu memilih berhenti berbisnis, area kolam dan peralatan kolam masih bisa digunakan untuk kebutuhan lain.

(Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Budidaya Ternak Ikan Bawal yang Mendatangkan Untung Besar

Jenis Pakan Ikan Lele

Pada budidaya ikan lele biofolk, pakan diberikan dua kali saja. Yakni di jam 7 pagi dan 7 malam. Hal ini dikarenakan untuk menjaga pertumbuhan lele yang berukuran standar. Karena lele berukuran sangat besar malah cenderung kurang permintaannya.

Jenis pakan yang diberikan umumnya adalah Sentrat 781-1, yang dicampurkan dengan cairan prebiotik yang bisa dibeli. Atau, kamu juga bisa membuat cairan prebiotik buatan sendiri yang terdiri dari jahe, kunir, temulawak, dan kunyit yang dihaluskan lalu diberi air.

Pelet direndam dulu dengan cairan ini, lalu baru diberikan ke ikan lele. Satu kolam biofolk membutuhkan setidaknya 8 kilogram pelet per harinya.

Hasil Untung Budidaya Ternak Ikan Lele

Satu kilo ikan lele dihargai sekitar Rp 15 ribu sampai Rp 18 ribu. Masa budidaya ternak ikan lele biofolk adalah 45 hari hingga 90 hari, tergantung dengan besaran ikan lele yang ingin dijual.

Hasilnya bisa mencapai 1 ton ikan lele dalam sekali panen. Dengan demikian, hasil panen sekitar Rp 18 juta. Ukuran lele yang pas dan tidak bau amis akan membawa keuntungan pada penjualan hasil panen.

Tips Budidaya Ternak Ikan Lele
Pakai Aerator

Untuk mempercepat proses pengurasan air kolam, dibutuhkan aerator. Ini berfungsi memberikan sirkulasi udara dan kandungan oksigen di dalam kolam. Agar ikan semakin tumbuh baik dan cepat besar. Harga aerator berkisar mulai dari Rp 300 ribu hingga Rp 1 juta.

Jaga Suhu Kolam

Kolam budidaya ternak ikan lele sebaiknya bersuhu 20-28 derajat. Jaga agar tetap adem dengan mengisi air yang dalam, dan tambahkan tanaman eceng gondok bila perlu.

Mulai usahamu dengan mengajukan pinjaman dana tunai dengan cara gampang di CekAja.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast