Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Mengenal Coworking Space Lebih Dekat

by Miftahul Khoer on 11 Oktober, 2018

Pamor coworking space atau tempat kerja bersama semakin populer dan banyak diminati oleh banyak orang. Bahkan hingga saat ini, Ibukota kita tercinta, Jakarta masih menjadi penyumbang terbesar populasi coworking space seiring banyak pelaku startup, komunitas dan freelancer di kota-kota besar.

Apa saja yang membuat coworking space ini menjadi populer dan banyak digunakan sebagai kantor bagi banyak orang? Serta apa saja kelebihan dan kekurangan bekerja di co working space? Yuk simak.

Apa itu coworking space?

Coworking space merupakan tempat kerja bersama atau kantor dengan konsep baru yang bisa digunakan setiap orang. Coworking space biasanya dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan rintisan yang memiliki keterbatasan membangun atau menyewa kantor sendiri.

Dengan menggunakan co working space, para perusahaan ini bisa menyewa kantor dengan luas ruang yang diinginkan serta dengan bujet yang bisa lebih ditekan.

Bukan hanya perusahaan rintisan, coworking space ini juga kerap digunakan oleh kalangan mahasiswa, peneliti, pekerja paruh waktu, editor, jurnalis hingga penulis.

Di sebuah coworking space, bahkan bisa kita temukan segala macam profesi di atas dalam satu ruang. Selain itu, coworking space juga biasa digunakan untuk acara-acara komunitas kreatif.

Asosiasi Coworking Space Indonesia mencatat hingga saat ini terdapat sekitar 220 unit coworking space yang tersebar di 44 kota di Indonesia atau meningkat dari tahun 2016 yang mencapai 60 unit.

Dari pola sebaran coworking space tersebut, hampir 50 persen populasinya berada di Jakarta, sisanya terdapat di wilayah Jawa. Diperkirakan, jumlah co working space bakal terus bertambah setia tahunnya.

(Baca juga: Ini 10 Perusahaan Fintech Terbesar di Dunia!)

Kelebihan co working space

Sebagian para freelancer, mahasiswa atau profesi lainnya lebih memilih menggunakan coworking space untuk tempat kerja mereka. Biasanya masing-masing coworking space menawarkan sewa harian, mingguan, bulanan hingga tahunan.

Untuk coworking space di kawasan Jabodetabek, besaran biasa sewa sangat beragam mulai dari Rp50.000 per delapan jam hingga Rp1 juta per bulan. Khusus untuk Jakarta, besaran biaya sewanya sedikit lebih tinggi.

Beberapa keuntungan bekerja di coworking space antara lain Anda bisa bekerja lebih kondusif dengan beberapa fasilitas pendukung seperti internet, AC, sofa, meja, kursi hingga tempat yang jauh lebih homy dibandingkan kantor biasa.

Untuk para pelaku startup, bekerja di coworking space bisa menambah jaringan atau berbagi pengalaman dengan sesama pelaku usaha yang sama-sama menggunakan coworking space.

Bagi para freelancer, yang biasa kerja di cafe tentu memilih coworking space merupakan pilihan yang tepat karena akan lebih jauh menghemat biaya.

Sementara bagi yang biasa bekerja di rumah, bekerja di coworking space jauh lebih nyaman karena tidak ada gangguan atau distraksi yang sering menghambat pekerjaan.

(Baca juga: Dari 'Swipe' hingga Iklan, Cek Fitur Anyar di WhatsApp!)
Kekurangan coworking space

Ada sebuah anekdot tentang coworking space. Seseorang yang bekerja menggunakan tempat coworking space itu sangat boros. Sewa tempat delapan jam dengan biaya Rp50.000 dan harus bawa laptop sendiri. Mendingan kerja di warnet saja dengan biaya Rp50.000 bisa seharian dan bisa menggunakan fasilitas komputer yang disediakan pemilik warnet.

Ya, kalau melihat anekdot tersebut di sisi lain memang ada benarnya. Jika kita hitung-hitung biaya bulanan untuk sewa coworking space saja per bulan harus merogoh kocek Rp1 juta hanya untuk mendapat tempat kerja dan internet.

Khusus bagi para sebagian freelancer, biaya sewa tersebut dinilai lebih besar. Maka sebagian freelancer ada juga yang tidak memillih coworking space sebagai tempat kerja mereka.

Para freelancer ini lebih memilih bekerja di tempat-tempat lain yang jauh lebih hemat seeprti kosan, perpustakaan atau memasang internet sendiri dengan bujet yang lebih murah ketimbang sewa coworking space.

Pilih kerja di coworking space atau di…

Nah, di atas telah diuraikan beberapa kelebihan dan kekurangan bekerja di coworking space. Tentu saja setiap orang relatif bisa menilai sendiri mana yang lebih hemat dan menguntungkan apakah bekerja di coworking space, cafe, sewa kantor atau bekerja di rumah sendiri.

Bagi para perusahaan rintisan mungkin akan lebih memilih coworking space ketimbang berkantor di rumah pribadi atau sewa kantor yang lebih mahal.

Namun buat sebagian para freelancer ada juga yang memilih bekerja di warung kopi atau kosan karena biayanya bisa lebih hemat. Kalau Anda lebih memilih kerja di mana?

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.