Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mengenal Destinasi Wisata Vietnam, Tuan Rumah SEA Games 2021

by Miftahul Khoer on 18 Desember, 2019

Vietnam akan menjadi tuan rumah SEA Games ke-31 pada 2021 setelah meneruskan tongkat estafet dari Filipina dalam penutupan SEA Games ke-30 tanggal 11 Desember 2019. Pada 2021 nanti akan banyak delegasi atlet, ofisial, dan juga pendukung dari negara-negara anggota ASEAN yang mungkin kamu adalah salah satunya.

Sebagai persiapan apabila nanti kamu berkesempatan berkunjung ke Vietnam dalam rangka SEA Games ataupun berlibur, ada baiknya berkenalan dengan beberapa destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi.

  • Danau Hoan Kiem

Danau Hoan Kiem - Mengenal Destinasi Wisata Vietnam Tuan Rumah SEA Games 2021

Danau ini terletak di tengah-tengah kota Hanoi, ibu kota Vietnam dan merupakan salah satu tempat wisata terkenal di kota tersebut. Masyarakat setempat menjadikan danau ini sebagai pusat olah raga dan pembelajaran alam bagi masyarakat sekitar.

Hoan Kiem berarti ‘returned sword’ yang diambil dari legenda Raja Le Loi yang memiliki pedang magis pemberian para Dewa yang kemudian digunakan untuk mengusir penjajah China. Setelah itu, Raja mengembalikan pedang tersebut ke Golden Turtle God yang ada di dalam danau.

Di sekitar tepian danau kamu juga bisa menemukan sebuah kuil bersejarah dan kamu juga bisa bersantai makan siang sambil piknik di bawah pepohonan yang rimbun.

  • Kota Tua Hoi An

Kota Tua Hoi An - Mengenal Destinasi Wisata Vietnam Tuan Rumah SEA Games 2021

Kawasan kota tua ini merupakan salah satu pelabuhan pusat perdagangan paling penting yang menghubungkan Asia dan Eropa selama 17 abad. Saat ini, kota perdagangan sudah tidak lagi bertempat di kawasan ini. Meski begitu, Hoi An tetap menjaga kelesetarian dan keotentikannya sebagai kota legendaris yang menarik bagi jutaan wisatawan.

Di lokasi ini terdapat jalanan kecil yang hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki ataupun dengan menggunakan sepeda serta terdapat bangunan-bangunan klasik yang masih berdiri kokoh hingga saat ini untuk dinikmati wisatawan.

(Baca juga: Kontroversi Ekspor Benih Lobster, Ternyata Segini Harganya!)

Kota tua ini memiliki bangunan-bangunan kuno dengan gaya arsitektur khas Jepang, China, serta kanal-kanal Perancis yang masih terjaga hingga kini. Kamu juga bisa menghabiskan waktu senja hingga malam hari di sungai Hoi An dan seluruh kawasan yang juga merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1999.

  • Pulau Phu Quoc

Pulau Phu Quoc - Mengenal Destinasi Wisata Vietnam Tuan Rumah SEA Games 2021

Pulau ini terletak di depan pantai Kamboja dan merupakan pulau terbesar di Vietnam. Keindahan alam di pulau ini membuatnya diibaratkan sebagai Phuket nya Vietnam. Di pulau ini terdapat hutan tropis alami yang lebat dan juga terumbu karang yang belum terjamah serta pantai yang besar.

Salah satu pantai terindah di pulau ini adalah Bai Dau atau bisa juga disebut Long Beach yang masuk dalam daftar lima pantai terindah di dunia. Di sini juga bisa dinikmati kelezatan nuoc nam atau saus ikan fermentasi khas Phu Quoc yang sudah terkenal ke seluruh dunia.

  • Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang

Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang - Mengenal Destinasi Wisata Vietnam Tuan Rumah SEA Games 2021

Taman nasional ini adalah salah satu situs warisan dunia UNESCO yang ada di provinsi Quang Binh, Vietnam bagian Utara-Tengah. Di kawasan ini terdapat hasil pengembangan kulit bumi selama 464 juta tahun lalu yang membentuk formasi karst terbesar dan juga tertua di Asia.

Taman Phong Nha-Ke Bang memiliki zona kapur dan gua-gua mengesankan dengan luas 2.000 km persegi dan panjang total 70 km. Selain itu, juga ada Hang Song Dong Cave yang merupakan gua terbesar di dunia.

Kawasan ini merupakan salah satu ekosistem yang memiliki peranan penting di daerah Indo-Pasifik serta menawarkan banyak fitur geomorfik yang signifikan termasuk ada sungai bawah tanah, gua dendritk, gua kering, dan juga gua bertingkat.

  • The Sand Dunes

The Sand Dunes - Mengenal Destinasi Wisata Vietnam Tuan Rumah SEA Games 2021

The Sand Dunes merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Vietnam. Kawasan ini berbentuk bukit pasir dengan warna tampak keemasan bila dilihat dari kejauhan.

Para wisatawan banyak yang menikmati berjalan-jalan di bukit pasir ini karena seakan seperti berjalan di gurun Sahara. Kalau kamu datang ke sini, wajib untuk mengunjungi The White Dunes dengan area lebih luas yang dikenal sebagai Bau Trang atau White Lake oleh penduduk setempat. 

(Baca juga: Mantap, Pencak Silat Dijadikan Warisan Budaya Dunia Oleh UNESCO!)

Di area ini terdapat pepohonan pinus yang memberikan keteduhan serta dilengkapi dengan banyaknya penjaja makanan minuman kuliner khas Vietnam. Selain itu, juga ada The Red Dunes yang merupakan padang pasir berwarna cokelat kemerahan sehingga sangat populer sebagai tempat untuk mengabadikan foto.

Tentunya Vietnam masih memiliki banyak tempat wisata lain yang menarik untuk dikunjungi. Namun, beberapa destinasi yang diulas dalam tulisan ini bisa menjadi panduan untuk kamu saat berkunjung ke sana.

Atau akhir tahun ini juga kamu mau plesir ke Vietnam? Manfaatkan promo dan diskon menarik dari kartu kredit BRI saja, yang selama musim libur Natal dan Lebaran memberikan banyak penawaran penarik bagi nasabahnya.

Pilih dan ajukan kartu kredit BRI kamu lewat CekAja.com, yang bisa kamu dapatkan dengan cepat dan mudah.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.