Mengenal Fitur Portal SSCASN 2021 Dulu Sebelum Mendaftar Sebagai ASN

Profesi ASN atau dahulu dikenal PNS, kini sepertinya kembali diminati banyak generasi muda. Bahkan moment penerimaan CPNS beberapa tahun terakhir selalu ditunggu dan baiknya sebelum mendaftar kita mengenal fitur portal SSCASN 2021 terlebih dahulu.

Memiliki profesi sebagai aparatur sipil negara atau ASN adalah impian banyak orang. Mereka menganggap bahwa itu adalah pekerjaan yang menjamin masa depan.

Karena banyak dari kita berpikir bahwa jaminan masa depan di hari tua kini sangat penting, dan salah satu pekerjaan yang memberikan jaminan hingga hari tua berupa dana pensiun adalah ASN. Tentu saja itu berlaku, asalkan kita tak memiliki hutang menumpuk yang akan menghantui masa tua kita.

Meskipun pekerjaan bisa apa saja asalkan halal tapi banyaknya orang yang mendaftar CPNS tiap tahunnya membuktikan bahwa minat masyarakat untuk menjadi ASN masih tinggi. Nah dalam perekrutannya sekarang memakai sistem online yang terpadu.

Di tahun 2021 ini akhirnya Pemerintah membuka lowongan CPNS setelah tahun lalu ditiadakan. Jadi buat para pejuang CPNS harus mengenal fitur portal SSCASN 2021 dulu ya.

Setiap tahunnya proses seleksi ini semakin ketat saja. Juga sistem online yang dilakukan mulai dari pendaftaran sampai nanti hasil juga terus berkembang.

Nah untuk itu kita perlu update dan mengenal fitur portal SSCASN 2021 siapa tahu berbeda dari tahun sebelumnya. Tanpa basa-basi yuk simak terus informasi ini.

(Baca Juga: Hal-hal yang Harus Diperhatikan Peserta Tes CASN)

Mengenal Fitur Portal SSCASN 2021

Bagi para pejuang CPNS tentu sudah tak asing lagi dengan apa yang dinamakan SSCASN. Tapi karena setiap tahunnya pasti ada mereka yang baru akan mendaftar pasti belum banyak yang tahu.

Nah SSCASN sendiri kependekan dari Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara. Sistem ini dilakukan oleh Badan kepegawaian Negara.

Portal ini bisa dibuka di alamat http://sscn.bkn.go.id//. Ini satu-satunya portal resmi yang dipakai oleh Pemerintah baik untuk seleksi pusat maupun daerah. 

Dengan mengenal fitur portal SSCASN 2021 kita akan lebih mudah saat akan mendaftar nanti. Jadi di portal ini kita bisa mengetahui banyak informasi tentang jadwal, alur pendaftaran, formasi yang dibuka dan informasi lainnya.

Ada banyak fitur yang bisa dipakai sebagai pelamar. Apa saja itu? simak dibawah ini ya!

1. Fitur Akun dan Pendaftaran

Ini adalah tempat kita membuat akun untuk mendaftar CPNS. Dengan mengenal fitur portal SSCASN 2021 yang pertama harus kita temukan adalah membuat akun lebih dulu.

Kita hanya harus mengisi nomor NIK yang sesuai dengan identitas kita. Kita juga bisa untuk proses verifikasi atau pengumuman kelulusan.

2. Fitur Helpdesk

Ini adalah fitur yang nantinya akan membantu pelamar. Kita bisa menanyakan hal-hal umum yang biasanya menjadi pertanyaan kita saat mendaftar.

3. Fitur Alur dan Petunjuk Penggunaan

Mengenal fitur portal SSCASN 2021 ada juga fitur alur dan petunjuk penggunaan yang fungsinya memberi tahu dengan jelas proses mulai dari pendaftaran CPNS sampai akhir, ini juga merupakan gambaran besar bagaimana seleksi dilakukan.

4. Fitur Simulasi Pemilihan Formasi

Fitur selanjutnya adalah Simulasi Pemilihan Formasi yang bisa dipakai pelamar untuk melihat formasi mana yang dibuka dan sesuai dengan kualifikasi pendidikannya. Kita tinggal memasukkan pendidikan terakhir yang kita jalani nantinya akan muncul formasi yang cocok untuk seluruh instansi yang membuka lowongan.

Jadi dengan mengenal fitur portal SSCASN 2021 ini kita tidak perlu lagi mencari satu per satu mana formasi yang cocok untuk kita. 

5. Fitur Pengumuman

Ini tentu fitur yang sangat penting bagi pelamar karena apapun informasi pengumuman bisa dilihat di fitur ini. 

6. Fitur Dashboard

Mengenal fitur portal SSCASN 2021 bukan hanya bagi para pelamar tapi juga bagi panitia seleksi. Fitur dashboard diperuntukkan bagi petugas yang nantinya akan menjaring pelamar dari berbagai daerah.

Panitia bisa memakai fitur ini untuk memonitor kemajuan proses pendaftaran sampai hasil pengolahan nilai.

7. Fitur Pengolahan Hasil Seleksi (SKD, SKB)

Selanjutnya petugas panitia seleksi juga harus mengenal fitur portal SSCASN 2021 ini yaitu untuk mengolah nilai hasil dari tes seleksi yang sudah dilakukan oleh pelamar. Proses pengolahan nilai ini tidak boleh ada campur tangan pihak tertentu dan harus mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan.

8. Fitur Verifikasi

Setiap instansi juga wajib mengenal fitur portal SSCASN 2021 yang satu ini. Ini dipakai untuk memverifikasi dokumen yang diunggah oleh pelamar yang sesuai dengan persyaratannya secara online.

Jadi tiap instansi akan melakukan verifikasi administrasi atas semua dokumen yang masuk dari pelamar mana yang sesuai dengan persyaratan.

9. Fitur Admin Instansi dan BKN Pusat/ Kanreg

Ada pula fitur yang wajib diketahui oleh petugas admin masing-masing instansi saat mempersiapkan pendaftaran CPNS. Fitur ini adalah modul untuk melakukan pengaturan mulai dari formasi, persyaratan dan lokasi penempatan sebelum pendaftaran dibuka.

Bagi BKN Pusat dan Kantor regional wajib mengenal fitur portal SSCASN 2021 ini untuk melakukan validasi formasi.

Nah sebagai pelamar atau panitia wajib mengenal fitur portal SSCASN 2021 yang paling update ini. setelah mengenal fitur portal SSCASN 2021 ini tentu kita tak boleh mengabaikan apa sih yang harus disiapkan untuk mendaftar nanti.

Beberapa dokumen yang harus dipersiapkan antara lain KTP, KK, Ijazah, Transkrip Nilai, pas foto latar belakang merah dan syarat lainnya sesuai instansi masing-masing.

Tak hanya menerima lulusan sarjana saja, CPNS juga menerima formasi untuk lulusan SMA loh. Jenis tes seleksinya juga berbeda-beda tergantung formasinya.

Nah dengan kita mengenal fitur portal SSCASN 2021 semoga kita bisa lancar saat pendaftaran yang kabarnya bulan April ini dibuka. 

(Baca Juga: Portal Online Untuk Latihan Tes CASN)

Dan bagi kalian yang berminat melakukan pendaftaran untuk formasi luar kota atau luar pulau, bersiaplah untuk melakukan perjalanan jauh. Serta jangan lupa melengkapi diri dengan asuransi perjalanan.

Karena, kita tentu harus berjaga jaga dan waspada dari berbagai hal yang mungkin saja terjadi dalam perjalanan. Dan asuransi perjalanan adalah salah satu solusinya.

Bagi yang belum memiliki asuransi perjalanan, kita bisa langsung membuatnya melalui CekAja.com. Melalui CekAja.com kita bisa memilih dan membandingkan dulu asuransi perjalanan mana yang cocok untuk kita.

Semua pendaftaran dilakukan dengan sistem online, dan CekAja.com adalah salah satu partner resmi dan aman yang diawasi oleh OJK.

Jadi tak perlu ragu lagi, yuk ajukan asuransi perjalananmu melalui CekAja.com.