Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Mengenal Fungsi dan Manfaat Uang Elektronik

by Rafly Aditia on 3 September, 2017

beli reksadana online _ investasi - CekAja.com

Di zaman yang serba maju ini, banyak hal yang terus berkembang berkat kemajuan teknologi. Tidak terkecuali uang sebagai alat pembayaran.

Apabila dulu uang hanya ada dalam bentuk fisik yang dibagi menjadi dua saja yaitu uang kertas dan uang logam, sekarang kita sudah tidak asing lagi mengenal jenis uang lainnya yaitu uang elektronik.

Uang elektronik atau yang biasa juga disebut dengan uang digital adalah jenis uang yang sudah mulai melekat di masyarakat era modern saat ini. Dalam penggunaannya diperlukan kehadiran internet dan sistem penyimpanan digital.

Manfaat uang elektronik

Uang elektronik atau juga dikenal dengan nama e-money memiliki nilai tersimpan (stored value) atau prabayar (prepaid) yang tersimpan dalam sebuah media elektronik.

Layaknya uang biasa, saat melakukan pembayaran maka nilai dari e-money yang kita miliki akan berkurang sementara ketika terjadi transaksi uang masuk makan saldo atau nilainya akan bertambah.

(Baca juga: Apa itu Pajak Progresif Kendaraan dan Cara Hitungnya?)

Ada beberapa manfaat dan keuntungan yang bisa kita dapatkan saat menggunakan uang jenis ini, antara lain:

Kemudahan belanja di minimarket

Nah, kalau yang satu ini sih pasti terasa banget manfaatnya bagi para ibu-ibu yang suka belanja. Membawa uang cash dalam jumlah banyak sangat merepotkan, bahkan juga bisa membahayakan diri atas risiko perampokan dan pencurian. Oleh karena itu, dengan kehadiran uang elektronik, kini belanja bisa menjadi lebih aman.

Di seluruh kota-kota besar, minimarket-minimarket ternama sudah melayani penggunaan uang elektronik sebagai alat pembayaran. Bukan hanya itu, pembayaran dengan menggunakan uang elektronik di minimarket justru mulai menjadi pilihan yang diutamakan saat ini.

Pembayaran transportasi umum

Saat ini, pemerintah begitu gencar untuk mengkampanyekan penggunaan e-money kepada masyarakat. Bahkan, sejak beberapa tahun belakangan kita sudah bisa menggunakan e-money untuk pembayaran tarif transportasi umum, terutama untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

(Baca juga: 8 Tempat di Jakarta Buat Hangout dan Tambah Wawasan)

Mulai dari kereta listrik hingga busway Jakarta menerima pembayaran menggunakan jenis uang yang satu ini. Bukan hanya lebih praktis, para pengguna transportasi umum seperti KRL merasakan betul dampak positif dari penggunaan e-money.

Mengingat transaksi dengan menggunakan e-money dilakukan secara terpisah dan lebih cepat, maka antrian panjang ketika ingin naik KRL dapat dihindari.

Sekarang, busway juga sudah menggunakan e-money sebagai alat pembayaran. Bisa dilihat, sulit sekali sekarang menemukan terminal busway yang melayani pengunaan uang fisik atau pemabayaran kontan. Hal ini dikarenakan pemerintah telah mewajibkan penggunaan e-money untuk para pengguna busway atau transjakarta.

Pembayaran tol

Salah satu penyebab mengapa toll begitu macet adalah karena antrian di gerbang atau pintu tol yang menumpuk. Biasanya dalam transaksi pembayaran toll menggunakan uang fisik, membutuhkan setidaknya 5 sampai 10 detik untuk satu mobil. Waktu seperti itu dapat dipangkas dengan mudah lewat hadirnya e-money sebagai alat pembayaran yang lebih dianjurkan.

Kalau tinggal di Jakarta, pasti tahu betul belakangan ini gerbang tol yang melayani pembayaran menggunakan uang fisik mulai dikurang. Sekarang justru lebih banyak gerbang tol yang  melayani penggunaan e-money untuk pembayaran.

Pasalnya mulai Oktober 2017, transaksi pembayaran jalan tol akan dialihkan menggunakan e-toll atau dengan menggunakan uang elektronik.

Bahkan, penggunaan alat ini sudah terbukti dan terasa manfaatnya, waktu transaksi yang biasanya cukup lama tersebut mulai dapat dipangkas hingga kurang dari 5 detik untuk satu mobil.

Belanja online

Kini untuk berbelanja tidak harus datang ke mall, department store, atau toko-toko fisik. Berkat kehadiran situs dan aplikasi belanja online, kita sekarang bisa belanja berbagai barang dan kebutuhan dengan mudah hanya dengan menggunakan gadget yang dimiliki.

Perkembangan situs-situs dan aplikasi belanja online pun juga begitu pesat, sehingga kita tidak harus repot-repot melakukan pembayaran via atm ketika berbelanja. Karena saat ini hampir seluruh situs dan aplikasi belanja online memiliki fitur e-money yang begitu banyak manfaatnya.

Adanya promo dan diskon khusus

Salah satu penyebab mengapa kehadiran jenis uang yang satu ini sangat diterima oleh masyarakat adalah karena adanya promo dan diskon khusus. Lewat penggunaan e-money biasanya para pengguna mendapatkan promo atau diskon khusus.

Tentunya hal ini akan terasa sangat menguntungkan bukan? Malahan tidak jarang situs-situs belanja atau aplikasi masa kini memberikan diskon lebih dari 40% jika kita melakukan transaksi menggunakan e-money. Benar-benar menggoda bukan keuntungan yang ditawarkan oleh pengganti uang fisik ini?

Banyak keuntungan saat gunakan uang elektronik

Tidak hanya menguntungkan kita saja sebagai pengguna, ternyata pengganti uang fisik ini memberikan kemudahan bagi pemerintah dan keuntungan bagi negara.

Ya, kehadiran jenis uang satu ini memang sangat didukung oleh pemerintah. Karena sebagai pengganti uang fisik, jenis uang satu ini diharapkan bisa membantu pemerintah untuk memantau dan mengendalikan jumlah uang beredar di masyarakat.

Dengan mengontrol jumlah uang yang beredar di masyarakat, maka pemerintah dapat lebih mudah dalam menjaga inflasi sehingga akan memberikan dampak perekonomian yang positif bagi negara secara keseluruhan. Benar-benar bermanfaat bagi semua pihak, bukan?

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.