Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Mengenal Game Streamer, Profesi Kekinian yang Bikin Tajir

by Miftahul Khoer on 26 Februari, 2019

Banyak cara kekinian untuk mendapatkan uang di era internet, salah satunya menjadi game streamer. Menjadi game streamer saat ini tak bisa dipandang sebelah mata karena mampu menghasilkan cuan yang lumayan. 

Kalau kamu termasuk maniak game, ada baiknya untuk mencoba menjadi game streamer atau main game sambil live dan berinteraksi dengan orang lain. Tak sedikit para pemain game menghasilkan banyak uang dari hasil live streaming di beberapa platform yang sudah ada terutama yang tersedia di Indonesia.

Nah, bagaimana caranya untuk menjadi seorang game streamer sukses? Yuk, mengenal lebih jauh tentang game streamer!

Pembawaan Personal

Banyak orang yang jago main game, tetapi sedikit dari mereka yang percaya diri dan bisa tampil di depan kamera. Tahu sendiri kan tak sedikit dari para pemain game ini yang memiliki sifat introvert. So, lebih baik kamu berupaya tampil percaya diri jika ingin serius menjadi game streamer

Jangan lupa, kamu juga harus menciptakan ciri khas ketika bermain. Ini menjadi modal penting agar sosokmu mudah diingat. Game streamer yang punya ciri khas misalnya PewDiePie. Pembawaannya yang kocak membuat ia terkenal di kalangan gamers dunia. Bahkan ia termasuk YouTuber dengan subscriber terbanyak mencapai 82 juta hingga saat ini.

Selain itu, kamu juga harus fokus kepada satu game. Kuasai satu game agar menjadi kekuatan kamu saat live streaming. Dengan begitu, orang akan memandang bahwa kamu spesialis dan paling ahli di satu game tertentu. Dan jangan lupa untuk konsisten, terutama untuk perkara jadwal live streaming.

(Baca juga: Sering Main Game PUBG? Ini Fakta-fakta yang Perlu Anda Tahu)

Memilih Layanan Streaming

Ada banyak platform layanan live streaming yang khusus disediakan untuk para gamer. Hampir semua platform memberikan benefit berupa uang yang cukup menggiurkan kepada para gamer yang konsisten melakukan live streaming.

Pertama, kamu bisa menggunakan YouTube Gaming. Semua orang tentu sudah tahu bahwa platform satu ini merupakan surganya bagi pecinta game. Banyak gamer terkenal yang mengunakan YouTube sebagai layanan live streaming-nya. Semakin banyak yang melihat di YouTube, maka semakin banyak juga iklan yang ada di channel kamu.

Kedua adalah Twitch. Sejak 2011 platform ini menjelma menjadi tempat bernaung para game streamer di dunia. Mungkin yang dulunya aktif di YouTube banyak beralih ke Twitch. Di Twitch, kamu diharuskan untuk melakukan live stream minimal tiga kali dalam seminggu dengan rata-rata penonton 500 viewers. Twitch sendiri memberikan besaran uang tertentu kepada para gamer yang menjadi member.

Ketiga adalah Cube. Sejak diluncurkan pada Mei 2018, platform ini juga langsung digemari oleh para gamer. Cube diluncurkan oleh pengembang Bigo Live. Mereka sadar betul pasar di Indonesia begitu besar sehingga meluncurkan platform khusus untuk para gamer melakukan live stream.

Keempat yaitu Nimo Tv. Platform yang juga diluncurkan di Indonesia pada Mei 2018 ini bisa memberikan kesejahteraan bagi para pecinta games dengan bayaran hingga ratusan juta per bulan. Dengan catatan, para game streamer bermain minimal dua jam dalam sehari atau 60 jam dalam sebulan.

(Baca juga: Perjalanan Bisnis Elon Musk dari Game sampai Space X)

Perlengkapan Tempur Game Streamer

Menjadi game streamer tidak akan berhasil jika kamu gak punya perangkat pendukung. Beberapa perlengkapan yang wajib kamu miliki untuk menjadi game streamer antara lain seperangkat komputer lengkap dengan keyboard, mouse, dan speaker yang mumpuni.

Selain itu, kamu juga harus memiliki face cam recorder yang juga mumpuni. Tak lupa, kamu juga harus punya microphone hingga headset yang tentu menjadi penunjang kamu menjadi game streamer.

Untuk membeli alat-alat semacam itu tentu butuh modal lumayan. Manfaatkan kemudahan fasilitas cicilan dari kartu kredit. Belum punya kartu kredit? Cek pilihan terbaiknya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.