Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mengenal Istilah Visa Overstay yang Dialami Rizieq Shihab

by Gito on 12 Juli, 2019

Nama Rizieq Shihab belakangan kembali mencuat. Setelah sempat terganjal beberapa kasus hukum sekarang pentolan Front Pembela Islam (FPI) harus menghadapi permasalahan administrasi kewarganegaraan, visa overstay.

visa overstay

Sudah 2 tahun Rizieq Shihab menetap Arab Saudi. Keberangkatannya ke tanah suci kala itu secara kebetulan berdekatan dengan munculnya kasus pornografi yang sempat dikaitkan dengan dirinya.

2 tahun merupakan waktu yang cukup lama untuk menetap. Artinya yang bersangkutan memang kerasan tinggal disana. Betahnya Rizieq di tanah suci juga didukung oleh pernyataan salah satu pengacaranya, Kapitra Ampera.

Dia mengatakan bahwa kliennya mendapatkan visa unlimited alias tak terbatas di Arab Saudi.

Tidak hanya itu, salah satu konglomerat di sana juga diklaim memfasilitasi Rizieq sehingga dia bisa hidup dengan nyaman di tanah suci. Namun belakangan muncul kabar bahwa visa Rizieq sudah kedaluwarsa sejak pertengahan 2018 lalu atau overstay.

Karena hal itu, Rizieq diwajibkan membayar denda Rp110 juta untuk setiap orang agar dapat kembali ketanah air. Hal itu tentu menambah panjang drama kepulangan Rizieq Shihab ke tanah air.

Namun selain itu, terdapat syarat lain yang bisa kembali selain membayar denda juga menyelesaikan permasalahan hukum dinegara tersebut jika ada.

Nah kamu yang selama ini suka berpergian ke luar negeri, jangan sampai lupa pulang. Perhatikan jenis visa yang kamu gunakan. Apakah visa wisata, pendidikan atau bekerja. Itu semua memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda.

(Baca juga: Siasat Belanja Hemat Saat Liburan di Luar Negeri)
Lakukan Hal Ini Jika Kamu Overstay

Perhatikan juga tanggal kedaluwarsanya. Jangan sampai tanggal berlakunya sudah habis tetapi kamu masih berada di negara lain. Karena selain membayar denda, overstay kamu juga sudah dikategorikan sebagai pelanggaran hukum lo.

Rekam jejak kamu juga akan terganggu, karena disitu terekam bahwa kamu pernah melakukan pelanggaran hukum di negara tersebut. Nah imbas lainnya, kamu akan kesulitan untuk membuat visa yang sama. Kamu juga berpeluang untuk dideportasi dan juga ditahan lo.

Pun jika kamu terlanjur kehabisan visa saat sedang berada di negeri orang, jangan khawatir. Lakukan hal ini yuk!

1. Lakukan Segera

Visa merupakan izin tinggal atau menetap bagi warga negara asing. JIka tahu visamu bakal habis, segera mengurus visa baru. Jangan ditunda-tunda, karena nanti dendanya juga akan terus meningkat seiring dengan lama overstay kamu.

Kamu bisa mendapatkan visa on arrival dengan persetujuan Indonesia terlebih dahulu tentunya. Tetapi visa baru tidak bisa kamu dapatkan kalau kamu sudah terlebih dulu kehabisan visa.

Kamu juga bisa menghubungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) setempat dan menjelaskan permasalahan sehingga kamu kehabisan visa.

(Baca juga: Kiat Aman dan Hemat Liburan ke Luar Negeri dengan Kartu Kredit)
2. Segera ke Bandara dan Pulang

Jika kamu tahu visa kamu sudah habis, maka kamu sebaiknya segera ke bandara dan urus tiket pulang ke tanah air. Jangan juga kelayapan dan mampir kesana-kemari. Karena kalau kamu tertangkap petugas, belum tentu kamu bisa langsung pulang ke tanah air.

Jelaskan ke pihak bandara bahwa kamu mengalami overstay atau kehabisan visa. Biasanya pihak bandara dapat maklum, namun kamu tetap diwajibkan membayar denda sesuai dengan kebijakan maskapai penerbangan kamu.

3. Membayar Denda

Hal ini tidak bisa kamu hindari ketika kamu sudah kehabisan visa. Kamu perlu melapor ke pihak imigrasi dan membayar uang denda sesuai dengan kebutuhanmu.

Berkatalah jujur, apa penyebab overstay kamu. Datanglah langsung ke imigrasi, jangan menggunakan jalan belakang ataupun jalur tidak resmi lainnya. Karena kalau ketahuan, maka hukuman dan dendamu bakal semakin berat.

Agar perjalanan ke luar negeri kamu semakin nyaman, kamu juga perlu melengkapi diri dengan asuransi perjalanan. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir kehilangan bagasi, keterlambatan jadwal penerbangan ataupun risiko lain yang timbul atas tempat tinggal kamu yang ditinggal cukup lama.

Akses CekAja.com dan dapatkan asuransi perjalanan yang cocok untuk kebutuhan kamu.

Tentang Penulis

Veritas Vos Liberabit

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami