Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Mengenal Jenis Nasi Goreng, Menu yang Disantap Saat Pertemuan Mega – Prabowo!

by Miftahul Khoer on 25 Juli, 2019

Menu nasi goreng alias nasgor menjadi perhatian publik setelah adanya pertemuan dua politikus kawakan Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto. Keduanya bertemu di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, pada Rabu, 24 Juli 2019. Nasgor menjadi menu diplomasi pertemuan dua politikus yang sempat bersebrangan itu.

Nasgor bukanlah menu kali pertama yang disuguhkan Megawati kepada Prabowo. Jauh sebelumnya ketika keduanya berpasangan pada Pilpres 2009, narasi nasgor telah menjadi simbol koalisi. Bukan hanya dua politikus senior ini saja, nasgor juga sempat menjadi perhatian publik dunia ketika Presiden Amerika ke-44 Barack Obama pada 2017 datang ke Indonesia dengan menyatakan kangan dengan nasgor.

Bahkan, pada 2017 CNN pernah melakukan survey masakan terlezat di dunia. Hasilnya, nasgor berada di peringkat kedua setelah rendang. Ini berarti bahwa menu masakan khas Indonesia diakui di dunia. Tak heran jika nasgor kerap dijadikan simbol dan alat diplomasi di kancah politik nasional.

Jenis-jenis nasi goreng

Lupakan sejenak kaitan nasgor dengan perpolitikan di tanah air. Mari sedikit mengulas jenis-jenis nasgor paling enak yang populer di Indonesia. Ada banyak ragam jenis nasgor yang kerap dijadikan menu utama keluarga hingga ladang bisnis.

Menu yang terbuat dari bahan-bahan sederhana mulai dari nasi, bumbu-bumbu dasar, bawang merah, bawang putih, cabai merah ini bisa dibuat oleh siapa saja. Hanya saja untuk menambah cita rasa yang lebih menggugah selera, banyak variasi dari nasgor yang diolah dengan menu tambahan lain.

(Baca juga: Diskriminasi Rasial, Sakitnya Tuh Di Sini!)

1. Nasi goreng kambing

Kamu pasti sudah gak asing lagi dong dengan jenis nasgor satu ini. Nasgor berisi daging kambing ini punya ciri khas bumbu perpaduan dari minyak samin, kapulaga, cengkeh, jinten dan bumbu-bumbu dasar lainnya.

Salah satu kedai nasgor kambing paling terkenal di Jakarta adalah Nasgor Kebon Sirih yang telah berjualan sejak tahun 1958. Nasgor ini terkenal dan selalu dipadati pelanggan karena cita rasanya yang mengguggah selera. Wajar kalau kamu makan di kedai nasgor ini harus rela antre.

2. Nasi goreng petai

Banyak orang yang gak suka petai karena baunya yang menusuk hidung. Tapi banyak pula yang fanatik menyukai petai lantaran sayuran satu ini diyakini mampu membawa kenikmatan ketika seseorang makan.

Bukan hanya sering dijadikan lalapan sambal, petai juga ternyata populer dijadikan menu nasgor. Tak heran jika para penggila petai juga sering melahap nasgor petai.

Salah satu kedai di Jakarta yang terkenal menjual nasgor petai adalah Nasi GOreng Gila Gondrong di Jalan Besuki, Menteng, Jakarta Pusat. So, buat para penggemar petai, silakan serbu kedai satu ini.

3. Nasi goreng mawut

Mawut dalam bahasa Jawa bisa diartikan berantakan. Istilah ini juga digunakan untuk menu masakan nasgor maut yang penampilannya acak-acakan.

Menu nasgor satu ini terbuat dari beragam bahan antara lain nasi, kubis, daging suwir, sawi hijau dan mie kluntung yang menjadi ciri khasnya.

Buat para pecinta nasgor satu ini, kamu bisa kunjungi salah satu kedai terkenal Nasgor Mawut Mas Gendut di kawasan Jalan Rumah Susun Cengkareng Indah Blok Anggur, Jakarta Barat.

Ciri khas lain dari nasgor jenis ini adalah dimasak dengan tampilan kering tidak terlalu berminyak sebagaimana nasgor-nasgor lainnya.

(Baca juga: 5 Cara Setop Belanja Mubazir Bahan Makanan)

4. Nasi goreng ikan asin

Bagi sebagian orang Indonesia, makan tanpa menu ikan asing seringkali terasa kurang nikmat. Ikan asing kerap menjadi menu pelengkap saat menikmati makan dengn sambal dan juga sayuran.

Tak hanya menjadi pelengkap, ikan asin juga menjadi menu utama dalam menu nasgor. Ciri khas dalam nasgor satu ini disajikan tanpa kecap seperti pada umumnya, melainkan dibiarkan putih dengan ditaburi cabai rawit dan tentunya ikan asin yang dicincang.

Salah satu kedai paling terkenal yang menjua menu nasgor ikan asin adalah Nasi Goreng Ikan Asin Alila. Kamu bisa menikmati menu ini yang lokasinya berada di kawasan Pecenongan, Kebon Kelapa, Jakarta Pusat.

5. Nasi goreng jawa

Menu populer lainnya dikenal dengan nasgor Jawa. Jenis menu ini punya ciri khas bumbu yang diulek dengan sambal cabai dan bawang-bawangan sehingga menghasilan warna merah.

Di dalamnya terdapat daging ayam suwir kampung, sawi hijau, telur hingga tauge. Ada juga yang dimasak dengan isi babat goreng dan kubis.

Buat kamu yang penasaran dengan nasgor Jawa, kamu bisa langsung datang ke kedai Mie Godog Jawa & Nasi Goreng Jawa di kawasan Pasaraya Grande, Lantai Lower Ground, Dapuraya, Jalan Iskandar II, Melawai, Jakarta.

Jangan keseringan makan nasi goreng

Sebetulnya masih ada banyak jenis-jenis nasgor yang biasa dimakan oleh siapapun. Bahkan hampir di setiap daerah di Indonesia punya ciri khas masakan nasgor masing-masing.

Namun, buat kamu para pecinta nasgor, sebaiknya jangan terlalu keseringan menyantapnya. Karena jika terlalu sering menyantapnya akan berisiko meningkatkan berat badan, maklum nasgor mengandung kalori dan lemak tinggi.

Selain itu, kebanyakan makan nasgor juga berisiko memicu darah tinggi akibat kebanyakan natrium yakni zat yang terdapat dalam garam. Risiko lainnya yakni terkena penyakit jantung karena dalam nasgor terdapat lemak jenuh yang bisa membahayakan penikmat nasgor. Bahaya lainnya yakni bisa terserang stroke dan kanker.

Nah, itulah beberapa jenis menu nasgor khas indonesia paling enak yang bisa kamu nikmati di beberapa kawasan Jakarta. Tapi jangan terlalu kebanyakan makannya ya. Eh, ngomong-ngomong Megawati dan Prabowo menyantap nasi goreng apa ya?

Manfaatkan promo kartu kredit untuk mendapatkan harga terbaik buat jajanan kamu. Bandingkan dan ajukan di CekAja.com!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami