Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Mengenal Keunggulan Universitas Terbuka, Kampus Negeri dengan Biaya Terjangkau

by Anes Saputra on 24 Maret, 2020

Bagi sebagian orang, mengikuti perkuliahan yang bertatap muka langsung dengan dosen dengan jadwal yang reguler kadang merupakan kendala tersendiri. Alhasil, menunda atau tidak berkuliah dulu menjadi pilihan yang tidak bisa dielakkan. Namun, tahukah kamu ada Universitas Terbuka yang menawarkan fleksibilitas dalam hal perkuliahan?

Student Loan, Pinjaman Kuliah di Luar Negeri

Banyak jalan yang bisa kamu tempuh untuk dapat mengenyam pendidikan tinggi di bangku perkuliahan. Namun, ada alasan-alasan tertentu yang membuat sebagian orang tidak dapat mengikuti perkuliahan sebagaimana mestinya. Perihal waktu misalnya.

Nah, untuk kamu yang tergolong kepada bagian yang terakhir ini, tidak usah berputus asa dulu. Universitas Terbuka bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu guna melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Universitas Terbuka menawarkan sistem pendidikan yang berbeda dibanding universitas pada umumnya. Simak ulasan berikut ini agar kamu punya banyak referensi tempat kuliah selain perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta pada umunya.

Apa itu Universitas Terbuka?

Universitas Terbuka merupakan perguruan tinggi negeri ke-45 yang berdiri di Indonesia. Diresmikan pada 4 September 1984, pendirian kampus ini didasari oleh Keputusan Presiden Nomor 41 Tahun 1984.

Salah satu pertimbangan mendirikan Universitas Terbuka adalah dalam rangka memperbesar daya tampung perguruan tinggi sehingga sejauh mungkin mampu menjangkau calon mahasiswa di seluruh pelosok Tanah Air.

Karena itu, Universitas Terbuka dinilai sebagai cara dan pendekatan baru dalam hal perkuliahan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang telah ada.

Di Universitas Terbuka, kamu bisa memilih empat fakultas yang tersedia guna menuntut ilmu sesuai dengan minat dan bakat kamu. Keempat fakultas tersebut adalah Fakultas Ekonomi (FE); Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP); Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA); serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

(Baca juga: 5 Rekomendasi Universitas Terbaik di Yogyakarta)

Seiring dengan kemajuannya, Universitas Terbuka pada tahun akademik 2019/2020 menyelenggarakan 40 program studi yang terdiri dari 31 Program Sarjana, 3 Program Diploma, dan 6 Program Magister.

Keunggulan Universitas Terbuka

Kehadiran Universitas Terbuka tentu menawarkan sesuatu yang sulit ditemui pada universitas negeri pada umumnya. Nah, agar kamu semakin yakin untuk berkuliah di kampus yang satu ini, ada baiknya kamu kenali terlebih dahulu keunggulan-keunggulan dari Universitas Terbuka, berikut ini.

1. Kampus tanpa Batasan

Yap, Universitas Terbuka bisa dibilang sebagai kampus tanpa batasan. Yang dimaksud dengan tanpa batasan di sini adalah bahwa dalam hal menerima mahasiswa, Universitas Terbuka tidak mensyaratkan pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, serta frekuensi mengikuti ujian.

Satu-satunya yang menjadi batasan ketika hendak mendaftar menjadi calon mahasiswa Universitas Terbuka adalah kamu harus sudah menamatkan pendidikan pada jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau sederajat).

2. Waktu Kuliah yang Fleksibel

Perihal keleluasaan waktu belajar di Universitas Terbuka merupakan suatu keunggulan yang tidak ditemukan pada kampus lainnya. Beberapa universitas mungkin ada yang menyelenggarakan kuliah malam lewat program ekstensi untuk mengkomodasi kebutuhan para pekerja yang ingin kuliah.

Namun, kelas ini tetap saja menuntut pertemuan tatap muka antara dosen dan mahasiswa. Artinya, para mahasiswa tetap harus mengalokasikan waktu untuk berkuliah sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Berbeda dengan Universitas Terbuka. Perguruan tinggi negeri yang satu ini menawarkan dua layanan tutorial, yaitu tutorial tatap muka dan tutorial online. Tutorial ini berfungsi sebagai layanan belajar. Mahasiswa dapat memilih tutorial mana yang hendak diikuti.

Keberadaan tutorial online jelas memberikan kamu keleluasaan belajar dalam hal waktu. Kamu bisa mengatur sendiri soal kapan dan di mananya kamu akan belajar. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi repot-repot datang ke kampus untuk berkuliah. Jika kamu seorang pekerja yang nyambi kuliah, tentu pekerjaan kamu tetap dapat kamu lakoni sebaik mungkin.

3. Mandiri Lewat Teknologi

Universitas Terbuka menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Dengan sistem jarak jauh, pembelajaran di Universitas Terbuka tidak melulu berlangsung dengan tatap muka, melainkan menggunakan media, baik itu media cetak seperti modul maupun media non-cetak. Media non-cetak yang dimanfaatkan di antaranya audio/video, internet, radio, dan televisi.

Terkait dengan hal itu, mahasiswa Universitas Terbuka dituntut untuk dapat belajar secara mandiri. Dengan cara ini, mahasiswa diharapkan belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri.

Belajar mandiri ini dapat dilakukan secara sendiri-sendiri ataupun berkelompok. Jika mendapati kesulitan saat belajar, mahasiswa dapat meminta informasi tentang bantuan belajar kepada Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) setempat.

4. Kualitas Terjamin dan Terakreditasi

Perihal kualitas, tidak ada yang perlu diragukan dari Universitas Terbuka. Universitas Terbuka memiliki sistem penjaminan yang komprehensif. Kampus negeri yang satu ini melibatkan organisasi internasional guna me-review sistem pendidikan jarak jauh yang mereka terapkan, pun auditor ISO.

Untuk urusan akademik, Universitas Terbuka juga memastikan bahwa kualitas akademiknya diakui secara nasional. Hal itu terbukti dengan perolehan akreditasi yang diperoleh kampus ini dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

5. Biaya yang Terjangkau

Keunggulan lain yang tak kalah penting dari Universitas Terbuka adalah soal biaya yang harus kamu bayarkan. Berkuliah di Universitas Terbuka tidak akan menguras kantongmu ataupun keuangan keluargamu.

(Baca juga: 5 Universitas Terbaik di Australia Jurusan Bisnis Versi Times Higher Education)

Universitas Terbuka tidak mengenal istilah uang pangkal atau uang bangunan. Hal ini wajar saja karena sistem belajar yang diterapkan adalah sistem jarak jauh. Selain itu, uang kuliah per semester pun terbilang terjangkau, yaitu di kisaran Rp1 juta hingga Rp3 juta.

Menarik bukan kuliah di Universitas Terbuka? Kampus ini bisa menjadi salah satu alternatif kamu lho untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Di mana lagi kan bisa kuliah murah, fleksibel, dan di kampus negeri pula.

Jangan pernah ragu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kalau kamu terkendala uang pendaftaran untuk masuk Universitas Terbuka, manfaatkan pinjaman online JULO yang resmi dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ajukan pinjaman JULO melalui CekAja.com, sekarang juga!

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke