Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Mengenal Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Persyaratan Pengajuan

by JTO on 15 September, 2014

Fasilitas kredit dari pemerintah yang penyalurannya bekerjasama dengan banyak bank nasional dan bank daerah ini, banyak diambil oleh para pelaku usaha kecil. Lalu, apa sebenarnya kelebihan Kredit Usaha Rakyat atau KUR ini dibanding pinjaman biasa?

Jika Anda mendambakan untuk memiliki usaha sendiri, tentu saja Anda akan berusaha mengumpulkan modal awal usaha. Jika penghasilan Anda tetap dan cukup berlebih, mengumpulkan modal ini bisa jadi tidak begitu sulit.

Mungkin dalam hitungan satu atau dua tahun, Anda bisa mendapat cukup uang untuk memulai usaha. Lebih mudah lagi jika Anda memiliki rekanan dan bisa menanggung modal bersama-sama. Lalu bagaimana jika dua kriteria di atas tidak terpenuhi?

Satu hal yang jelas bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pinjaman. Walaupun demikian, membuat permohonan pinjaman pada bank memang sulit karena Anda paling tidak harus memiliki bukti bahwa usaha tersebut sudah ada dan bergerak.

(Baca juga: 6 Langkah Mudah Ajukan Kredit Usaha)

 

Anda juga harus memberikan proyeksi masa depan usaha tersebut untuk meyakinkan pihak bank bahwa usaha Anda memiliki potensi besar. Usaha yang berpotensi besar biasanya bisa menutup modal usaha yang sudah dipinjam dari bank sekaligus dengan bunganya.

Itu saja bukan berarti bank akan mengabulkan permohonan Anda dengan segera karena bank memiliki kriteria tertentu untuk menentukan apakah usaha Anda masuk dalam kualifikasi atau tidak.

Jika tampaknya bank tidak akan meloloskan permohonan kredit usaha Anda, apa yang harus Anda lakukan? Anda bisa beralih ke Kredit Usaha Rakyat atau KUR. Sebuah fasilitas kredit dari Pemerintah yang penyalurannya bekerjasama dengan banyak bank besar nasional dan juga bank-bank daerah. Sehingga Anda tidak perlu kesulitan mencari bank yang menyediakan fasilitas ini. Lalu apa kelebihan KUR jika dibandingkan pinjaman biasa?

Sumber Dana

KUR merupakan fasilitas yang disediakan Pemerintah, sehingga dana yang digunakan pun berasal dari Pemerintah. Bank hanya menyalurkan dana tersebut kepada pemohon KUR. Sedangkan jika Anda meminjam dari bank, maka dana yang dipinjamkan berasal dari bank itu sendiri.

(Baca juga: Apa Usaha Anda? Ini Jumlah Kredit yang Bisa Diajukan)

Penjamin

Penjamin adalah pihak yang akan menerima pengalihan kredit dan harus meneruskan membayar kredit kepada pihak pemberi pinjaman ketika peminjam gagal membayar.

Dalam prosedur pinjaman bank biasa, penjamin ditunjuk oleh peminjam dan kemudian disetujui bank. Untuk KUR, penjamin diberikan oleh Pemerintah. Penjamin dari Pemerintah ini adalah PT Asuransi Kredit Indonesia dan Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia.

Persyaratan

Jika pinjaman pada umumnya memiliki banyak syarat, maka KUR bisa dbilang memiliki syarat yang lebih mudah. Hal ini karena memang target KUR adalah untuk membantu usaha kecil berpotensi namun usaha tersebut masih tidak sesuai dengan kriteria bank untuk menerima pinjaman.

(Baca juga: Kredit Ditolak Karena BI Checking? Ini Cara Mengurusnya)

Agunan

Agunan atau jaminan yang diberikan pada KUR adalah usaha itu sendiri. Jika bank pelaksana menghendaki adanya agunan tambahan, maka barulah dicari agunan tambahan selain usaha tersebut. Pada kredit usaha yang diberikan bank, biasanya jaminan yang diberikan harus konkret dan memiliki tampak fisik seperti rumah.

Mau mengajukan pinjaman tanpa jaminan atau agunan? Klik di sini.

Suku Bunga

Suku bunga untuk kredit usaha dan kredit konsumsi di bank pada umumnya berkisar antara 10% hingga 14% per tahun. Sedangkan pada KUR suku bunga yang diberikan justru jauh lebih tinggi karena berkisar antara 14% hingga 22%.

Mengapa demikian? Hal ini lumrah juga karena pinjaman yang diberikan kepada sebuah usaha yang belum benar-benar mampu berdiri sendiri sangatlah berisiko. Kemungkinan terjadi kredit macet sangat besar jika di tengah jalan usaha Anda bangkrut.

(Baca juga: Jangan Ragu, Ini Beda Bank Syariah dan Konvensional)

KUR bisa jadi jalan termudah untuk membantu membangun usaha Anda karena persyaratan yang dibutuhkan tidaklah terlalu banyak. Jika Anda sudah memiliki rencana terpadu untuk usaha Anda, juga sudah menetapkan gol-gol dalam beberapa bulan ke depan, maka menutup bunga yang cukup besar itu masih bisa diusahakan.

Info terkait tentang KUR di beberapa bank :

Mau dapatkan kredit modal usaha bunga murah? Cek di sini.

 

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami