Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mengenal Kredivo, Cara Nyicil Zaman Now dan Segala Kemudahannya

by Anes Saputra on 14 Februari, 2020

Saat ini meski tidak punya kartu kredit, berbelanja atau booking hotel bisa dilakukan dengan mudah, karena telah tersedia banyak aplikasi pembayaran. Salah satu yang bisa dipilih untuk melakukan hal tersebut dengan menggunakan aplikasi Kredivo.

Kredivo sendiri merupakan perusahaan finansial teknologi (Fintech) yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nama perusahaan PT FinAccel Digital Indonesia. Izin dari OJK tertuang dalam surat bernomor S-236/NB.213/2018 sejak 20 Maret 2018.

Beli sekarang, bayar nanti

Kredivo menawarkan pembelanjaan kilat dan mudah tanpa kartu, bahkan perusahaan mengklaim hanya membutuhkan satu menit untuk mendaftar. Pendaftaran dilakukan secara online dan tanpa survei, sehingga membuatnya bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Selain itu, pencairan juga kilat dengan limit transaksi yang cukup fantastis mencapai Rp30 juta untuk berbelanja dalam dua kali klik saja, atau Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang cair dalam 1 menit menit saja.

Kredivo juga menjanjikan bunga yang kompetitif dengan tenor mulai dari 30 hari, atau cicilan selama 3, 6, dan 12 bulan. Soal keamanan juga dijamin karena pengguna akan dilindungi dengan PIN dan OTP yang terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Sementara itu, untuk mendaftar di Kredivo ada beberapa persyaratan seperti:

Adapun dokumen yang harus dipersiapkan, antara lain:

Kalau semua persyaratan administrasi sudah diunggah dan permohonan pembuatan akun Kredivo disetujui, pengguna akan menerima SMS dan email untuk mengaktivasi akun. Aktivasi bisa dilakukan melalui aplikasi atau tautan di dalam email/SMS tersebut. Untuk mengaktivasi, harus mengisi kode OTP yang dikirim via SMS, mengatur PIN Kredivo sejumlah enam digit, dan menjawab 1 (satu) pertanyaan keamanan.

(Baca juga: Selama 2018-2019, Ada Lebih dari 1.800 Fintech P2P Lending Ilegal Ditindak!)

Apabila aktivasi berhasil, kamu akan menerima email konfirmasi aktivasi akun dan email perjanjian penggunaan Kredivo dari Privy. Di dalam perjanjian penggunaan Kredivo, kamu akan menemukan foto KTP, data-data dirimu, dan isi perjanjian yang kamu setujui sebagai pengguna Kredivo. Perjanjian ini akan memiliki tanda tangan digital dan bersifat mengikat secara hukum dan oleh karena itu memiliki kekuatan hukum.

Dijamin aman

Selama ini banyak orang yang takut menggunakan fintech karena takut datanya disalahgunakan, apalagi banyak berita bagaimana masyarakat mulai diteror oleh fintech tidak berizin. Namun, hal itu tidak akan terjadi dengan menggunakan Kredivo.

Kredivo mengenkripsi semua data sensitif dan jugaa memberikan pengamanan fisik, elektronik, dan prosedural untuk melindungi informasi. Kredivo juga menjamin tidak menjual atau menyewakan informasi kepada siapapun kecuali dibutuhkan oleh instansi terkait untuk mengeluarkan pinjaman atau diperlukan untuk diberikan kepada regulator.

Bunga dan biaya

Kartu kredit memang memudahkan, namun tentu kamu akan dibebani dengan berbagai biaya-biaya, termasuk biaya tahunan yang kerap kali memberatkan. Namun dengan Kredivo, pengguna tidak akan dikenakan biaya apapun sejak pendaftaran, termasuk juga biaya tahunan.

Termasuk juga bunga, pengguna tidak akan kena bunga jika bisa melunasi pembayaran dalam 30 hari saja. Adapun biaya yang dikenakan untuk pembayaran dalam 30 hari berupa biaya layanan sebesar 1 persen dari total nilai transaksi. Khusus untuk transaksi dengan nilai Rp100.000 ke bawah, kamu akan dikenakan biaya layanan Rp1.000.

Biaya ini disebut sebagai “biaya layanan” pada saat checkout. Biaya layanan ini berlaku di semua merchant, namun tidak akan dikenakan untuk transaksi cicilan, pembelian produk digital di dalam aplikasi Kredivo dan pinjaman tunai.

Sementara untuk pembayaran secara mencicil, bunga yang dikenakan sebesar 2,95 persen per bulannya. Ada pula biaya keterlambatan membayar sebesar 4 persen per 30 hari dan biaya keterlambatan 6 persen per 30 hari dari jumlah tagihan yang melewati jatuh tempo.

Di sisi lain, kalau kamu menjadi pengguna yang loyal, kamu sangat mungkin untuk bisa menambah limit kredit dengan syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Minimal sudah 3 bulan menjadi Premium User, jika belum, upgrade akun di aplikasi Kredivo
  2. Status akun dalam keadaan aktif
  3. Menunjukkan kenaikan penghasilan dengan menghubungkan lagi akun internet banking atau BPJS Ketenagakerjaan
  4. Sudah pernah melakukan transaksi dengan Kredivo dan memiliki riwayat pembayaran yang baik
  5. Tidak ada batasan berapa kali dapat mengajukan kenaikan limit. Setelah 3 bulan pengajuan yang pertama, pengguna dapat mencoba pengajuan kenaikan limit lagi
  6. Limit maksimum yang bisa didapatkan adalah Rp30.000.000.
Membayar tagihan Kredivo

Kredivo juga memiliki cara pembayaran tagihan yang terbilang mudah. Pengguna dapat melihat jumlah tagihan yang harus dibayarkannya melalui aplikasi lalu membayarkan dengan banyak channel. Bukan hanya dengan internet atau mobile banking, pengguna juga bisa membayar di ATM bahkan di minimarket serta e-commerce yang sudah bekerja sama.

(Baca juga: Pinjaman Online yang Aman dan Bagaimana Cara Memilihnya)

Bukan hanya proses meminjam yang mudah, kamu juga bisa membayarnya dengan sangat mudah. Belanja, makan, hotel, dan beragam hal bisa kamu bayar dengan mudah dengan Kredivo.

Nah tunggu apalagi, saatnya belanja dengan Kredivo!

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke