Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mengenal Layanan dan Keunggulan Kurban Online

by Tisyrin N. T on 2 Agustus, 2019

Momen Idul Adha adalah saat yang tepat bagi umat Muslim yang mampu, untuk menangguk  pahala dengan melaksanakan ibadah kurban. Seiring dengan perkembangan zaman, kamu dapat menikmati kemudahan ibadah kurban melalui layanan kurban online.

Idul Adha, Kurban Online, Bisnis Sukses, Aplikasi, Ponsel

Ya, bukan cuma ojeg dan makanan yang bisa dipesan secara online, kini ibadah kurban pun bisa dilakukan secara online. Kurban yang dimaksud disini bukan hanya membeli hewan kurban secara online, tetapi telah mencakup secara keseluruhan prosesnya. Ada lembaga yang akan mengurus keseluruhan proses tersebut.

Nah, sebelum berkurban secara online, kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana hukumnya dalam Islam dan apa saja keunggulannya?

Hukum Kurban Online

Melaksanakan ibadah dengan cara yang tak biasa tentu menimbulkan tanda tanya dalam hati kita. Termasuk melaksanakan ibadah kurban secara online.

Berkurban dengan cara ini sama sekali berbeda dengan kurban konvensional. Karena dilakukan secara online, maka modalnya hanyalah koneksi internet dan tentu saja dana untuk membeli hewan kurban.

Kurban online dalam Islam dapat dikategorikan sebagai wakalah atau perwakilan. Artinya, kita mewakilkan keperluan kita kepada pihak atau lembaga tertentu. Wakalah diperbolehkan dalam Alquran dan hadis serta dapat membantu memudahkan ibadah.

Memang, para ulama memperbolehkan pelaksanaan kurban jenis ini. Namun, ada kekurangannya yaitu tidak bisa memakan daging kurban sendiri, serta tidak dapat menyaksikan atau ikut menyembelih.

Jadi, gak perlu khawatir lagi ya kalau ingin coba kurban gaya baru ini. Tenang saja karena nantinya kamu akan mendapatkan informasi yang jelas mulai dari dokumentasi hingga sertifikat kurban dari penyedia layanan tersebut.

Keunggulan Kurban Online

Kalau kamu mulai tertarik untuk menjajal kepraktisan kurban seperti ini, inilah beberapa manfaat yang akan kamu peroleh:

  • Hemat waktu

Tentu saja, dari segi waktu, kurban ini hanya membutuhkan waktu yang singkat. Tinggal klik sana dan klik sini, sudah selesai semua urusan. Bayangkan jika melakukan kurban secara konvensional, kamu harus merelakan banyak waktu untuk memilih hewan kurban, membandingkan harga, mendaftarkannya ke panitia kurban, dan sebagainya.

  • Tepat sasaran

Pernahkah kamu berpikir bahwa betapa banyaknya orang di kota besar yang mampu berkurban sehingga terdapat penumpukan hewan-hewan kurban. Padahal, di pelosok daerah sana, banyak orang-orang tidak mampu yang jauh lebih membutuhkan, karena untuk makan sehari-hari pun mereka kesulitan.

(Baca juga: INTERVIEW: Kiat Sukses Bisnis Hewan Kurban ala H. Doni)

Lewat kurban online, lembaga yang berkaitan akan berupaya membagikan hewan kurban di pelosok daerah yang membutuhkan. Bahkan, kamu juga punya  kesempatan memilih sendiri daerah mana yang kamu inginkan.

  • Lebih ekonomis

Harga hewan kurban bisa jadi jauh lebih murah dari harga rata-rata hewan kurban di tempat tinggalmu. Hal tersebut dikarenakan biasanya lembaga yang mengurus kurban punya akses ke lumbung ternak.

  • Membantu warga daerah konflik

Gak cuma ke pelosok daerah di Indonesia saja, kamu bahkan bisa berkurban untuk daerah yang tengah mengalami konflik kemanusiaan seperti Rohingnya, Suriah, Palestina, hingga Uganda. Kalau selama ini kamu cuma bisa ikut bersedih melihat apa yang menimpa mereka, dengan kurban online kamu juga melakukan sesuatu yang lebih berarti untuk mereka yang ada di daerah konflik.

Pilihan Situs untuk Kurban Online

Nah, selanjutnya, kamu tentu langsung pengen beraksi dong? Gimana sih caranya melakukan kurban online? Kamu bisa langsung membuka pilihan situs di bawah ini kalau ingin mencoba kurban jenis ini:

  • KitaBisa

Situs KitaBisa juga menghadirkan layanan kurban online. Kamu dapat memilih sendiri lokasi kurban. KitaBisa bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Bank Qurban, Dompet Peduli Umat Daarut Tauhid, dan sebagainya.

  • Bukalapak

Kamu bisa mencoba kurban online di marketplace Bukalapak. Bukalapak juga bekerja sama dengan lembaga seperti ACT, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat hingga PKPU. Hewan-hewan kurban akan disembelih di berbagai lokasi dan tentu saja kamu akan mendapat laporannya.

  • Tokopedia

Kamu juga dapat berkurban hanya dengan bertransaksi lewat Tokopedia. Hampir sama dengan Bukalapak, Tokopedia juga bekerja sama dengan beberapa lembaga seperti Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, ACT, Baznas, dan sebagainya.

  • Muslimarket

E-commerce produk muslim Muslimarket bekerja sama dengan Dompet Dhuafa dan ACT untuk menghadirkan layanan kurban online. Selain itu, terdapat juga layanan pembelian hewan kurban yang diantar ke rumah.

(Baca juga: Intip 5 Kiat Sukses Usaha Katering Aqiqah di Sini)

Situs apapun yang kamu pilih untuk melaksanakan kurban online, jangan lupa untuk menyiapkan dana yang dibutuhkan untuk membeli hewan kurbannya.

Ingat, untuk menyisihkan dana khusus untuk kurban dari penghasilan atau gaji yang kamu dapat setiap bulan. Sebab, kurban hukumnya wajib dilakukan untuk yang mampu.

Kalau kamu belum termasuk golongan orang yang mampu, niatkan untuk berkurban tahun depan sambil mengumpulkan uang dari bisnis yang kamu rintis. Jangan khawatir soal permodalan, karena meminjam uang untuk modal usaha bukanlah sesuatu yang dilarang asal disesuaikan dengan kebutuhan.

Pilih sendiri Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau kredit usaha kecil menengah (UKM) sesuai kebutuhan modal bisnis kamu lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami