Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Mengenal Lembaga Pembiayaan, Jenis Kredit dan Fungsi

by Rafly Aditia on 17 September, 2017

tips interview kerja _ Kartu kredit - CekAja.com

Banyak diantara kita sampai saat ini masih belum paham betul mengenai lembaga pembiayaan.

Padahal di zaman yang modern ini, pengetahuan mengenai dunia finansial dan ekonomi sangatlah diperlukan. Mengapa demikian? Karena untuk kita yang sudah berada di usia dewasa, memahami cara kerja dunia keuangan sangatlah membantu dalam meraih tujuan hidup mapan.

Perlu diketahui, lembaga pembiayaan  adalah kegiatan pembiayaan yang dilakukan dalam bentuk pemberian dana kepada konsumen guna membeli barang ataupun modal usaha, dimana pengembalian dan pembayarannya dilakukan secara mengangsur oleh konsumen (debitur). Sebenarnya, antara kredit konsumsi dan pembiayaan konsumen sama saja namun pemberi kredit atau pemberi biayanya berbeda.

Macam-macam lembaga pembiayaan

Lembaga pembiayaan sendiri termasuk dalam bagian dari lembaga keuangan. Namun, kegiatan usahanya sendiri lebih terfokus pada fungsi pembiayaan, berikut jenis-jenis lembaga pembiayaan di Indonesia:

Leasing atau sewa guna usaha

Bentuk kegiatan usaha dari lembaga pembiayaan yang pertama adalah sewa guna usaha atau leasing dalam bentuk barang modal. Baik itu secara sewa guna usaha dengan hak opsi maupun tanpa hak opsi dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan.

Kegiatan usaha yang satu ini merupakan kegiatan usaha yang begitu besar kontribusinya terhadap Lembaga Pembiayaan. Selama perjanjian leasing berlaku, maka hak milik atas barang yang dijadikan bojek transaksi berada dibawah kekuasaan dari lembaga pembiayaan, bukan konsumen.

(Baca juga: Bunga Flat dan Bunga Efektif, Apa Bedanya?)

Pembiayaan konsumen

Bentuk usaha yang satu ini merupakan kegiatan pembiayaan pengadaan barang untuk konsumen, namun pembayarannya dilakukan secara mengangsur. Berbagai kebutuhan konsumen yang bisa dicakup antara lain pembiayaan kendaraan bermotor, elektronik, hingga kepemilikan rumah.

Usaha kartu kredit

Perusahaan pembiayaan juga bisa mengeluarkan kartu kredit namun tetap harus mengikuti ketentuan langsung dari Bank Indonesia.

Anjak piutang

Untuk yang satu ini, kegiatan usaha yang dimaksud adalah kegiatan pembiayaan dalam bentuk pembelian piutang jangka pendek dari suatu perusahaan. Anjak piutang dapat dilakukan dengan jaminan maupun tanpa jaminan.

Perdagangan surat berharga

Perdagangan surat berharga juga menjadi salah satu kegiatan usaha dari perusahaan pembiayaan. Surat-surat berharga memang dapat diperdagangkan karena memiliki nilai, sehingga dapat dipindah-tangankan.

Modal ventura

Terakhir adalah modal ventura yang terfokus kepada penyertaan modal terhadap suatu perusahaan pasangan usaha dalam jangka waktu yang telah disepakati. Dalam menjalani usahanya, risiko kegagalan tidak ditanggung oleh debitur melainkan pihak dari perusahaan modal ventura sendiri.

Selain itu, untuk pengajuan pembiayaannya juga tidak perlukan agunan atau jaminan yang sering menjadi syarat utama pembiayaan oleh bank.

Kelebihan dan kekurangan lembaga pembiayaan konsumen

tips kaya _ investasi - CekAja.com

Berikut ini ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh lembaga pembiayaan konsumen:

  1. Persyaratannya mudah
  2. Tidak harus selalu ada jaminan
  3. Proses pengajuan dan pencairan cepat
  4. Jangka waktu pembayaran sesuai dengan kemampuan konsumen

Baca: Apa Itu Suku Bunga Kredit dan Pengaruhnya pada Pinjaman?)

Sementara, kekurangan yang dimiliki adalah sebagai berikut:

  1. Dengan aturan yang begitu fleksibel dan moderat, apalabila terjadi pelanggaran dari salahs atu pihak maka akan menimbulkan kesulitan. Apalagi, sampai saat ini belum ada aturan khusus yang diharuskan terkait lembaga atau perusahaan pembiayaan konsumen.
  2. Dendanya besar. Biasanya, denda yang dikenakan kepada konsumen (debitur) apabila terjadi pelanggaran maka akan dikenakan denda yang cukup besar. Bahkan dendanya bisa bersifat harian dan terus diakumulaasikan sampai angsuran berikut dendanya dibayar secara lunas.
  3. Penalti. Selain denda harian konsumen juga bisa dikenakan penalti apabila melakukan pelunasan lebih awal. Bukannya mendapatkan potongan bunga atau harga, justru konsumen akan dikenakan penalti dan membayar lebih besar dari yang seharusnya. Walau begitu, sebenarnya peraturan penalti ini selalu dijelaskan dan tertera dalam kontrak saat pengajuan dilakukan serta disepakati oleh kedua belah pihak.
  4. Penyitaan. Apabila konsumen telat melakukan pembayaran secara terus menerus sehingga distatuskan sebagai kredit macet, maka pihak lembaga pembiayaan dapat melakukan penyitaan. Contohnya, apabila kita kredit mobil dan pembayarannya telat dua bulan dari jatuh tempo maka mobil tersebut disita.
Contoh lembaga pembiayaan di Indonesia

Di Indonesia sendiri ada beberapa perusahaan pembiayaan yang begitu terkenal di masyarakat. Dari sekian banyak perusahaan pembiayaan, berikut 5 yang paling terkenal:

BAF (PT. Bissan Auti Finance)

Didirakan pada tahun 1997, PT. Bussan Auto FInance lebih berkonsentrasi untuk pembiayaan sepada motor untuk merk Yamaha saja. Perusahaan ini pernah mendapatkan penghargaan 5 kali berturut-turut pada tahun 2009-2013 karena kinerjanya.

WOM Finance (PT Wahana Ottomitra Multiartha)

Untuk pembiayaan sepeda motor, bisa dibilang WOM Finance menjadi yang terdepan. Berdiri sejak tahun 1982, WOM Finance sekarang menyediakan pembiayaan untuk beberapa produk sepeda motor mulai dari Honda, Yamaha, sampai Suzuki.

Oto Finance (PT Summit Oto Finance)

Sejak dirintis pada tahun 1990, Oto Finance awalnya bergerak dibidang pembiayaan sewa guna usaha dengan nama PT. Summit Sinar Mas Finance. Namun, pada tahun 2003 perusahaan satu ini banting setir dan bergerak di bidang pembiayaan kendaraan bermotor.

Adira Finance (PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk)

Didirikan pada tahun 1990, sekarang nama Adira Finance sebagai perusahaan pembiayaan begitu populer, terutama untuk pembiayaan kendaraan bermotor di Indonesia.

FIF (PT Federal International Finance)

Semenjak berdiri pada tahun 1989 dengan nama Mitrapusaka Artha Finance, perusahaan satu ini menancapkan tajinya dalam bisnis di sektor finansial di Indonesia. Perusahaan ini pun berganti nama seiring berjalannya waktu dan sekarang menjadi perusahaan pembiayaan paling besar di Indonesia.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.