Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mengenal Makanan Tradisional Kegemaran Bos Besar BCA

by Miftahul Khoer on 23 Desember, 2019

Makan makanan mewah beberapa waktu ini tengah menjadi sorotan, apalagi kala Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Tohir mengingatkan, kalau Direktur Utama atau pejabat BUMN dengan perusahaan sakit jangan makan di restoran mewah.

kuliner Sunda

Sementara banyak pejabat perusahaan negara yang hobi makan-makanan mewah, Michael Bambang Hartono, orang yang selama 11 tahun berturut-turut menjadi orang terkaya di Indonesia kembali kepergok makan tahu pong di sebuah warung sederhana di Semarang.

Bambang Hartono ternyata telah menjadi pelanggan warung tahu pong itu selama 35 tahun lebih. Bos PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan Grup Djarum itu konon memang lebih suka makan-makanan sederhana. Selain tahu pong di Semarang, Bambang juga sangat suka beberapa makanan rakyat yang bisa dibilang murah meriah. Simak yuk apa saja kegemarannya:

  • Lentog

Bambang mengungkapkan kalau makan lentog di pagi hari sangatlah enak. Lelaki 80 tahun itu pun kerap mencari makanan khas tersebut. Lentog merupakan makanan khas dari daerah Kudus, berupa lontong, sayur gori alias nangka, dan tahu. Makanan ini memiliki rasa gurih dan manis dari santan, serta cita rasa pedas dari bumbunya, serta tentu saja dilengkapi bawang goreng, bukan hanya menambah wanginya namun juga citarasa. Bambang Hartono juga kerap menambahkan lebih banyak cabai saat mengonsumsi Lentog.

  • Sate dan Sop Kambing

Selain lentog yang dikonsumsi sekali hingga dua kali dalam sepekan, ada makanan lain yang disukai pria dengan kekayaan lebih dari Rp532 triliun tersebut. Makanan itu adalah sate dan sop kambing, dua makanan ini tentu tidak aneh untuk lidah orang Indonesia.

Bukan sate atau sop kambing di restoran mewah, Bambang juga lebih suka jajanan rakyat di pinggir jalan. Sayangnya, semenjak turun di pertandingan Bridge Asean Games, bos BCA tersebut jadi lebih sulit makan di kaki lima karena mulai banyak orang yang mengenalinya.

  • Soto Kudus

Indonesia memang memiliki banyak jenis soto, salah satu jenis soto yang paling terkenal adalah soto Kudus, yang biasanya berisi toge dan suwiran ayam kampung. Soto Kudus sangat mirip dengan soto Lamongan, perbedaan signifikan antara keduanya terletak pada kuah soto Kudus yang lebih bening.

Uniknya, soto ini disajikan dengan mangkuk yang cenderung kecil dan porsi yang bisa dibilang sedikit. Jangan lupa tambahkan sambal dan perasan jeruk nipis, agar kenikmatan soto ini makin hakiki.

  • Opor Sunggingan

Masih berasal dari Kudus, Bambang Hartono juga sangat suka Opor Sunggingan. Meski tidak ada embel-embel Kudus, opor ini diberi nama Sunggingan, lantaran olahan ini hanya bisa didapatkan di sekitaran daerah Sunggingan, Kudus.

(Baca juga: Jenis Tabungan BCA Terlengkap, Pilih Sesuai Kebutuhanmu)

Kuliner ini juga menjadi salah satu makanan kegemaran dari Sunan Kudus, yang unik memadukan opor dan ayam panggang. Cara pengolahannya juga cukup rumit, karena daging ayam harus dibakar terlebih dahulu dalam bentuk utuh. Ayam yang digunakan harus berumur satu sampai 2 tahun, tidak dalam fase bertelur, agar tidak kelembekan atau justru menjadi alot.

  • Soto Kerbau

Makanan olahan daging kerbau bisa dibilang tidak sebanyak olahan daging sapi. Namun, di kudus terdapat juga beberapa makanan olahan daging kerbau yang disukai oleh Bambang Hartono.

Daging kerbau sendiri terkenal di Kudus karena pada zaman dahulu Sunan Kudus mengajarkan umat Islam untuk menghormati umat Hindu dengan tidak mengonsumsi sapi, sehingga diganti dengan kerbau.

Di Kudus, banyak pedagang menjual soto kerbau dengan berbagai olahan, baik dengan kuah bening maupun kuah santan. Bambang Hartono memang memiliki banyak makanan favorit dari Kudus, pasalnya sejak kecil dirinya tinggal di sana.

  • Hobi Main Bridge

Kalau konglomerat biasa dikaitkan dengan hobi olahraga mahal seperti golf, Bambang tidak terlalu suka olah raga tersebut. Bambang lebih suka bridge, bahkan mendapatkan medali pada ajang Asian Games 2018 lalu.

Meski tidak ada anak-anaknya yang suka dengan cabang olahraga tersebut, ternyata sang cucu menyukai olah raga tersebut, bahkan sangat jago meski usianya masih sangat kecil.

(Baca juga: Tiga Cara Mudah Blokir Kartu Kredit/ATM BCA Lewat Ponsel Kamu)

Kalau kamu sudah pernah mencoba makan-makanan di atas? Mana yang jadi favorit kamu? Siapa tahu kegemaran menyantap makanan yang sama dengan Bambang Hartono, membuat peruntungan dan rezeki beliau nyiprat ke kamu?

Jangan lupa lindungi diri dengan asuransi perjalanan setiap kali mau bepergian berburu kuliner di penjuru nusantara ya. Pilih dan ajukan asuransi perjalanan terbaik sesuai kebutuhan kamu lewat CekAja.com.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.