Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Mengenal Perbandingan Ala Traveloka dan CekAja.com

by lhmdi on 2 April, 2016

tiket pesawat - CekAja.com

Siapa pun tahu, Traveloka merupakan salah satu layanan yang sering dipilih masyarakat jika ingin menikmati liburan atau bepergian menggunakan transportasi umu seperti pesawat.

Perkembangan internet yang semakin baik menjadi salah satu penunjangnya dan layanan situs online pembelian tiket atau pemesanan hotel adalah salah satunya. Dahulu, cara paling mudah untuk melakukan ini adalah dengan datang langsung ke bandara atau Airport untuk pemesanan tiket pesawat atau langsung datang ke hotel untuk memesan kamar.

Tidak jarang pula masyarakat mulai menggunakan jasa biro perjalanan yang mulai banyak bermunculan di awal tahun 2000. Namun, dalam perkembangan selama lima tahun terakhir, internet pun menjadi sebuah hal yang penting ketika seseorang ingin memesan tiket pesawat atau kamar hotel. Layanan pencarian tiket pesawat dan pemesanan hotel ini hadir untuk memudahkan pengguna dalam mencari tiket pesawat secara online seperti kartu kredit online.

Perusahaan ini sendiri didirikan pada tahun 2012. Awalnya, layanan ini merupakan sebuah mesin pencari untuk membandingkan tiket pesawat. Nah! Ini yang menariknya. Traveloka dan layanan mesin pencari untuk membandingkan seperti CekAja memiliki kesamaan, meskipun hadir dalam jenis produk yang berbeda.

Namun, untuk mengupas seperti apa perbandingan antara situs pencarian tiket ini, CekAja akan membahasnya secara satu per satu terlebih dahulu. Meskipun pada awal berdirinya hanya sebagai situs perbandingan, namun pada pertengahan tahun 2013, layanan ini memutuskan untuk menjadi layanan pemesanan tiket pesawat dan pemesanan kamar hotel.

Dengan bertambah banyaknya layanan maskapai penerbangan dan hotel yang membuat sistem terintegrasi dengan layanan informasi teknologi, mitra situs ini pun bertambah besar.

Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka. Di sinilah yang merupakan salah satu pergerakan cepat Traveloka dalam melayani kebutuhan konsumen.

Setelah sebelumnya hanya membandingkan antara satu pencarian harga tiket pesawat dengan yang lainnya, layanan ini mulai bekerjasama dengan maskapai penerbangan. Tidak hanya domestik saja, dalam perjalanannya, situs ini bahkan menghadirkan layanan internasional setelah bekerjasama dengan beberapa maskapai internasional. Seperti apa saja fitur-fitur yang ditawarkan oleh layanan ini.

  1. Perbandingan

Saat memasuki laman websitenya, kamu bisa memilih destinasi tujuan dan berangkat dari kota mana jika ingin memilih layanan perbandingan tiket pesawat. Dari sana kamu bisa melihat sendiri perbandingan antara satu tiket maskapai dengan maskapai lainnya.

Misalnya, layanan Traveloka untuk maskapai Lion Air akan dibandingkan dengan dari maskapai lain seperti Citilink atau Sriwijaya Air. Ada hal spesial yang ditambahkan dalam perbandingan ini ketika terdapatnya layanan fitur harga paling murah yang bisa kamu pilih. Maka perbandingan yang pertamanya sangat acak, sekarang bisa tersusun rapi.

  1. Pemesanan

Setelah mendapatkan tiket yang kamu inginkan, sekarang saat melakukan pemesanan. Hanya dengan mencantumkan beberapa informasi seperti bandara keberangkatan, bandara tujuan, tanggal, jumlah kursi, dan apakah memilih sekali perjalanan atau rute pulang pergi dengan destinasi yang sama.

Setelah semuanya dipilih dan mendapatkan yang sesuai dengan budget, sekarang Traveloka akan meminta data diri kamu. Mulai dari nama lengkap, kartu tanda penduduk, nomor telepon dan berbagai data lengkap lainnya yang dibutuhkan sebagai proses administrasi di Bandara.

Hal yang sama juga terjadi saat kamu memesan layanan lainnya seperti Hotel. Hanya dengan mengetikkan nama kota tujuan, menambahkan tanggal masuk atau Check-in dan lama menginap seperti satu atau dua hari. maka Traveloka akan menampilkan hasil pencarian secara bertahap.

Hasil pencarian pun bisa dipilih berdasarkan popularitas, harga, hingga fasilitas yang ditawarkan oleh hotel. Tidak hanya hotel, layanan homestay guest house hingga motel pun digabung menjadi satu di dalam layanan ini.

  1. Beragam pilih pembayaran

Tentunya setelah memilih semuanya itu, sebagai pengguna harus melanjutkannya dengan membayar. Tenang saja, layanan ini langsung mengarahkan penggunanya untuk memilih berbagai macam layanan yang disediakan, apakah melalui kartu kredit, transfer antar bank.

Memasuki tahun 2017, Traveloka pun menambahkan beberapa layanan seperti tiket pemesanan kereta api dan pembelian pulsa. Konsepnya pun masih sama, dimana pengguna bisa membandingkan terlebih dahulu kereta api mana yang sesuai dengan tujuan mereka.

Konsepnya pun dibuat seperti pemesanan serta pembelian tiket pesawat. Caranya sangat mudah dan praktis, serta fitur-fitur yang disematkan di dalam situs ini juga sangat menarik. Tidak hanya berhenti disitu, layanan ini juga menghadirkan pemesanan tiket pesawat, kamar hotel, kereta api dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh oleh pengguna ponsel pintar dengan sistem operasi Android dan iOS.

Poin pentingnya disini adalah Traveloka mengajak penggunanya untuk membandingkan satu layanan pemesanan yang ditawarkan dengan layanan lainnya, namun berada dalam kategori sama, yaitu perbandingan untuk pemesanan tiket pesawat, kamar hotel, dan kereta api.

Lalu seperti apa “perbandingan” yang ditawarkan oleh layanan keuangan online seperti CekAja? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya CekAja memiliki konsep yang sama, yaitu perbandingan seperti halnya Traveloka. Hanya saja CekAja menawarkan “pemesanan” kartu kredit, kredit pemilikan rumah, kredit kendaraan bermotor, kredit tanpa agunan atau jaminan hingga asuransi.

Setiap fitur yang ditawarkan memiliki bentuk perbandingan yang berbeda-beda. Tentu saja hal ini penting dilakukan mengingat layanan yang diberikan adalah keuangan. Pengguna tidak bisa langsung memilih kartu kredit yang mereka inginkan atau jumlah pinjaman dengan tenor dan bunga yang dibayarkan begitu langsung melakukan pencarian untuk perbandingan.

CekAja.com mengajak pengguna untuk lebih cerdas dan bijaksana dalam memilih kartu kredit atau pinjaman untuk pembayaran rumah atau kendaraan bermotor. Tujuannya sederhana, agar bisa mengelola keuangan lebih baik lagi.

Misalnya jika kamu ingin memesan salah satu kartu kredit yang ditawarkan oleh CekAja yang telah bekerjasama dengan bank, maka ada beberapa hal yang harus dilengkapi terlebih dahulu, seperti jenis pekerjaan serta pendapatan dan status karyawan atau pekerjaan yang sudah dijalani.

Setelah itu, daftar kartu kredit yang kamu cari akan muncul dan melihat langsung perbandingannya agar bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Begitu juga ketika ingin memesan kredit tanpa agunan. Kamu harus menentukan terlebih dahulu berapa pinjaman yang diinginkan dan berapa tenor atau waktu yang dibutuhkan untuk pembayaran cicilan yang diinginkan. Karena CekAja menawarkan layanan keuangan, maka data yang harus diisi lebih panjang dan lengkap. Jika tidak ada beberapa hal yang dirugikan, misalnya pengajuan kartu kredit atau kredit tanpa agunan kamu justru tidak akan disetujui oleh bank.

Berikut beberapa gambaran umum dari layanan yang diberikan oleh CekAja.com

  1. Data diri

Data diri merupakan hal yang sangat penting, apalagi terkait dengan kegiatan keuangan seperti pencairan atau penyetujuan atau kredit. Patut dimaklumi, pihak bank atau lembaga keuangan yang bekerjasama pun tentunya tidak ingin mengalami kerugian jika data-data pribadi yang akan diverifikasi nanti bermasalah atau melanggar hukum.

  1. Perbandingan

Perbandingan ini sangat penting jika ingin meminjam uang di bank atau mengajukan kartu kredit. Hal ini agar calon nasabah mengetahui seberapa besar uang yang akan dikeluarkannya untuk membayar setiap cicilan. Perbandingan dengan ini juga dilengkapi dengan fitur kalkulator yang disediakan, dimana calon nasabah bisa memilih sesuai dengan kebutuhan yang mereka inginkan.

Namun, pada intinya, CekAja dan Traveloka menawarkan dua layanan perbandingan yang semakin memudahkan konsumen.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami