Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mengenal Sineas Lokal Dibalik Kebangkitan Film Indonesia

by Anes Saputra on 30 Maret, 2020

Semakin hari industri film Indonesia semakin produktif melahirkan karya-karya yang berkualitas tinggi, bukan hanya film yang dirilis karena kejaran target. Sederet film karya sineas muda hingga yang sudah berkecimpung lama di industri film banyak yang masuk nominasi bahkan memenangkan berbagai ajang penghargaan kelas internasional.

bawa anak ke bioskop

Selain penghargaan, jumlah penonton film Indonesia juga sangat melonjak pada dua tahun terakhir. Pada tahun 2019 silam saja tercatat film Indonesia berhasil menjual lebih dari 51 juta tiket. Itu adalah jumlah tertinggi dalam sejarah perfilman Indonesia.

Pencapaian yang demikian tentu karena dukungan dari penikmat film, aktor, seluruh kru di balik layar dan tangan dingin para sineas yang tidak lelah untuk terus belajar dan menciptakan karya-karya yang luar biasa. Jika berbicara tentang sineas, mari kita lihat deretan nama sineas Indonesia yang banyak mempengaruhi tren perfilman nasional.

Karya-karya sineas berikut ini juga sudah banyak dinantikan orang. Mereka diharapkan dapat terus bersinar dan makin berjaya di tahun 2020 ini.

1. Joko Anwar

Joko Anwar - Mengenal Sineas Lokal Dibalik Kebangkitan Film Indonesia

Nama Joko Anwar tentu sudah sering kamu dengar. Dia sudah berhasil membuat film dengan berbagai macam genre dan beberapa di antaranya berhasil mendapatkan banyak penghargaan di ajang bergengsi.

Pada tahun 2019 lalu, Joko Anwar merilis dua film dengan penonton yang jumlahnya cukup fantastis. Kamu tentu sudah tahu film yang dimaksud. Ya, film tersebut adalah Gundala dan Perempuan Tanah Jahaman.

Joko Anwar juga menjadi creative producer untuk Jagat Sinema Bumilangit. Dalam project tersebut akan ada tujuh film yang dirilis setelah Gundala. Masing-masing film akan memunculkan karakter superhero Indonesia yang dikenal di masa lampau.

2. Edwin

Edwin - Mengenal Sineas Lokal Dibalik Kebangkitan Film Indonesia

Nama lain yang tidak kalah populer di industri film Indonesia adalah Edwin. Dia banyak mambuat film pendek yang sudah bersaing di berbagai ajang penghargaan film dunia termasuk di Cannes, Berlin Film Festival, dan masih banyak lagi.

Untuk film komersial yang sangat populer adalah Posesif (2017) dan Aruna dan Lidahnya (2018). Kamu pasti tahu dong dan bahkan mungkin sangat mengidolakan dua film tersebut.

(Baca juga: #Dirumah Aja, Ini 5 Film yang Asik Buat Temenin Kamu)

Nah, film Posesif yang dibintangi oleh Putri Marino dan Adipati Dolken berhasil membuat Edwin menjadi penerima penghargaan sutradara terbaik Festival Film Indonesia 2017.

Meski film komersilnya belum banyak, kualitas Edwin ternyata sudah banyak diakui. Dia bahkan masuk dalam daftar 100 sineas paling menjajikan saat ini. Untuk tahun 2020 ini, Edwin sedang menyiapkan sebuah film adaptasi novel karya Eka Kurniawan yang berjudul “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas”.

3. Timo Tjahjanto

Timo Tjahjanto - Mengenal Sineas Lokal Dibalik Kebangkitan Film Indonesia

Timo Tjahjanto adalah sutradara dan produser film yang punya spesialisasi di genre horor. Sejak tahun 2007 hingga saat ini, Timo sudah membuat sekitar 9 film. Karya yang paling populer adalah The Night Comes For Us yang dirilis pada tahun 2018 silam.

Pada tahun 2020 ini, Timo merilis film horor baru yakni Sebelum Iblis Menjemput: Ayat 2. Film pertama Sebelum Iblis Menjemput berhasil mendapatkan berbagai penghargaan di ajang Festival Film Indonesia tahun 2018.

Nah, tahun 2020 ini Timo sedang dalam proses menggarap film Si Buta dari Gua Hantu. Rencananya film yang diadaptasi dari komik karya Ganes TH itu akan dirilis tahun depan.

4. Upi

Upi - Mengenal Sineas Lokal Dibalik Kebangkitan Film Indonesia

Upi memulai kariernya pada tahun 2004 lewat film 30 Hari Mencari Cinta. Sejak film itu, nama Upi jadi semakin populer. Dia juga terus menghasilkan karya-karya yang berkualitas yang mampu membawanya masuk ke nominasi dalam berbagai penghargaan.

Lewat film My Stupid Boss, Upi berhasil masuk dalam nominasi sutradara terbaik dan penulis skenarion terbaik dalam ajang Festival Film Indonesia. Pada tahun 2020 ini, Upi kembali mengumumkan bahwa dia bergabung dengan Bumilangit Cinematic.

(Baca juga: Ini 5 Film Menarik yang Bakal Tayang 2020)

Upi dipercaya untuk menggarap film patriot wanita yang berjudul Sri Asih. Film tersebut rencananya akan tayang tahun 2020 ini sekitar bulan Desember. Kita nantikan saja semoga tidak ada penundaan seperti rumor yang banyak beredar ya.

Indonesia sudah punya banyak sineas berbakat, kita harus mendukung mereka dong dengan menonton karya-karya mereka di bioskop. Jangan nonton yang bajakan.

Manfaatkan berbagai promo dan diskon menarik untuk membeli tiket bioskop dengan kartu kredit, jadi kamu tidak perlu boros lagi saat menikmati waktu berkualitas bersama si dia. Pilih dan ajukan kartu kredit sesuai kebutuhan lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke