Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mengenal Sosok-sosok “Kartini” Terkaya di Indonesia

by Tisyrin N. T on 19 April, 2017

wanita terkaya_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Memasuki bulan April, nama pejuang emansipasi wanita Kartini santer terdengar. Kartini lahir pada 21 April 1879 di Jepara, Jawa Tengah. Berkat jasanya, wanita Indonesia dapat memiliki prestasi yang sejajar dengan pria. Wanita pun mampu mengasah potensi yang ada dalam dirinya secara maksimal tanpa ada batasan.

Dengan begitu, bukan mustahil jika wanita masuk dalam daftar yang berisi nama-nama orang terkaya. Kaum adam memang seringkali mendominasi daftar yang berisi nama-nama orang terkaya. Wanita yang masuk daftar semacam itu terbilang langka.

Sosok bernama Kartini Muljadi merupakan wanita terkaya di negeri ini, kekayaannya pada 2016 mencapai US$760 juta. Dia masuk dalam daftar 50 orang terkaya Indonesia 2016 versi Forbes dan merupakan satu-satunya wanita dalam daftar tersebut.

Selain Kartini Muljadi, siapa sajakah wanita-wanita terkaya di Indonesia? Mari intip kembali wanita yang muncul dalam daftar 150 orang terkaya di Indonesia versi Majalah Globe Asia. Daftar tersebut dikeluarkan pada pertengahan lalu.

Menjelang perayaan Hari Kartini, jadikan saja nama-nama di bawah ini sebagai penyemangat bagi kamu para wanita untuk lebih sukses lagi.

Desi Sulistio Hidayat

Desi Sulistio Hidayat dan keluarganya berada di urutan ke-61 di daftar tersebut dengan kekayaan US$640 juta. Dia merupakan generasi kedua pendiri perusahaan jamu Sido Muncul. Sido Muncul bermula dari usaha rumahan, dan saat ini sudah terdaftar di bursa saham. Meskipun zaman sudah semakin modern, bisnis mereka masih terbilang menjanjikan.

Elizabeth Sindoro

Elizabeth Sindoro masuk dalam daftar orang terkaya berkat perusahaan bernama Dan Rilis yang bergerak di bidang tekstil, khususnya batik, dengan pangsa pasar hingga mancanegara. Selain itu, dia juga mampu mengumpulkan kekayaan dari Paramount Group yang bergerak di bidang properti. Dia berada di urutan ke-121 dengan kekayaan US$255 juta.

Siti Hardianti Rukmana

Nama ini terdengar tidak asing bukan? Ya, dia adalah putri Presiden Indonesia ke-2 Soeharto. Dia mengantongi kekayaan hingga US$190 juta dan berada di urutan ke-132 dalam daftar tersebut. Dia memiliki perusahaan bernama Citra Lamtoro Gung Persada.

Siti Hartati Murdaya

Dalam daftar itu, Siti Hartati Murdaya bersama suaminya Murdaya Poo mengantongi kekayaan hingga US$1,4 miliar dan berada di urutan ke-30. Mereka berhasil membesarkan Central Cipta Murdaya. Terdapat lebih dari 30 perusahaan yang beroperasi di bawah grup tersebut, dengan jumlah karyawan mencapai puluhan ribu orang.

Siti terkenal sebagai pengusaha yang berjiwa filantropi. Sayangnya, dia sempat tersangkut kasus korupsi, untuk urusan ini tentu saja tak boleh kamu tiru.  Namun, bagaimanapun semangatnya dalam membesarkan bisnis bersama sang suami patut kamu teladani.

Anna Bambang Surjo Sunindar

Berada di urutan ke-136, perempuan yang satu ini mengantongi kekayaan sebesar US$180 juta. Dia mengontrol perusahaan peninggalan suaminya, Bambang Suryo Sunindar, yang berasal dari keluarga ningrat Surakarta.

Anna juga memberi sentuhan feminim dalam grup perusahaannya. Dia menjalankan PT Annapola yang memiliki restoran bertema kolonial dan function house yaitu Rumah Kartanegara, Rumah Daksa, dan Rumah Imam Bonjol di Jakarta serta Rumah Sleman di Yogykarta. Dia juga merupakan presiden direktur PT Penny Roos, perusahaan yang juga mengontrol restoran.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami