Mengenal Uji Emisi Kendaraan yang Bisa Selamatkan Udara di Bumi

Bagi pemilik kendaraan bermotor, mungkin sudah tidak asing lagi, dengan istilah uji emisi. Nah, untuk para pemilik baru, dan untuk yang belum tahu, mari mengenal uji emisi kendaraan, yang disebut bisa bantu selamatkan udara di bumi.

Mengenal Uji Emisi Kendaraan yang Bisa Selamatkan Udara di Bumi

Terlebih, dengan bertambahnya kendaraan bermotor di seluruh dunia, khususnya di negara sendiri, bisa berdampak pada jeleknya kualitas udara.

Seperti yang diketahui, bahwa Indonesia termasuk ke dalam negara, yang memiliki kualitas udara kurang baik, ketimbang negara-negara lain.

Meskipun, beberapa daerah di Indonesia, masih memiliki kualitas udara yang bersih.
Namun, penyebab udara kotor, tidak selamanya berasal dari emisi gas buang, dari kendaraan.

Penyebab udara kotor juga bisa disebabkan polusi pabrik, pembakaran sampah, dan lainnya. Namun, disini kendaraan bermotor, juga menjadi salah satu penyebab utama udara menjadi kotor.

(Baca Juga: Mengenal Nitrogen Dioksida Secara Mendalam dan Bahayanya)

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Hal itu dikarenakan gas buang yang berasal dari kendaraan bermotor, pada umumnya memiliki dampak negatif terhadap lingkungan, udara, dan khususnya berdampak pada kesehatan manusia.

Nah, untuk mengetahui kondisi kualitas udara, yang berasal dari sumber bergerak (kendaraan bermotor baik motor maupun mobil yang menghasilkan gas), maka kendaraan tersebut perlu dilakukan pengujian parameter kualitas udara, dari memiliki sumber bergerak kendaraan tersebut.

Seperti yang dilansir dari laman Kompas.com, emisi gas buang kendaraan sendiri, merupakan hasil akhir, dari sisa pembakaran kendaraan, pada internal combustion engine.

Jenis Gas Kotor, yang Dihasilkan Kendaraan

Jenis Gas Kotor - Mengenal Uji Emisi Kendaraan

Memang gas apa saja yang keluar dari kendaraan, dan bisa menyebabkan polusi udara dan lingkungan?

Setidaknya ada lima jenis atau unsur gas buangan kendaraan yang diukur dalam bentuk senyawa, di antaranya adalah:

  • HC (Hidrokarbon)
  • CO (Karbon Monoksida)
  • CO2 (Karbon Dioksida)
  • O2 ( Oksigen),
  • Senyawa NO (Nitrogen Oksida)

Wah, banyak juga ya? Apa kamu baru tahu terkait unsur gas tersebut? Maka dari itu kamu perlu mengenal uji emisi kendaraan, agar kendaraanmu bisa digunakan tanpa merusak kualitas udara dan lingkungan.

Kendaraan yang Tidak Wajib Uji Emisi

Kendaraan yang Tidak Wajib Uji Emisi - Mengenal Uji Emisi Kendaraan

Namun, ternyata tidak semua kendaraan wajib melakukan uji emisi loh. Dari sekian banyak pemilik/penguasa kendaraan, yang beroperasi di wilayah daerah, kendaraan bermotor ini tidak wajib melakukan uji emisi:

  • Kendaraan dinas TNI dan Kepolisian RI
  • Kendaraan baru dari pabrik, yang akan diperjualkan dan belum beroperasi di jalan
  • Kendaraan yang tidak beroperasi di jalan raya dengan surat pernyataan dari bengkel yang bersangkutan bahwa tidak dapat beroperasi (rusak); dan
  • Kendaraan bermotor yang wajib uji berkala.

Sedangkan, kendaraan bermotor yang wajib melakukan uji emisi berkala adalah:

  • Kendaraan bermotor jenis mobil bus
  • Mobil barang
  • Kendaraan khusus
  • Kereta gandengan
  • Kereta tempelan
  • Kendaraan umum yang dioperasikan di jalan.

Nah, karena ibukota DKI Jakarta menjadi salah satu kota paling berpolusi di Indonesia, maka regulasi untuk melakukan uji emisi kendaraan, adalah wajib.

Bahkan, regulasi peraturan tersebut, tercatat dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 66 Tahun 2020 Tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor, yang berlaku mulai 24 Januari 2021.

Alat Uji Emisi

Alat Uji Emisi - Mengenal Uji Emisi Kendaraan

Bagaimana proses uji emisi kendaraan terjadi? Jadi, pengukuran emisi gas buang kendaraan wajib dilakukan, dalam kurun waktu tertentu. Umumnya, mulai dari enam bulan sekali atau satu tahun sekali.

Bagaimana dengan alat ukurnya? Nah, buat kamu yang belum tahu, alat ukur uji emisi kendaraan sendiri sering disebut sebagai instrumen gas detector.

Alat tersebut, digunakan untuk membantu pengukuran, menganalisa, dan mengetahui tingkat konsentrasi dari nilai HC, CO, dan OZ, yang mengikat berubah di dalam zat gas.

Tidak hanya itu, uji emisi kendaraan juga dilakukan, untuk menguji perubahan kandungan gas berlebih.

Manfaat Uji Emisi Kendaraan Secara Rutin

Manfaat Uji Emisi - Mengenal Uji Emisi Kendaraan

Dari penjelasan di atas mungkin beberapa manfaat sudah kamu ketahui. Tapi, mungkin kebanyakan dari kamu tidak mengetahui manfaat dari uji emisi kendaraan lainnya.

Masih ada banyak manfaat lain, dari pengujian emisi kendaraan ini. Bahkan, diwajibkan pun guna memberitahu kepada para pengendara, bahwa ada banyak manfaat yang didapat dari uji emisi kendaraan.

Berikut manfaat dari uji emisi kendaraan

  • Manfaat uji emisi kendaraan yang pertama adalah bisa mengetahui tingkat efektivitas proses pembakaran bahan bakar, pada mesin mobil. Sehingga, dapat diketahui melalui analisis kandungan CO2 dan HC yang terdapat dalam gas buang, dalam uji ini.
  • Manfaat selanjutnya dari uji emisi kendaraan adalah bisa membantu kamu melakukan penyetelan campuran udara, beserta bahan bakar secara tepat.
  • Dengan melakukan uji emisi kendaraan, kinerja mesin mobil milikmu, dan yang biasa kamu gunakan, dapat diperoleh kepastiannya. Jadi, apakah mesin mobil dalam kondisi baik dan dapat diandalkan atau tidak.
  • Selain itu, uji emisi kendaraan juga bisa membuat kendaraanmu, lebih irit bahan bakar, dengan tenaga mesin yang tetap optimal.
  • Nah, manfaat yang paling umum dari uji emisi kendaraan, tentu bisa membuat lingkungan sehat, dan udara yang lebih bersih.
  • Bahkan, dengan uji emisi, kerusakan pada bagian-bagian mesin kendaraan dapat diketahui.

(Baca Juga: 5 Merk Busi Mobil Terbaik dan Tahan Lama)

Jadi, intinya uji emisi kendaraan, dilakukan untuk mendeteksi kinerja mesin kendaraan dan polusi, sekaligus mendeteksi pencemaran udara, yang seperti diketahui, bisa disebabkan karena gas buang kendaraan. Jadi, bisa dikurangi deh!

Nah, bagi kamu yang belum melakukan uji emisi kendaraan kamu, sebaiknya segera lakukan. Karena, hal tersebut bisa membantu agar lingkungan tetap bersih dari polusi dan udara di sekitar tetap segar.

Tidak hanya wajib melakukan uji emisi, kamu juga harus memiliki proteksi lebih berupa asuransi kendaraan.

Asuransi kendaraan terbaik yang bisa kamu miliki, bisa kamu dapatkan dengan mudah secara online melalui situs CekAja.com.

Mengapa harus CekAja.com? Karena CekAja.com menawarkan banyak produk asuransi kendaraan, dari berbagai perusahaan asuransi kendaraan ternama di Indonesia.

Jadi, segera cek situsnya, dan memiliki asuransi kendaraan terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com.