Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Mengenal Varian dan Kegunaan Essential Oil Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

by Ilena Umayanti on 2 Januari, 2020

Essential oil merupakan minyak alami yang telah digunakan sejak lama untuk obat dan juga terapi demi menjaga kesehatan dan kecantikan.

Kegunaan Essential Oil

Essential oil atau dikenal juga dengan istilah minyak atsiri memiliki banyak sekali manfaat. Essential oil dibuat dengan berbahan dasar tanaman tertentu, bisa berupa akar, batang, daun, bunga atau bahkan buah.

Tapi tahukah kamu cara membuat essential oil?

Essential oil yang murni didapatkan dengan cara didestilasi melalui penyulingan uap air. Kemudian akan terjadi proses ektraksi CO2 dan juga pengepresan dingin, proses ini biasanya tanpa melibatkan pemanasan.

Hasil dari ekstraksi biasanya sudah menjadi bentuk essential oil yang selanjutnya dikombinasi dengan bahan kimia yang aman. Campuran bahan kimia harus sesuai takaran para ahli. Selanjutnya essential oil ini menjadi minyak alami yang terkonsentrasi dengan aroma dan karakteristik dari tanaman yang khas. Aroma dan karakteristiknya seperti yang digunakan sebagai bahan dasar. 

Cara menggunakan essential oil juga terbilang sangat mudah. Jika kamu tertarik untuk mencoba merasakan manfaat essential oil, pertama kamu harus memiliki diffuser dan tentu saja essential oil-nya.

Dengan memiliki diffuser kamu cukup menyiapkan air dengan takaran alat itu sendiri. Jika diffuser kamu berukuran 100 ml kamu cukup meneteskan 3 sampai 4 tetes essential oil kedalam diffuser yang sudah diisi air. Selanjutnya tinggal kamu tunggu,  kamu akan merasakan sendiri aroma dari essentioal oil yang menenangkan.

Essential oil biasanya juga bisa digunakan langsung tanpa diffuser. Caranya cukup kamu buka botol essential oil nya kemudian hirup aromanya langsung. Dengan begitu kamu bisa merasakan langsung aroma dari minyak tersebut. Selain dihirup, essential oil juga bisa kamu oleskan ke bagian tubuh tertentu seperti leher, tangan, dan sebagainya. 

Essential oil ini biasanya digunakan berdasarkan varian dan kebutuhan si pengguna dengan berbagai macam varian yang dimiliki. Essential oil jadi cukup banyak digemari karena bisa digunakan untuk segala bentuk kebutuhan penggunanya.

Lantas ada berapakah varian dari essential oil? Sangat banyak. Berikut merupakan beberapa varian yang paling populer di kalangan penggunanya:

1. Geranium Essential Oil

Siapa yang sudah tidak asing dengan bunga yang satu ini ? Yup, bunga geranium juga merupakan bunga yang dijadikan essential oil. Aromanya yang enak dan menenangkan menjadi incaran para penggunanya, selain itu kegunaan essential oil geranium juga sangat beragam, bisa untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Untuk kesehatan, geranium essential oil ini bisa membantu kamu meningkatkan relaksasi. Semakin kamu rileks maka suasana hati kamu juga akan semakin membaik. Ditambah dengan geranium essential oil ini yang memiliki aroma hangat dan menenangkan.

Untuk kecantikan, geranium essential oil ini bisa membantu mengontrol minyak berlebih yang ada di area wajah kamu. Jika minyak berlebih sudah hilang maka kulit wajah kamu juga akan jadi terhindar dari jerawat.

2. Rose Essential Oil

Jika bicara mengenai bunga yang satu ini nampaknya hampir seluruh masyarakat indonesia tahu bahwa bunga mawar atau rose memiliki banyak sekali manfaat.

(Baca juga: Mengintip Peluang Bisnis Essential Oil)

Jika dijadikan essential oil manfaat dari bunga ini semakin beragam. Aromanya menyegarkan dan membuat penggunanya merasa nyaman. Sederet kegunaan essential oil juga bisa kamu dapatkan, di antaranya adalah:

Untuk kesehatan, rose essential oil berguna dalam menghilangkan stres, masalah kehidupan sehari-hari, pekerjaan, pertemanan, atau bahkan keuangan kadang membuat kita stres. Untuk menghilangkan stres tersebut coba kamu gunakan rose essential oil ini, dengan diffuser atau gunakan secara langsung dan manfaatnya akan kamu rasakan.

Untuk kecantikan, rose essential oil tidak perlu diragukan lagi, bahkan sebelum dijadikan essential oil, bunga mawar sendiri sudah banyak digunakan sebagai bahan untuk produk kecantikan. Kegunaannya bisa untuk mencerahkan warna kulit yang tidak merata, serta menghilangkan bekas jerawat yang membandel.

3. Lavender Essential Oil

Bunga lavender nampaknya sudah tidak asing lagi, bicara soal manfaat dan kegunaan bunga yang satu ini sudah sejak dulu digunakan untuk kecantikan dan kesehatan. Lalu apa saja manfaat dan kegunaan essential oil varian bunga lavender ini.

Untuk kesehatan, lavender essential oil merupakan salah satu yang juga banyak manfaat, diantaranya bisa untuk relaksasi kemarahan kamu, biasanya pengguna akan menghirup aroma lavender essential oil dan menenangkan suasana hati yang sedang marah menjadi lebih tenang.

Untuk kecantikan, lavender sudah dipercaya sejak dulu bisa menghilangkan stretch mark pascamelahirkan. Tidak heran varian ini paling banyak digemari oleh para ibu muda.

4. Lemongrass Essential Oil

Lemongrass ini juga salah satu essential oil yang banyak dicari. Lemongrass sendiri berbahan dasar ektrak lemon yang manfaatnya sudah banyak gunakan sejak dulu. Tidak perlu khawatir untuk khasiatnya bahkan lemon sudah banyak terbukti dan dirasakan manfaatnya langsung. Bahkan banyak sekali skin care yang memiliki kandungan berbahan dasar lemon. Lantas bagimana kegunaan essential oil yang satu ini ?

Untuk kesehatan, manfaat lemongrass essential oil ini sangat menarik, karena bisa untuk meredakan sakit kepala akibat migrain hingga membantu masalah pencernaan. Wah jika manfaatnya bisa sehebat ini rasanya nggak rugi ya untuk membeli lemongrass essential oil ini.

Untuk kecantikan, kegunaan essential oil yang satu ini sudah sangat terbukti, pasalnya lemon sendiri banyak digunakan untuk kecantikan. Kegunaannya bisa untuk mencerahkan warna kulit yang kusam akibat paparan sinar matahari dan juga mengembalikan elasttisitas kulit.

5. Cendana Essential Oil

Bunga cendana merupakan bunga yang paling berkelas di antara yang lainnya, karena usia pohon cendana bisa mencapai ratusan juta tahun. Hal ini dikarenakan kegunaan cendana sendiri sangat dibutuhkan oleh manusia. Entah itu untuk kesehatan dan kecantikan. Inilah manfaat dan kegunaan essential oil dari bunga cendana;

Untuk kesehatan, cendana essential oil ini merupakan yang banyak dicari oleh para ibu rumah tangga, biasanya digunakan pada ruangan si kecil yang masih dalam proses belajar. Hal ini berkaitan dengan kegunaan essential oil yang bisa menenangkan saraf dan menambah fokus.

Cocok digunakan untuk si kecil yang sedang mengeksplor diri di sekolah ataupun lingkungannya agar semakin fokus dan tenang saat belajar.

Untuk kecantikan, cendana essential oil ini bisa memperbaiki sel kulit yang rusak. Jika kamu rutin menggunakannya, cendana essential oil ini bisa memberikan kamu manfaat yang luar biasa dengan mengangkat sel kulit mati dan menjadikan kulit kamu lebih halus.

6. Kenanga Essential Oil

Bunga kenanga juga termasuk bunga yang sangat familiar untuk masyarakat Indonesia, jika dijadikan essential oil, bunga kenanga bisa memberikan manfaat dan kegunaan yang jarang kita sadari.

Sebenarnya kenanga essential oil ini juga banyak dicari karena kegunaannya. Coba intip yuk manfaat dan kegunaan essential oil dari bunga kenanga.

Untuk kesehatan, manfaat kenanga essential oil ini diantaranya adalah untuk mengobati sakit kepala, pusing dan mual. Ini sangat cocok jika hendak dibawa untuk menempuh perjalanan.

(Baca juga: Mengintip Kisah Sukses Servasius Bambang, Peracik Minyak Kutus Kutus)

Sementara dari sisi kecantikan, manfaat dan kegunaan essential oil yang satu ini juga tidak kalah penting, karena bisa melembabkan kulit yang kering dan membuat kulit kamu jadi lebih elastis.

7. Green Tea Essential Oil

Selain bisa digunakan untuk bahan makanan dan minuman, teh hijau merupakan bahan dasar yang bisa digunakan untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Untuk essential oil, bahan yang digunakan bukan lagi dauh teh hijau melainkan dahan pohon dari teh hijau. Ini dia manfaat dan kegunaan essential oil dari green tea:

Untuk kesehatan, green tea essential oil bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dan bakteri.

Untuk kecantikan, green tea sudah banyak sekali digunakan sebagai bahan dasar untuk produk kecantikan, manfaatnya bisa meredakan peradangan pada kulit yang berjerawat dan bisa untuk anti bakteri sehingga bisa melawan bakteri penyebab timbulnya jerawat.

8. Moringa Essential Oil

Essential oil yang satu ini terbuat dari biji pohon moringa, estraksi dari biji pohon moringa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Untuk kesehatan, moringa essential oil bisa digunakan saat kamu mengalami gangguan tidur, hal ini biasanya disebabkan oleh kegelisahan dan pikiran yang tidak tenang. Menggunakan essential oil ini bisa untuk menenangkan pikiran dan mengatasi gangguan tidur.

Untuk kecantikan, moringa essential oil ini diyakini bisa membuat kulitmu lebih kinclong, halus, dan bersih.

Dari pemaparan di atas kamu tertarik untuk menggunakan varian essential oil yang mana? Jenis dan kegunaan essential oil bisa kamu rasakan sendiri setelah mencobanya langsung ya, jadi silahkan pilih varian apa yang paling pas untuk kamu gunakan.

Manfaatkan kartu kredit Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk membeli essential oil di marketplace favorit kamu dan nikmati beragam promo serta diskon menariknya. Miliki kartu kredit BRI sekarang juga, dengan mengajukannya secara online lewat CekAja.com.

Tentang Penulis