Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mengenal VPN Tarumanagara untuk Kebutuhan Perbankan

by Sindhi Aderianti on 27 November, 2018

Pernah mendengar istilah VPN (Virtual Private Network)? VPN merupakan suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lain secara pribadi melalui jaringan internet (publik). Nah, saat ini ada VPN Tarumanagara yang dikhususkan untuk kebutuhan perbankan. Yuk cek!

pekerjaan akhir pekan - CekAja.com

Di beberapa negara yang memblokir situs atau aplikasi tertentu, VPN sering kali digunakan untuk membuka aksesnya dengan cuma-cuma. Sebut saja Facebook atau Instagram di China. Secara umum, teknologi VPN menyediakan tiga fungsi utama untuk penggunanya. Ketiga fungsi utama tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Confidentional (Kerahasiaan)

Dengan digunakannnya jaringan publik yang rawan pencurian data, maka teknologi VPN menggunakan sistem kerja dengan cara mengenkripsi semua data yang lewat melaluinya. Dengan adanya teknologi enkripsi tersebut, maka kerahasiaan data dapat lebih terjaga.

Walaupun ada pihak yang dapat menyadap data yang melewati internet atau bahkan melalui jalur VPN itu sendiri, namun belum tentu dapat membaca data tersebut, karena data tersebut telah teracak. Dengan menerapkan sistem enkripsi ini, tidak ada satupun orang yang dapat mengakses dan membaca isi jaringan data dengan mudah.

Banner KTA CekAja

2. Data Integrity (Keutuhan Data)

Ketika melewati jaringan internet, sebenarnya data telah berjalan sangat jauh melintasi berbagai negara. Pada saat perjalanan tersebut, berbagai gangguan dapat terjadi terhadap isinya, baik hilang, rusak, ataupun dimanipulasi oleh orang yang tidak seharusnya.

Pada VPN terdapat teknologi yang dapat menjaga keutuhan data mulai dari data dikirim hingga data sampai di tempat tujuan.

(Baca juga: Trik Memilih Internet Rumah yang Bagus dan Murah)
3. Origin Authentication (Autentikasi Sumber)

Teknologi VPN memiliki kemampuan untuk melakukan autentikasi terhadap sumber-sumber pengirim data yang akan diterimanya. VPN akan melakukan pemeriksaan terhadap semua data yang masuk dan mengambil informasi dari sumber datanya.

Kemudian, alamat sumber data tersebut akan disetujui apabila proses autentikasinya berhasil. Dengan demikian, VPN menjamin semua data yang dikirim dan diterima berasal dari sumber yang seharusnya. Tidak ada data yang dipalsukan atau dikirim oleh pihak-pihak lain.

Dalam dunia perbankan sendiri, VPN amat dibutuhkan guna melindungi aktivitas, termasuk menerima dan mengirim data. Kegiatan ini aman, karena data-data tersebut terenkripsi dengan sempurna.

Selain itu, penyedia VPN akan membuat sebuah jalur protokol berbeda bagi penggunanya, sehingga aktivitas akan lebih aman lagi. Hal ini mewakili fungsi secara confidential seeprti yang sudah di jelaskan di atas.

Salah satu bank terbesar seperti BCA pun menggunakannya. BCA memilih VPN Tarumanagara untuk membantu log in ke KlikBCA Bisnis.

Layanan ini hanya bisa digunakan perusahaan atau korporat yang menggunakan layanan Giro BCA dan Tahapan Gold BCA. Dengan kolaborasi Klik BCA Bisnis dan VPN Tarumanagara, Anda tidak perlu repot pergi ke bank dan mengantre untuk mendapatkan melakukan transaksi bisnis mulai dari transaksi bisnis sampai membayar gaji karyawan.

(Baca juga: Trik Bisa Beli Paket Internet dengan Harga Murah)
Kelebihan VPN Tarumanagara

Soal fungsi, tentu VPN tidak diragukan lagi terutama dari segi keamanan. Di samping itu, VPN Tarumanagara juga memiliki kelebihan-kelebihan lain yang turut memudahkan bagi penggunanya. Diantaranya adalah:

  • Sistem operasi apapun bisa menggunakannya

Anda tidak perlu sistem operasi khusus untuk mendapat akses VPN Tarumanagara ini. Semua sistem mulai dari Windows, Linux, sampai smartphone baik iOS atau Android pun bisa.

  • Tanpa download

Khusus untuk VPN Tarumanagara, nasabah tidak harus mengunduh dan menginstal software-nya pada komputer atau laptop. Cukup masuk ke  https://vpn.tarumanagara.com/lalu ikuti arahan demi arahan di sana.

  • Tidak menghambat koneksi internet untuk kebutuhan lain

VPN Tarumanagara tidak menghalangi Anda untuk tetap bisa terkoneksi dengan internet untuk keperluan lain, seperti browsing atau chatting sekalipun sedang mengakses berbagai layanan KlikBCA.

(Baca juga: 4 Cara Mendapatkan Uang Banyak Lewat Internet di Musim Liburan)
Langkah-langkah mengakses VPN Tarumanagara

VPN Tarumanagara memang bisa diakses langsung melalui website untuk log in ke KlikBCA Bisnis, namun sebelum itu ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan terlebih dahulu.

Seperti registrasi di kantor BCA lalu mengisi formulir KlikBCA Bisnis dengan menunjukkan bukti-bukti legalitas usaha. Setelah semua proses registrasi selesai dan akun KlikBCA sudah dimiliki, Bank BCA memberi Anda corporate ID, user ID, KeyBCA, dan PIN KeyBCA.

Sebagai pelaku bisnis, mengikuti perkembangan zaman tentunya tidak akan pernah merugi. Tujuannya tak lain untuk mengelola keuangan agar lebih efektif dan efisien. Inilah yang diberikan VPN Tarumanagara untuk KlikBCA Bisnis agar semakin memudahkan para pengusaha untuk melakukan berbagai transaksi bisnis mereka dalam sastu genggaman.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami