Mengenal York, Kota Penuh Misteri di Inggris yang didatangi Raffi-Nagita

3 min. membaca Oleh Sindhi Aderianti on

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina tengah disibukkan dengan liburan keliling dunia. Meski rehat sejenak dari dunia entertainment, kegiatan mereka tetap menjadi sorotan publik lewat vlog yang dibagikan pada channel YouTube RANS Entertainment.

Mengenal York, Kota Penuh Misteri di Inggris yang didatangi Raffi-Nagita

Setelah menjelajahi beberapa negara, pasangan yang memboyong serta anak dan asistennya tersebut diketahui sudah tiba di Inggris. Namun, bukan destinasi mainstream saja yang mereka kunjungi, melainkan pula kota dengan sejuta misteri bernama York.

Meski jarang terdengar, York merupakan salah satu tujuan wisata yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Negeri Ratu Elizabeth, lho. York merupakan kota dengan sejarah terpanjang kekaisaran Romawi. Maka tak heran, kota berpenduduk sebanyak 198.000 jiwa tersebut, nampak creepy karena cukup banyak menyisakan bangunan tua yang usianya ratusan tahun.

Raffi ditemani sejumlah mahasiswa dari komunitas PPI (Persatuan Pelajar Indonesia), menelusuri banyak tempat menarik dan berbau mistis di York. Jika kamu berkesempatan ke sana, 5 destinasi ini bisa menjadi referensi jalan-jalanmu!

1. York Minster

York Minster - Mengenal York Kota Penuh Misteri di Inggris yang didatangi Raffi-Nagita

Katedral yang dibangun pada abad VII ini merupakan ikon kebanggaan masyarakat York. Dari situs resminya, setiap detail bangunan York Minster merepresentasikan keagungan Yesus. Lokasi tersebut makin dikenal sejak penyanyi Ellie Goulding menikah di sana.

York Minster buka setiap hari, dari pukul 07.00 sampai 19.00. Jika ingin berkeliling ke dalam gereja, pengunjung akan dikenai biaya sebesar 10 Poundsterling atau sekitar Rp180.000 per orang. Harga ini sudah termasuk jasa pemandu ke The Under Croft Museum, dan kunjungan gratis tak terbatas di hari-hari berikutnya dalam kurun waktu setahun.

(Baca juga: 10 Destinasi Wisata Dunia yang Bakal Jadi Tren di 2020)

2. Shambles Street

Shambles Street - Mengenal York Kota Penuh Misteri di Inggris yang didatangi Raffi-Nagita

Lanjut setelah itu, Raffi dan kawan-kawan mengunjungi The Shambles. Gang ini menjadi inspirasi setting film Harry Potter. Ada banyak pusat perbelanjaan, atraksi wisata seperti tur hantu, restoran dan aneka pub yang bisa kamu temui di sana. Mayoritas bangunan di gang tersebut sudah berdiri sejak akhir abad ke-14 dan ke-15 yakni pada 1350 sampai 1475.

Bagi Potterhead, Shambles tentu akan menjadi surga dunia karena ada toko bernama The Shop That Must Not Be Named yang menjual merchandise Harry Potter. Mulai dari buku, snow ball, hingga koleksi tongkat sihir. Selain itu, York’s Chocolate Factory menjadi salah satu tenant yang direkomendasikan. Di sana bisa mengikuti tur dan workshop terkait dengan pengolahan cokelat.

3. Jembatan River Ouse

Jembatan River Ouse - Mengenal York Kota Penuh Misteri di Inggris yang didatangi Raffi-Nagita

Malam harinya, Raffi bersama tim #RANSTheWorld memulai perjalanan yang sedikit berbeda. Bak pemandu wisata, para mahasiswa itu pun langsung mengajak Raffi Ahmad menuju sebuah lokasi yang dianggap menyeramkan oleh warga setempat. Suasana horor mulai terasa saat mereka ke jembatan dekat sungai bernama River Ouse. Usut punya usut, sungai ini menyimpan cerita mistis yang bikin merinding.

River Ouse menjadi sejarah karena adanya sejumlah orang meninggal akibat tenggelam yang cukup banyak di sana. Lalu menurut kesaksian beberapa warga sekitar pun, mereka pernah melihat bayangan atau spirit para korban. Ada lagi cerita horor dimana ada anak muda yang mabuk dan tenggelam di sungai tersebut, tetapi setelah penelusuran mayatnya justru tak ditemukan.

4. Cholera Burial Ground

Cholera Burial Ground - Mengenal York Kota Penuh Misteri di Inggris yang didatangi Raffi-Nagita

Usai menelusuri sejumlah bangunan tua Kota York, tiga orang mahasiswa dari University of York itu pun selanjutnya mengajak Raffi cs ke monumen bernama Cholera Burial Ground. Sekilas, Cholera Burial Ground nampak seperti taman berumput dengan sejumlah pohon rindang yang mengelilingi.

Namun setelah dijelaskan, siapa sangka kalau ternyata monumen ini adalah kuburan bagi orang pengidap kolera. Kolera merupakan penyakit diare akut yang disebabkan oleh bakteri pada air kotor. Wabah itu memakan cukup banyak korban di London, tetapi karena yang menemukannya adalah orang asli York maka dibangunlah makam tersebut di sana.

(Baca juga: Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Malang Paling Legendaris)

5. College Street

College Street - Mengenal York Kota Penuh Misteri di Inggris yang didatangi Raffi-Nagita

Terakhir, mereka ke bangunan tua yang bernama College Street. Suasana kian horor lantaran gerimis tak kunjung berhenti dan malam semakin larut. College Street menyimpan cerita yang tak kalah mistisnya dari tempat bersejarah lain di Kota York.

Pada vlog yang diunggah 15 Januari 2020 lalu tersebut, Raffi menunjuk pohon kecil di area taman bangunan tersebut. Ia menjelaskan kalau ada orangtua beserta orang anak tinggal di sana. Mirisnya karena himpitan ekonomi, sang anak kelaparan dan berakhir meninggal dunia. Hingga kini, menurut kesaksian ada arwah anak kecil yang berkeliaran.

Jadi penasaran ingin ke York dan kota-kota Inggris lainnya juga, ya? Bukan cuma Raffi dan Nagita saja, kok yang bisa. Jika tabunganmu cukup, cus berangkat! Selain urusan budget, pastikan selama di sana kamu juga punya asuransi perjalanan yang mendampingi.

Dapatkan asuransi perjalanan terbaik hanya di CekAja.com. Info lebih lanjut kunjungi website www.cekaja.com atau telepon ke (021) 8062 6900.

Tentang kami

Sindhi Aderianti

Sindhi Aderianti Penulis yang kadang jadi pedagang