Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Mengenang Karl Lagerfeld, Desainer Kondang Chanel yang Ikonik

by Sindhi Aderianti on 20 Februari, 2019

Direktur kreatif lini fashion terkemuka Chanel, Karl Lagerfeld meninggal dunia di usia 85 tahun. Ucapan bela sungkawa banyak mengalir sejak 19 Februari 2019 kemarin.

Duka dirasakan tak hanya bagi mereka yang bergelut di dunia mode, namun beberapa selebritas dunia yang mengenal baik sosoknya.

Misalnya penyanyi Justin Timberlake atau Alicia Keys, dimana keduanya pun diketahui pernah mengenakan produk desain Lagerfeld

Mengutip dari Mirror, Karl sempat dibawa ke rumah sakit di Paris pada hari Senin kemarin. Menurut sumber terdekatnya, pria berkebangsaan Jerman itu telah lama berjuang melawan kanker pankreas hingga akhirnya harus pergi untuk selama-lamanya.

Sang ‘Juru Selamat’ Fashion

Karl Lagerfeld memang istimewa. Selain menduduki tahta direksi Chanel Fashion House sejak 1983, ia juga berkecimpung sebagai desainer untuk Fendi.  Label fashion miliknya sendiri dengan nama Karl Lagerfeld pun sukses dibangun.

Dengan ide kreatif yang tak ada habisnya, Lagerfeld juga sukses  mengangkat brand mode kenamaan lain seperti Chloe dan Tommy Hilfiger. Tiap peragaan busana yang ia gawangi selalu berhasil membuat para fashionista jatuh cinta dengan karya-karya dari brand tersebut.

Membuat belasan tema koleksi bagi empat label busana dalam kurun waktu setahun, rasanya hanya Lagerfeld yang bisa. Bahkan di hari-hari sebelum menghembuskan nafas terakhir, ia masih sempat memberi instruksi untuk show Fendi autum/winter 2019.

Hal inilah yang lantas membuat banyak orang menyematkan julukan ‘juru selamat’ fashion untuk Lagerfeld.

(Baca juga: 5 Tips Fashion yang Bikin Mahasiswa Baru Tampil Kece Saat Kuliah Perdana)

Fakta-Fakta Unik Karl Lagerfeld

Menjadi sukses di mata dunia, tidak semata-mata didapatkan Lagerfeld secara instan. Tentu semua itu dibangunnya dari bawah.

Seperti ketika menjadi asisten junior desainer Pierre Balmain, juga beberapa rumah mode lain yang tanpa gensi ia jadikan sebagai tempat ‘belajar’.

Di balik semua karya ciamik dan perjalanan kariernya, ternyata ada beberapa fakta menarik tentang sosok Karl Lagerfeld, yang mungkin tidak banyak diketahui publik. Penasaran? Simak terus ulasanya berikut ini.

  • Meminati fashion sedari kecil

Pria bernama lahir Karl Otto Lagerfeld ini sudah menunjukkan ketertarikan pada dunia fashion sejak kecil. Ia seringkali memotong halaman fashion di majalah untuk dijadikan koleksi pribadi.

Tak jarang pula Lagerfeld mengkritisi gaya berpakaian seseorang yang dilihatnya. Sejak usia 14 tahun, pun ia memutuskan untuk hijrah ke Paris untuk mengembangkan minat dan bakatnya tersebut.

(Baca juga: 5 Tips Fashion Untuk Mama Muda Agar Tampil Stylish dan Menawan)
  •  Tak mau gunakan smartphone

Mengutip dari media fashion WWD, Lagerfeld mengaku tidak paham akan media sosial yang kini tengah menjadi bulan-bulanan. Apa yang dilakukan jutaan orang di jagad maya, menurutnya seperti berbicara dengan diri sendiri.

Ia pun sangat membeci kegiatan swafoto atau selfie. Inilah yang latas menjadi alasan Lagerfeld tak ingin menggunakan smartphone.

  • Dulunya gemuk

Dulu, Lagerfeld pernah memiliki bobot tubuh berlebih. Namun, berkat pertemuannya dengan desainer Hedi Slimane, ia pun tertantang untuk menurunkan berat badan yang sudah overwheight itu.

Menurut lansiran New York Magazine, Lagerfeld akhirnya mencoba diet rendah kalori selama kurang lebih 13 bulan. Alhasil, ia sukses memangkas berat badannya sebanyak 45 kg.

Pengalaman tersebut dituliskannya pula dalam sebuah buku berjudul The Karl Lagerfeld Diet (2004).

  • Rambut putih dengan ponytail

Saat desainer lain memilih potongan dan gaya rambut yang perlente, tidak dengan Lagerfeld. Ia lebih tertarik untuk mengikat rambut putihnya seperti ‘kuncir kuda’ (ponytail).

Ada alasan tertentu di balik bertahannya signature style tersebut selama kurang lebih 42 tahun itu. Lagerfeld merasa tidak berbakat sama sekali dalam menata rambut.

Maka dari itulah, gaya tersebut ia pilih karena paling mudah ditata.

(Baca juga: Selain Hasilkan Duit, 5 Skill Ini Bisa Dipelajari Secara Gratis)
  • Anti rokok dan alkohol

Hidup sebagai seniman dan berada di tengah kalangan glamour, tak membuatnya lupa diri. Berdasarkan artikel dari Elle, ia mengaku tidak mengonsumsi alkohol dan rokok.

Alkohol membuatnya cepat tertidur, sedangkan untuk merokok ia tak merasa punya waktu untuk itu. Dua hal inilah yang menjadi rahasia di balik tubuhnya yang dulu nampak selalu fit.

Kebiasaan baiknya tersebut pun mengundang rasa heran dari orang-orang terdekat. Mengapa bisa Lagerfeld yang anti rokok dan alkohol justru harus menderita kanker pankreas hingga merenggut nyawanya.

  • Memiliki kucing selebgram

Lagerfeld diketahui tidak menikah sampai pada akhir hayatnya. Namun ia tidak sendiri, karena ada kucing peliharaan bernama Choupette yang setia menemani.

Kucing ras berwarna dominan putih ini kerap diajaknya berpergian menghadiri sejumlah acara. Choupette pun memiliki akun Instagram sendiri.

Tak main-main, pengikut di Instagram @choupettesdiary sudah berjumlah ratusan ribu. Persis seperti selebgram!

  • Pernah menjadi sutradara

Fakta satu ini juga mungkin tak banyak yang tahu. Beberapa tahun silam, ia sempat berkolaborasi dengan penyanyi asal Amerika Serikat Pharrell Williams.

Bukan duet bernyanyi, tapi Lagerfeld tesebagai sutradara film. Film tersebut mengambil lokasi syuting di Paris.

Mengambil tema campaign, Cara Delevingne serta aktor cilik Hudson Kroenig pun digaet menjadi bintangnya.

Walaupun posisinya di Chanel dalam waktu dekat akan tergantikan, sosok Karl Lagerfeld tetaplah legenda. Satupun orang tidak ada yang mungkin bisa menduplikasi seorang Lagerfeld.

Mulai dari style, etos kerja, sampai karya-karya apiknya. Selamat jalan, Karl Lagerfeld!

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.