Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

9 menit waktu bacaan

Daftar 10 Museum di Jakarta Murah Meriah

by Nadhillah Kusindriani on 5 February, 2020

Daftar museum di Jakarta sebenarnya sangat banyak. Namun, sebagian orang masih belum mengetahui lokasi dari wisata bersejarah tersebut. Hal itu dikarenakan stereotype kota metropolitan menempel lekat pada Jakarta.

Mengetahui 10 Daftar Museum di Jakarta Murah Meriah

Museum kini tidak hanya menyajikan informasi-informasi bersejarah. Namun, beberapa museum menampilkan karya-karya modern dan kontemporer, baik karya dari tanah air maupun internasional, lho!

Maka dari itu, yuk simak 10 daftar museum di Jakarta murah meriah yang telah CekAja.com rangkum khusus untuk kamu!

Daftar Museum di Jakarta
1. Museum Fatahillah atau Museum Sejarah

Museum Fatahillah atau Museum Sejarah - Mengetahui 10 Daftar Museum di Jakarta Murah Meriah

Daftar museum di Jakarta yang pertama ditempati oleh Museum Fatahillah. Museum dengan nama resmi Museum Sejarah Jakarta ini dahulunya merupakan balai kota Batavia, atau yang saat ini dikenal dengan Jakarta.

Museum yang dibangun atas komando Gubernur Jenderal Joan van Hoorn pada 1707-1712 ini memiliki bangunan yang menyerupai Istana Dam di Amsterdam. Museum Fatahillah memiliki bangunan utama dengan dua sisi di bagian timur dan barat.

Diresmikan pada 30 Maret 1974, museum ini memiliki beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung, seperti perpustakaan, kantin museum, sinema Fatahillah, toko souvenir, taman yang terletak di dalam museum, musholla serta ruang pertemuan dan pameran.

Museum Fatahillah memiliki beberapa koleksi, di antaranya yaitu replika peninggalan masa Pajajaran dan Tarumanegara, mebel antik dari abad ke-17 hingga abad ke-19, keramik, batu prasasti, gerabah dan sebagainya. 

Jam Operasional

Selasa – Minggu: 08.00 WIB – 17.00 WIB

Harga Tiket Masuk

Anak-anak Rp2.000,-

Dewasa – Rp5.000,-

Alamat Museum Fatahillah

Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

2. Museum Nasional atau Museum Gajah

Museum Nasional atau Museum Gajah - Mengetahui 10 Daftar Museum di Jakarta Murah Meriah

Selanjutnya ada Museum Nasional atau Museum Gajah yang masuk ke dalam daftar museum di Jakarta. Sebagai museum arkeologi, etnografi, sejarah dan geografi, menjadikan museum ini sebagai museum pertama di Asia Tenggara yang paling besar.

Bangunan yang berdiri pada 24 April 1778 ini menyimpan beberapa koleksi yang bisa kamu nikmati, di antaranya yaitu prasasti, arca-arca kuno, barang-barang kerajinan dan benda-beda kuno lainnya yang masuk ke dalam kategori perunggu, etnografi, keramik, prasejarah dan lain sebagainya.

Museum nasional menawarkan beberapa fasilitas yang bisa pengunjung nikmati, seperti virtual tour yang tidak harus berkunjung ke museum. Di mana, pengunjung bisa melihat lokasi museum 360 derajat, sama hal nya seperti berkunjung ke museum secara langsung.

Selain itu, pengunjung juga dapat berkeliling area museum melalui perangkat elektronik.

Jam Operasional

Selasa – Jumat: 08.00 WIB – 16.00 WIB

Sabtu – Minggu: 08.00 WIB – 17.00 WIB

Harga Tiket Masuk

Anak-anak Rp2.000,-

Dewasa – Rp5.000,-

Alamat Museum Nasional

Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110

(Baca Juga: Tempat Wisata Asyik di Jakarta Saat Mager Keluar Kota)
3. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia - Mengetahui 10 Daftar Museum di Jakarta Murah Meriah

Museum yang bertempat di area bekas gedung Bank Indonesia ini berdiri pada 1828. Museum BI memberikan informasi-informasi mengenai peran Bank Indonesia selama perjalanan sejarah bang Indonesia, dari sebelum datangnya bangsa barat hingga terbentuknya BI pada 1953.

Tidak hanya itu, informasi kebijakan-kebijakan dari Bank Indonesia juga disajikan di museum ini. Tentunya dikemas se-menarik mungkin, menggunakan teknologi modern dan multimedia, seperti televisi plasma, display elektronik, diorama dan panel statik.

Beberapa koleksi benda bersejarah juga disajikan di museum ini, seperti koleksi uang numismatik yang disajikan secara menarik. Museum ini memiliki beberapa fasilitas yang dapat pengunjung gunakan, seperti ruang untuk penitipan barang, pusat informasi, toko buku dan cinderamata, perpustakaan dan sebagainya.

Jam Operasional

Selasa – Jumat, 08.00 WIB – 15.30 WIB

Sabtu – Minggu, 08.00 WIB – 16.00 WIB

Harga Tiket Masuk

Rp5.000,- /orang

Alamat Museum Bank Indonesia

6, Jalan Lada 3, RT.3/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

4. Museum Bank Mandiri

Museum Bank Mandiri - Mengetahui 10 Daftar Museum di Jakarta Murah Meriah

Berikutnya ada Museum Bank Mandiri. Berdiri pada 2 Oktober 1998, museum ini menempati area dengan luas 10.039 meter persegi. Beberapa koleksi disajikan museum ini untuk dinikmati pengunjung.

Koleksi-koleksi tersebut berhubungan dengan aktivitas perbankan zaman dahulu beserta perkembangannya, yaitu perlengkapan operasional bank, mata uang kuno atau numismatik, surat-surat berharga, brankas, mesin cetak, mesin hitung mekanik dan koleksi-koleksi lainnya.

Jam Operasional

Selasa – Kamis: 09.00 WIB – 15.30 WIB

Jumat: 08.00 WIB – 15.30 WIB

Sabtu – Minggu: 09.00 WIB – 18.30 WIB

Harga Tiket Masuk

Rp5.000,- /orang

Alamat Museum Bank Mandiri

Jl. Lapangan Stasiun No.1, RT.3/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 1110

5. Museum Wayang

Museum Wayang - Mengetahui 10 Daftar Museum di Jakarta Murah Meriah

Museum wayang memiliki bangunan dengan bentuk yang unik dan menarik. Museum yang dahulunya bernama De Oude Hollandsche Kerk ini menyajikan beberapa bentuk dan jenis wayang dari seluruh Indonesia, baik itu terbuat dari kulit, kayu atau pun bahan-bahan lainnya.  

Tidak hanya wayang dari Indonesia saja, namun wayang dari luar negeri juga ada di museum ini, di antaranya wayang dari Kamboja dan Republik Rakyat Tiongkok.

Ada lebih dari 4.000 koleksi wayang di museum ini, yang terdiri atas wayang golek, wayang kardus, wayang kulit, wayang janur, topeng, boneka, gamelan dan koleksi lainnya yang dapat pengunjung nikmati.

Beberapa fasilitas juga terdapat di museum ini, seperti tolet, WiFi, ruangan menonton 3D, area parkir yang luas, mushola, aneka fasilitas bank dan lainnya.

Jam Operasional

Selasa – Minggu: 09.00 WIB – 16.30 WIB

Harga Tiket Masuk

Rp 5.000,- /orang

Alamat Museum Wayang

Jalan Pintu Besar Utara No.27 Pinangsia, RT.3/RW.6, Kota Tua, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

6. Museum Satria Mandala

Museum Satria Mandala - Mengetahui 10 Daftar Museum di Jakarta Murah Meriah

Daftar museum di Jakarta keenam ada Museum Satria Mandala. Sebagai museum sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia, bangunan ini dulunya merupakan rumah dari salah satu istri mantan Presiden Indonesia pertama, yaitu Soekarno.

Museum yang diresmikan pada 1972 ini menyajikan beberapa koleksi peralatan perang di Indonesia, mulai dari peralatan masa lampau hingga modern bisa kamu temukan di sini.

Beberapa koleksi peralatan tersebut di antaranya rudal, ranjau, tank, torpedo, atribut ketentaraan, meriam, helicopter, pesawat terbang, hingga panji-panji dan lambing-lambang yang ada di lingkungan TNI.

Di dalam komplek Museum TNI juga terdapat Museum Waspada Purbawisesa yang bisa kamu kunjungi. Fasilitas lainnya yang bisa kamu gunakan diantaranya taman bacaan anak, kantin, toko cinderamata dan gedung serbaguna.

Jam Operasional

Selasa – Minggu: 09.00 WIB – 14.30 WIB

Harga Tiket Masuk

Anak-anak/Mahasiswa/Pelajar: Rp1.500,-

Dewasa dan Umum: Rp2.500,-

Alamat

Jl. Gatot Subroto No.14, RW.1, Kuningan Bar., Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12710

7. Art: 1 Museum

Art 1 Museum - Mengetahui 10 Daftar Museum di Jakarta Murah Meriah

Di posisi ketujuh ada Art: 1 Museum. Di mana, museum yang terbilang baru di Jakarta sebelumnya bernama Mon Décor Gallery. Salah satu museum hits di Jakarta ini menyajikan berbagai macam karya seniman modern maupun kontemporer serta koleksi terbaik dan indah dari seluruh dunia.

Art:1 Museum juga menerima restorasi seni, penilaian karya seni dan konservasi. Beberapa fasilitas bisa kamu gunakan di museum ini, namun yang menjadi fasilitas favorit adalah laboratorium konservasi.

Di sini terdapat perawatan lukisan yang dilakukan untuk menjaga lukisan agar tetap awet dan tidak mudah rusak.

Jam Operasional

Selasa – Sabtu: 10.00 WIB – 18.00 WIB

Minggu: 10.00 WIB – 16.00 WIB

Harga Tiket Masuk

Wisatawan Asing: Rp150.000,-

Umum: Rp100.000,-

Pelajar/Mahasiswa: Rp75.000,-

Anak-anak di bawah 12 tahun: Gratis

Alamat Art: 1 Museum

Jl. Rajawali Selatan Raya No.3, RT.4/RW.6, Gn. Sahari Utara, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10720

8. Museum Macan

Museum Macan - Mengetahui 10 Daftar Museum di Jakarta Murah Meriah

Museum yang sudah berdiri sejak 2017 ini memiliki banyak koleksi seni dan pameran yang bisa kamu kunjungi. Salah satu instalasi seni paling terkenal di museum macan adalah Infinity Mirrored Room yang merupakan karya Yayoi Kusama, seniman asal Jepang.

Museum Macan menampilkan lebih dari 90 karya seni rupa modern Indonesia dan kontemporer dari seluruh dunia. Karya seni tersebut hanya sebagian dari 800 karya yang sudah dikumpulkan oleh kolektor seni sekaligus penggagas Museum Macan yaitu Haryanto Adikoesoemo.

Jam Operasional

Selasa – Minggu: 10.00 WIB – 18.00 WIB

Harga Tiket Masuk

Dewasa: Rp100.000,-

Pelajar: Rp90.000,-

Anak-anak: Rp80.000,-

Alamat Museum Macan

AKR Tower Level M, Jl. Perjuangan No.5, RT.11/RW.10, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530

9. Museum Katedral

Museum Katedral - Mengetahui 10 Daftar Museum di Jakarta Murah Meriah

Museum ini saat pembuatannya diprakarsai oleh Pater Rudolf Kurris, seorang pastor kepala Gereja Katedral. Meski terletak di bangunan lain di dalam kawasan Katedral, membuat museum ini terkadang juga digunakan sebagai lokasi misa saat malam Natal.

Museum ini berisi koleksi dari para cardinal ataupun pemberian dari pada Paus yang bisa kamu temukan di sini. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mempelajari berbagai sejarah para misionaris Belanda yang pada saat itu menyebarkan agama Katholik di Indonesia.

Beberapa benda sejarah disajikan di museum ini, seperti jurnal kuno Katedral, foto-foto kuno pada masa pembangunan Katedral, piala dan patena yang diberikan Paus Yohanes Paulus II ketika berkunjung ke Katedral pasa 1989 dan sebagainya.

Jam Operasional

Senin – Sabtu: 10.00 WIB – 16.00 WIB

Jumat: Tutup

Minggu: 12.00 WIB – 16.00 WIB

Harga Tiket Masuk

Gratis

Alamat Museum Katedral

Jl. Katedral, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710

(Baca Juga: 9 Museum Hits Jakarta dan Galeri Seni Instagramable Kekinian)
10. Museum Hakka Indonesia

Museum Hakka Indonesia - Mengetahui 10 Daftar Museum di Jakarta Murah Meriah

Terakhir ada Museum Hakka Indonesia. Museum yang berada di Kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini memberikan informasi lengkap tentang etnis Tionghoa di Indonesia beserta sejarahnya.

Gedung Museum Hakka terbagi menjadi tiga ruang pameran, yaitu Museum Tionghoa Indonesia, Museum Yongding Hakka Indonesia dan Museum Hakka Indonesia.

Untuk Museum Hakka sendiri terletak di lantai 3 dengan 7 ruang pameran yang memiliki koleksi berbeda di setiap ruangannya.

Ruangan pertama berisi sejarah migrasi Hakka ke Indonesia (Nusantara), foto-foto kuliner dan miniatur rumah orang Hakka. Ruangan kedua bercerita tentang pendidikan dan kebudayaan orang Hakka.

Kemudian ruangan ketiga berisi tokoh-tokoh ternama Hakka dan peralatan pertanian. Sedangkan untuk ruangan keempat hingga ketujuh berisi contoh kamar pengantin, peralatan rumah tangga, tandu hingga barang-barang artefak orang Hakka.

Jam Operasional

Selasa – Minggu: 09.00 WIB – 16.00 WIB

Harga Tiket Masuk

Hanya membeli tiket masuk TMII

Alamat Museum Hakka

RT.4/RW.2, Bambu Apus, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13890

Nah 10 daftar museum di Jakarta sudah dipaparkan di atas, mulai dari museum bersejarah hingga museum hits dengan instalasi seni di dalamnya. Bagaimana, sangat menarik bukan? Tidak hanya berwisata, kamu juga mendapatkan segudang ilmu baru di museum.

Jangan lupa juga siapkan dana lebih atau kartu kredit untuk berbelanja cinderamata, ya! Jika belum punya, jangan khawatir. Kamu bisa langsung mengajukkannya dengan mudah dan cepat di CekAja.com. Yuk, langsung ajukan sekarang!

Tentang Penulis