Cara Beli Tiket Travel Cititrans dan Serba-serbinya

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Bagi kamu yang ingin bepergian dalam waktu dekat, travel bisa dijadikan pilihan moda transportasi untuk perjalanan mu. Salah satunya adalah travel Cititrans. Pasalnya, tidak hanya memberikan pelayanan dan fasilitas yang berkualitas saja, tetapi cara beli tiket travel Cititrans pun sangat mudah.

Apa Itu Cititrans?

Sejatinya, Cititrans merupakan agen perjalanan atau yang biasa disebut travel. Travel yang mengklaim dirinya sebagai pelopor layanan travel eksklusif di Indonesia ini sudah hadir sejak 2005.

Berasal dari Bandung, perusahaan ini mulanya hanya berfokus pada rute perjalanan pulang pergi (PP) Jakarta – Bandung saja. Namun seiring berjalannya waktu serta konsistensi dalam memberikan pelayanan yang berkualitas, Cititrans berhasil melebarkan sayap ke bisnis sewa mobil serta pengiriman barang.

Meski tiga bisnis tersebut berjalan beriringan, namun Cititrans tidak hanya berhasil memajukan bisnis jasa transportasi daratnya saja, melainkan juga menyukseskan bisnis pengiriman barang dan penyewaan mobil.

Melihat kesuksesan tersebut, tentu ada perjalanan panjang yang dilewati oleh Cititrans. Maka dari itu, sebelum membahas cara beli tiket travel Cititrans, ada baiknya jika kamu mengetahui awal mula berdirinya perusahaan travel yang satu ini sebagai berikut.  

(Baca Juga: 4 Alternatif Beli Tiket Kereta Api Online untuk Persiapan Mudik)

Awal Mula Berdirinya Cititrans

Perusahaan yang berdiri sejak 11 September 2005 ini, berlokasi di Jalan Imam Bonjol, Bandung. Pada awal pendiriannya, Cititrans hanya bermodalkan empat unit armada Isuzu Elf 77 PS untuk dioperasikan.

Keempat armada tersebut digunakan untuk melayani perjalan PP dengan rute Jakarta – Bandung dan sebaliknya setiap dua jam sekali. Pelayanan tersebut berjalan lancar hingga tahun 2006, Cititrans melakukan ekspansi ke beberapa daerah di Jakarta serta memperluas rute perjalanan.

Di mana, ia membuat dua rute perjalanan baru, yaitu PP Bandung- Fatmawati dan PP Bandung – Kelapa Gading. Tidak hanya itu, Cititrans juga terus menambah jumlah unit pada armadanya. Kegiatan ekspansi tersebut beriringan dengan pindahnya lokasi Cititrans ke Jalan Dipati Ukur no. 53 Bandung.

Kemudian pada akhir 2012, Cititrans kembali melebarkan sayapnya. Ia merilis CitiFlyer, yaitu layanan pemadu moda transportasi yang menghubungkan Bandung dengan Bandara Internasional Soekarno Hatta. Tidak hanya itu, layanan yang satu ini juga menawarkan kelas premium atau pun executive yang bisa dipilih oleh penggunanya.

Masih di tahun 2012, Cititrans mulai menggarap bisnis ekspedisi dengan menghadirkan Citi Express Delivery. Hingga di tahun 2013, Cititrans melebarkan bisnisnya ke bidang jasa penyewaan kendaraan premium melalui Citi Premium Rent.

Bisnis tersebut menjadi jawaban untuk para pelanggan di beberapa daerah yang kebutuhannya belum terlayani oleh Cititrans, seperti di daerah Lombok, Bali dan Sumatra. Namun tidak hanya itu, Cititrans hingga kini selalu mengeluarkan terobosan-terobosan terbaru agar tetap bisa bersaing dengan kompetitor lainnya.

Rute Perjalanan dan Harga Tiket Travel Cititrans

Sebelum memesan dan mengetahui cara beli tiket travel Cititrans, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja rute perjalanan yang dilayani Cititrans. Untuk itu, di bawah ini adalah rute perjalanan beserta daftar harga tiketnya. Yuk, simak bersama-sama!

Rute Premium Shuttle
Jakarta – Bandung Rp145.000,-
Bandung – Jakarta Rp145.000,-
Tangerang – Bandung Rp145.000,-
Bandung – Tangerang Rp145.000,-
Solo – Yogyakarta Rp35.000,-
Yogyakarta – Solo Rp35.000,-
Solo – Semarang Rp110.000,-
Semarang – Solo Rp110.000,-
Surabaya – Malang Rp100.000,-
Malang – Surabaya Rp100.000,-

Nah, beberapa rute di atas hanya tersedia untuk kelas premium saja. Meski sejatinya, travel Cititrans memiliki dua kelas, yaitu kelas premium dan kelas executive seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Fasilitas Travel Cititrans

Meski harga yang ditawarkan Cititrans sangat beragam, namun travel yang satu ini tetap memberikan fasilitas yang berkualitas serta nyaman digunakan.

Jika kamu menggunakan travel Cititrans dengan jenis mobil Mercedes-Benz Sprinter, maka kamu akan mendapatkan beberapa fasilitas premium.

Fasilitas-fasilitas tersebut di antaranya tempat duduk personal yang ergonomis dan leluasa, kemudian disediakan port USB serta lampu baca di setiap kursinya.

Tidak hanya itu, traves dengan jenis mobil Mercedes-Benz Sprinter juga memiliki atap yang cukup tinggi, sehingga memudahkan pengguna ketika keluar masuk mobil.

Namun berbeda dengan jenis mobil lain yang digunakan Cititrans, seperti Toyota Hiace Commuter, Toyota Dyna dan Hino Dutro. Mobil-mobil tersebut juga diberikan pelayanan yang sangat baik, yaitu dengan melakukan secara rutin peremajaan kepada armada.

Fasilitas baik tidak hanya diberikan pada kondisi mobilnya saja, melainkan juga pada shuttlenya. Di mana, terdapat sofa, majalah, televisi hingga ruangan ber-AC yang bisa kamu nikmati sembari menunggu jadwal keberangkatan.

Syarat dan Ketentuan Pembelian Tiket Travel CItitrans

Jika ingin membeli tiket travel Cititrans dan sebelum mengetahui cara beli tiket travel Cititrans, ada baiknya ketahui terlebih dahulu apa saja syarat dan ketentuannya, seperti:

  • Anak-anak berusia lebih dari 2 tahun atau tinggi lebih dari 1 meter, diwajibkan membayar tiket penuh.
  • Hanya diperbolehkan membawa 2 bagasi, satu bagasi kecil dan satu bagasi besar, dengan maksimal ukuran 65 cm x 36 cm x 23 cm. Hanya saja, bagasi besar mu akan disimpan di ruang bagasi selama ruang masih tersedia. Sebab Cititrans menerapkan sistem first come first serve. Apabila bagasi besar mu tidak bisa tertampung di ruang bagasi, maka barang mu akan dibawa oleh travel tujuan sama yang selanjutnya.
  • Dilarang membawa barang atau pun benda yang mengganggu kenyamanan penumpang.
  • Bertanggung jawab dengan barang-barang pribadi, sebab Cititrans tidak bertanggung jawab atas kehilangan hilangnya barang milik penumpang.
  • Jika diperlukan, pihak Cititrans diperbolehkan menolak penumpang masuk ke dalam kendaraan atau pun membatalkan jadwal keberangkatan.
  • Tidak ada pengembalian dana kepada penumpang yang terlambat dan tertinggal
  • Waktu keberangkatan, rute hingga jenis kendaraan dapat berubah sewaktu-waktu karena alasan operasional.
  • Pengembalian dana dapat dilakukan jika travel melakukan keterlambatan keberangkatan sampai 2 jam. Hanya saja, pengembalian dana akan diproses selama 14 hari kerja.
  • Penumpang akan mendapatkan 100% pengembalian dana, jika adanya pembatalan keberangkatan karena kerusakan mesin atau pun alasan lainnya.
  • Penumpang akan mendapat voucher gratis untuk satu kali perjalanan, jika kendaraan yang digunakan mengalami kerusakan teknis, seperti AC tidak berfungsi dan mogok selama 60 menit ketika dalam perjalanan.
  • Penumpang yang sudah membeli tiket tidak bisa melakukan perubahan jadwal atau reschedule.
  • Penumpang tidak bisa membatalkan tiket yang sudah dipesan atau pun refund

(Baca Juga: 6 Tips dari Bos KAI Biar Gak Kehabisan Tiket Kereta Lebaran)

Cara Beli Tiket Travel Cititrans

Nah, jika kamu sudah mengetahui apa saja syarat dan ketentuan yang harus kamu penuhi saat ingin membeli tiket travel Cititrans, kini saatnya kamu mengetahui bagaimana cara beli tiket travel Cititrans.

Sebenarnya, kamu bisa membeli tiket travel Cititrans di berbagai aplikasi atau pun situs pemesanan tiket. Namun, kamu juga bisa membelinya melalui situs Cititrans dengan mengikuti tahapan berikut ini.

  • Mencari dan menentukan tujuan perjalanan dengan mengisi tanggal keberangkatan, kota asal, kota tujuan, rute perjalanan dan jumlah penumpang, lalu tekan order
  • Pilih waktu keberangkatan serta tempat duduk yang kamu inginkan dan masih tersedia, lalu tekan next
  • Muncul tampilan yang berisi booking details, payment details, voucher, customer information dan payment method. Pada bagian ini, kamu diharuskan mengisi informasi penumpang dan metode pembayaran yang akan digunakan. Apabila memiliki voucher perjalanan, kamu bisa memasukkannya ke bagian voucher. Setelah itu kamu bisa memilih checkout atau pun pay later.
  • Apabila memilih checkout, kamu akan diarahkan ke tampilan order summary, klik continue
  • Setelah itu, keluar tampilan cara pembayaran beserta nominal yang harus dibayarkan serta order ID, klik continue payment
  • Kamu diwajibkan membayar tiket sesuai dengan waktu yang tertera. Jika melewati batas waktu tersebut, maka kamu harus memesan ulang tiket perjalanan mu

Nah, beberapa tahapan di atas merupakan cara beli tiket travel Cititrans secara online. Kamu juga bisa membelinya langsung di pool atau shuttle terdekat.

Bisnis Travel dengan Pinjam Uang di UangTeman

Jika melihat perjalanan didirikannya travel Cititrans, rasanya ingin juga memulai bisnis di bidang pelayanan dan jasa transportasi. Terlebih, pada saat awal pengoperasiannya Cititrans hanya bermodalkan empat unit armada Isuzu Elf 77 PS.

Dengan begitu, kamu pun bisa memulai bisnis travel. Melihat peluang untuk bisnis pelayanan dan jasa transportasi seperti ini cukup besar. Untuk itu, kamu bisa mengajukan pinjaman uang sebagai tambahan modal bisnis mu di UangTeman.

Sebagai penyedia pinjaman online jangka pendek pertama di Indonesia, UangTeman menyediakan pinjaman uang tunai tanpa potongan dan tanpa jaminan.

Di mana, kamu bisa mengajukan pinjaman hingga Rp 3 juta dengan waktu angsuran 10 – 30 hari, untuk kamu yang baru mengajukan pinjaman di UangTeman.

Cara dan syarat pengajuannya pun sangat mudah. Pinjaman online ini bisa dilakukan oleh pegawai swasta, pegawai negeri, anggota parlemen, karyawan swasta hingga wiraswasta sekalipun yang berada pada rentang usia 21 – 55 tahun.

Tidak hanya itu, setelah pengajuan selesai dilakukan, kamu bisa langsung mendapatkan pinjaman hanya dalam satu hari proses kerja. Tidak perlu khawatir untuk mengajukan pinjaman di sini, sebab UangTeman sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tergabung sebagai anggota di Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Maka dari itu, tunggu apa lagi? Langsung saja ajukan pinjaman dana tunai dengan mudah dan cepat melalui UangTeman. Yuk, ajukan sekarang!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani