Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Mengetahui Feng Shui Keberuntungan di Tahun 2020

by Kyla Damasha on 11 November, 2019

Feng shui keberuntungan merupakan salah satu istilah dari kebudayaan Cina yang mungkin sudah cukup familiar bagi sebagian orang Indonesia. Sebenarnya tidak hanya feng shui saja, Cina juga memiliki aneka ragam istilah lainnya yang begitu erat hubungan dengan kehidupan kita sehari-hari, mulai dari shio, yin & yang dan masih banyak lagi.

Setiap budaya memang memiliki kepercayaan dan esensinya masing-masing dan terlepas dari percaya atau tidaknya kita terhadap kepercayaan tersebut, tetap sudah sepatutnya kita menghormatinya. Bukan hanya itu saja, tidak ada salahnya pula bagi kita untuk mempelajarinya, meskipun hanya sebatas menambah ilmu dan wawasan.

Nah, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai feng shui keberuntungan di dalam kebudayaan Cina beserta ramalannya di tahun 2020. Sebenarnya jika membahas feng shui itu sendiri, banyak sekali hal-hal yang bisa kita pelajari, mulai dari feng shui warna keberuntungan, tata letak ruang, karya seni, hingga unsur-unsur lainnya.

Penasaran mengenai feng shui keberuntungan di tahun 2020? Yuk kita pelajari bersama-sama.

Pengertian Feng Shui

Feng shui merupakan sebuah kepercayaan dari kebudayaan Cina yang sering kali digunakan untuk memperhitungkan berbagai hal didasari oleh 5 elemen, yaitu kayu, air, logam, tanah dan air, yang dimana masyarakat Cina bercata tentang bagaimana manusia, astronomi dan geografi dapat hidup dalam keharmonisan untuk membantu memperbaiki kehidupan dengan Qi positif.

Meskipun menjadi warisan turun-temurun masyarakat Tionghoa, ternyata ilmu feng shui ini juga sudah banyak diterapkan oleh masyarakat dari berbagai belahan dunia lainnya. Awal mulanya memang sudah jelas bahwa Cina itu sendiri merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia yang dimana masyarakatnya itu sendiri bisa kita temui di berbagai benua, mulai dari Asia, Eropa, hingga Amerika, sehingga bisa saja ilmu tersebut dapat tersebar dari mulut ke mulut.

Selain itu, penerapannya di dalam kehidupan sehari-hari nyatanya juga mampu mendatangkan keberuntungan, yang membuat ilmu feng shui keberuntungan semakin berkembang dengan begitu pesatnya bahkan hingga saat ini. Meski telah terbukti dapat mendatangkan keberuntungan, memang tidak semua orang percaya akan kebenaran feng shui keberuntung itu.

Feng Shui Keberuntungan Berdasarkan Barang
1. Dupa

Mungkin kamu sudah sering berkunjung ke rumah kerabat atau teman yang terdapat dupa didalamnya. Faktanya, membakar dupa memang mampu memberikan relaksasi terhadap tubuh, memberikan aura positif terhadap lingkungan rumah dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Ternyata tidak hanya itu saja. Dupa juga dipercaya dapat membersihkan aneka ragam negativitas sekaligus menghilangkan roh-roh jahat yang terdapat di rumah tersebut. Selain itu, dupa yang tersedia dengan aneka ragam aroma juga dipercaya memiliki tugas yang berbeda-beda lho.

2. Bambu

Pernah melihat rumah yang memiliki tanaman bambu di dalamnya? Masyarakat Cina percaya bahwa bambu merupakan bagian dari integral sebuah rumah, yang dimana jumlah batang dari bambu itu sendiri juga memiliki makna yang berbeda. Sebagai contoh, jangan pernah memberi seseorang tanaman dengan empat tangkai karena angka 4 itu sendiri merupakan numerologi Cina yang erat hubungannya dengan kematian dan kesialan.

(Baca Juga: Tips Feng Shui Untuk Lancarkan Rezeki Lewat Penataan Rumah)
3. Simbol Penyu

Sama dengan masyarakat Irlandia yang percaya bahwa meletakan tapal kuda di atas pintu dapat memberikan perlindungan, feng shui keberuntungan masyarakat Cina juga percaya bahwa kura-kura atau penyu dapat menjaga rumah mereka.

Simbol kura-kura itu sendiri merupakan salah satu dari empat pelindung surgawi fengshui yang sangat kuat, terlepas dari apakah cangkang kura-kura tersebut asli atau hanyalah sebuah karya seni, simbol penyu memang menjadi pelindung dan dukungan yang besar dari pintu rumah kamu.

4. Perabotan Berwarna Merah

Tidak hanya bagi masyarakat Cina, ternyata warna merah itu sendiri juga dikenal oleh masyarakat dari berbagai negara sebagai representasi dari nasib baik. Orang Cina merayakan tahun baru Imlek dengan aneka ragam hiasan warna merah dan masyarakat India yang menggunakan hiasan hingga baju pengantin warna merah karena sebagai simbol kemurnian dan kemakmuran.

Di dalam sebuah rumah, meletakan vas merah, hiasan dinding, ataupun permadani dipercaya dapat meningkatkan keberuntungan dari sang pemilik rumah tersebut.

Feng Shui Keberuntungan Berdasarkan Tata Letak
1. Pintu Depan Sebagai Alur Energi

Perlu diketahui bahwa pintu depan rumah merupakan jalan utama dalam masuknya feng shui keberuntungan dengan halus, bersih dan kuat. Karena hal itulah, pastikan bahwa tidak ada benda atau apapun yang menutup jalur energi tersebut.

Nah, beberapa contoh dari benda yang bisa menjadi penghalang yaitu seperti pohon besar, pot tanaman, tempat sampah, hingga sepatu dan sandal. Selain memperbaiki hal-hal yang menghalangi pintu masuk, kamu juga bisa memberikan sedikit sentuhan warna atau sesuatu yang identik dengan feng shui.

Warna emas, abu-abu dan cokelat dikenal sebagai beberapa warna yang memiliki feng shui yang bagus. Selain itu, kamu juga bisa meletakan biji ek di dalam sebuah mangkuk sebagai hiasan karena pasalnya, pohon ek itu sendiri dianggap sebagai simbol perlindungan dan kekuasaan.

2. Peletakan Pintu Ruang Utama

Selain lebih baik tidak dihalangi oleh barang apapun yang bisa menutup jalur pintu masuk, membuat pintu masuk utama dengan desain yang melambangkan sambutan, kekuatan, serta mampu menghubungkan energi ke seluruh penjuru rumah juga sangat dianjurkan, khususnya untuk ruang dapur dan kamar tidur.

Selain itu, usahakan juga untuk tidak mengarahkan pintu utama langsung menghadap ke kamar mandi, karena dipercaya akan merusak energi positif yang masuk, sehingga membuat feng shui rumah menjadi memburuk.

(Baca Juga: Membaca Kepribadian dan Karakteristik Shio Naga. Termasuk Shio yang Beruntung di Tahun 2019?)
3.  Sudut Runcing di Dalam Ruangan

Feng shui keberuntungan yang harus kamu perhatikan selanjutnya yaitu peletakan sudut runcing di dalam ruangan. Adanya sudut runcing di dalam ruangan dipercaya dapat memberikan energi negatif sehingga ada baiknya untuk menutupi segala sudut runcing dengan perabotan atau furniture dengan sudut melengkung.

Selain itu, kamu juga bisa menutup sudut runcing dengan cermin berukuran besar atau aneka tanaman hias yang diletakan disebelah barang bersudut runcing tersebut.

4. Kamar Mandi / Toilet

Toilet atau kamar mandi dikenal memiliki energi negatif yang dimana tata letaknya turut mempengaruhi feng shui keberuntungan di rumahmu. Maka dari itu, kamu perlu menghindari peletakan kamar mandi atau toilet di beberapa ruangan yang dianggap memberikan energi positif, seperti dapur dan ruang ibadah.

Dapur dianggap sebagai pusat kemakmuran dan kesejahteraan. Meletakannya berdekatan dengan toilet justru akan menghilangkan energi positif dari feng shui keberuntungan dapur itu sendiri. Tidak hanya berdekatan dengan dapur, jika rumahmu bertingkat usahakan pula untuk tidak meletakan kamar mandi di atas ruang dapur.

Selain dapur, meletakan toilet yang menempel langsung dengan kamar tidur, khususnya ruang kamar tidur utama juga akan memberikan energi negatif, begitu pula dengan ruang ibdaha.

5. Kamar Tidur

Berdasarkan aturan feng shui keberuntungan, kamar tidur merupakan hal yang sangat krusial di dalam tata ruang sebuah rumah. Nah, usahakan untuk menghindari tata letak kamar tidur di atas garasi dan di atas loteng.

Menurut pandangan feng shui keberuntungan, kamar tidur yang terletak di atas garasi akan membuat energi menjadi tidak stabil yang bisa mengakibatkan terganggunya kualitas tidur. Sedangkan kamar tidur yang terletak di atas loteng justru akan membuat ketinggian ruangan tidak proporsional dan kondisi plafon ruangan yang miring juga akan memberikan keseimbangan ruang yang tidak baik dari perspektif feng shui keberuntungan rumah.

Memang kepercayaan mengenai feng shui keberuntungan tidak semua orang dapat mempercayainya. Namun, tidak ada salahnya juga apabila kita merenovasi ataupun membuat rumah berdasarkan feng shui keberuntungan yang ada. Siapa tahu tata letak rumah yang kamu ciptakan berdasarkan feng shui tersebut memang benar-benar bisa mendatangkan keberutnungan dan menghilangkan kesialan.

Bingung mencari pinjaman untuk renovasi rumah? Yuk ajukan saja pinjamanmu di CekAja.com.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda