Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Prospek Pekerjaan Jurusan Teknik Nuklir Bergaji Tinggi

by Kyla Damasha on 5 November, 2019

Jurusan teknik nuklir itu sendiri di Indonesia masih tergolong sangat langka. Bahkan untuk saat ini, sekolah dengan jurusan teknik nuklir di Indonesia hanya ada dua, yang pertama di Universitas Gadjah Mada (UGM) yang terletak di Yogyakarta dan yang kedua yaitu Sekolah Tinggi Teknik Nuklir milik BATAN yang bersifat kedinasan.

Banyak yang beranggapan bahwa pekerjaan jurusan teknik nuklir hanya berkutat di bidang persenjataan saja, yang dimana dengan kondisi Indonesia yang telah merdeka seperti saat ini, pekerjaan dari jurusan ini sepertinya sudah tidak terlalu dibutuhkan lagi. Padahal perlu diketahui bahwa pekerjaan jurusan teknik nuklir tidak hanya seputar persenjataan saja lho, melainkan justru membahas hingga bagian terkecilnya.

Karena tergolong awam dan langka, mungkin masih banyak orang yang belum tahu tentang apa saja yang akan dipelajari di jurusan teknik nuklir beserta pekerjaan di bidang jurusan itu sendiri, khususnya di Indonesia. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari lebih dalam mengenai jurusan teknik yang masih asing ini, beserta prospek pekerjaan nya, yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Jurusan Teknik Nuklir Universitas Gadjah Mada

Seperti yang telah disinggung di awal bahwa untuk saat ini, perguruan tinggi yang memiliki jurusan teknik nuklir hanya di UGM saja yang terletak di Yogyakarta. Tidak berbeda dengan mahasiswa yang ingin masuk ke fakultas lainnya, jika kamu ingin masuk ke jurusan teknik nuklir UGM, maka kamu bisa melalui jalur SBMPTN atau SNMPTN. Namun, UGM juga memiliki jalur masuk lainnya, yaitu melalui PBS, PBUTM, dan PBUPD.

Jika kamu ingin mengetahui jalur-jalur masuk UGM lebih lanjut lagi, mengenai pendaftaran dan sebagianya, kamu bisa mengunjungi situs resminya secara langsung. Tidak hanya jalur masuknya yang bisa kamu pilih sesuai kemampuan dan kesanggupan, jurusan teknik nuklir UGM juga telah terakreditasi A dengan biaya kuliah yang cukup terjangkau.

Apa Saja yang Dipelajari?

Teknik nuklir merupakan bidang penerapan ilmu praktis yang mempelajari berbagai hal mengenai atom dan disarikan dengan prinsip-prinsip fisika nuklir yang juga disertai dengan interaksi antara radiasi dan material. Ketika berkuliah di jurusan satu ini, kamu akan bertemu kembali dengan fisika, gambar teknik, elektronika, dan lain-lainnya.

Tak hanya itu saja, kamu juga akan mendapatkan mata pelajaran umum seperti bahasa inggris dan matematika juga lho. Aktivitas perkuliahan juga tidak akan berada di dalam ruang kelas secara terus menerus, melainkan juga di ruang praktikum agar para mahasiswa dapat lebih dekat dengan teknik nuklir itu sendiri.

Lalu, bagaimana dengan penerapannya? Sebagai contoh, selama di bangku kuliah kamu bisa menerapkan ilmu nuklir dengan penggunannya terhadap radioterapi atau rontgen pada pengobatan kanker. Di UGM, sekitar pada semester 3 atau 4 kamu juga akan dibagi kedalam dua peminatan, yang dapat disesuaikan dengan keinginan kamu sendiri, yaitu penguatan teknologi energi nuklir dan penguatan fisika medik.

(Baca Juga: Pekerjaan Jurusan Arkeologi Tahun 2019 yang Bisa Kamu Pilih)

Pekerjaan Jurusan Teknik Nuklir

Setelah membahas perkuliahannya, sekarang saatnya kita membahas prospek dari pekerjaan jurusan teknik nuklir itu sendiri. Meskipun masih jarang, saat ini di Indonesia sudah banyak peluang yang terbuka lebar bagi para lulusan untuk bekerja di jurusan ini. Jadi sebenarnya, apa saja sih peluang pekerjaan jurusan teknik nuklir yang ada di Indonesia saat ini?

1. Bekerja di Perusahaan Perminyakan

Teknik nuklir mempelajari termodinamika, mekanika fluida (mekanika aneka ragam jenis cairan), serta perpindahan panas dan massa yang merupakan beberapa pengetahuan untuk bekerja di perusahaan perminyakan. Jadi, tidak ada salahnya apabila kamu mencoba jenis pekerjaan jurusan teknik nuklir satu ini. Chevron dan Pertamina merupakan dua contoh perusahaan perminyakan besar di Indonesia yang bisa kamu coba.

2. Bekerja di Perusahaan Pertambangan

Pekerjaan jurusan teknik nuklir lainnya yaitu dengan bekerja di perusahaan pertambangan. Jurusan ini akan mempelajari ilmu fisika, kimia, dan matematika yang tentunya membuat para mahasiswa jurusan  ini terbiasa dengan kegiatan riset, observasi mendalam, serta ketelitian yang cukup tinggi.

Nah, pengetahuan-pengetahuan seperti itulah yang sangat dibutuhkan di dunia pertambangan. Saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan pertambangan di Indonesia yang membutuhkan para lulusan dari jurusan teknik nuklir.

3. Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN)

Dari namanya saja, sudah jelas bahwa perusahaan ini merupakan salah satu peluang untuk pekerjaan jurusan teknik nuklir. Instansi milik negara ini memang berfungsi dalam melakukan riset mendapat seputar nuklir dan hal-hal yang berkaitan dengannya.

4. Kementerian ESDM

Badan pemerintah lainnya yang membuka peluang untuk pekerjaan jurusan teknik nuklir yaitu Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM). Banyak sekali hal-hal yang bisa kamu eksplorasi disini, termasuk bereksplorasi dengan sumber-sumber energi yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

5. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)

BPPT merupakan lembaga pemerintah non-departemen yang berada dibawah koordinasi Kemenristekdikti. Lembaga satu ini bertugas dalam mengkasi potensi dan penerapan energi untuk kebutuhan negara dan masyarakat luas.

Dengan dibekali oleh kemampuan riset dan analisis yang mumpuni selama di bangku kuliah, bekerja di BPPT bisa dijadikan sebagai salah satu prospek pekerjaan jurusan teknik nuklir yang patut dicoba, dan tentunya kemampuan yang kamu miliki tersebut juga akan dibutuhkan oleh BPPT itu sendiri.

Meski prospek pekerjaan jurusan ini belum sebanyak jurusan lainnya, tetapi hal tersebut justru akan memberikanmu sejumlah keuntungan. Seperti salah satunya yaitu tingkat kompetisi yang kecil untuk para lulusannya yang akan mencari kerja. Ketika para lulusan lain bekerja keras agar dapat diterima oleh perusahaan yang diinginkan, maka kamu tidak perlu bersusah payah, karena pekerjaan jurusan teknik nuklir akan datang sendirinya kepadamu.

Dapatkan berbagai informasi menarik seputar sektor ekonomi dan tips finansial lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda